borobudur versi islam
gambar:candi borobudur dari udara

CANDI BOROBUDUR – KH Fahmi Basya  menberi kesimpulan kisah nabi Sulaiman saling berkaitan tanah jawa. (Negeri Saba’) . Nabi Sulaiman mempunyai peninggalan berupa sebuah candi Borobudur,  beliau berasumsi bahwa borobudur atau candi borobudur merupan peninggalan nabi sulaiman alaihisalam.Dalam buku Atlas Sejarah karangan Sami bin Abdullah al-Maghluts ,Nabi Sulaiman hidup kira-kira pada abad ke-9 Sebelum Masehi (989-931 SM), lebih kurang  3.000 tahun dari sekarang.

Ada beberapa ciri-ciri Candi Borobudur menurut beliau yang menjadi bukti sebagai peninggalan putra Nabi Daud tersebut. Antara lain  , nama Sulaiman, makna Saba, buah maja yang pahit hutan atau negeri Saba, dipindahkannya singgasan batu balkis keistana nabi sulaiman. Kisahnya termaktub dalam alquran surah An-Naml [27]:15-44,Saba [34]: 12-16,al-Anbiya[21]:78-81, dan lainnya.dalam ayat tersebut di jelaskan bagaiman sulaiman memeritahkan pembantunya untuk memindahkan istana ratu balkis keistananya,dan burung budbud yang mengabarkan tentang keindahan negeri saba.

borobudur versi islam

Munkin sedikit dari kita yang percaya bahwa  Borobudur di bangun oleh nabi Sulaiman. Banyak bukti yang dipaparkan oleh pak Fahmi Basya, salah satunya adalah banyak relief yang mengambarkan kisah-kisah yang ada didalam AlQuran

Dalam relief di Borobudur, tampak peti atau tabut itu dijaga oleh seseorang. “Dan Nabi mereka mengatakan kepada mereka: ‘Sesungguhnya tanda ia akan menjadi raja, ialah kembalinya tabut kepadamu, di dalamnya terdapat ketenangan dari Tuhanmu dan sisa dari peninggalan keluarga Musa dan keluarga Harun; tabut itu dibawa malaikat. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda bagimu, jika kamu orang yang beriman’.” (QS Al-Baqarah [2]: 248). Negeri saba berasal dari wonosobo (Wana – Saba) wana artinya hutansedangkan saba artinya tempat berkumpul.

Sebagian besar dari masyarakat dunia dan indonesia percaya kalau candi borobudur di bangu oleh dinasti syailendra pada abad ke – 8 masehi .memang berat untuk bisa memahami tenang borobudur secara pasti kapan dibangun dan siapa yang menbangunnya karena minimnya sumber sejarah yang menjelaskan dengan rinci hal tersebut.  Lembaga Studi Islam dan Kepurbakalaan melakukan sebuah penelitian dibawah pinpinan Pak Fahmi Basya dosen UIN syarif Hidayatullah jurusan Matematika Islam berkesimpulan  bahwa candi borobudir merupakan peninggalan nabi sulaiman dan negeri saba yang di sebutkan dalam alquran adalah tanah jawa. Fahmi Basya melakukan penelitian selama 35 tahun beliau menemukan  bukti yang kuat tentang candi borobudur merupakan karya nabi sulaiman.

Nabi Sulaiman menerima info dari burung hud hud bahwa ada negeri penyembah matahari (negeri saba) yang menpunyai istana yang megah akhirnya karena imformasi tersebut burung hud-hud dimaafkanpun dan memerintah burung Hud-Hud untuk menbawa  sebuah surat yang ditujukan kepada ratu Saba’, ratu yang merupakan seorang ratu di  negeri Saba’. Isi suratnya adalah mengajak ratu saba dan pengikutnya untuk meninggalkan menyembah matahari dan menyembah allah SWT.

borobudur

candi borobudur  Tetapi tak kunjung di balas  Nabi Sulaiman pun memerintahkan jin untuk memindahkan singgasana ratu Saba ke istananya. Jin meyanggupinya dengan rentang waktu antara duduk sampai berdiri kemudian salah satu manusia soleh menawarkan dengan sekejab mata akhirnya nabi sulaiman menerima tawaran yang keduahal ini karena ratu saba akan berkunjung kepada nabi sulaiman.

Singgasana ratu Saba’ adalah singgasana ratu Boko yang ada di Sleman, Yogyakarta, dan dipindahkan ke atas Borobudur di Magelang.  Terbukti di Istana Ratu Boko ada singgasana yang hilang serta sisa-sisa bangunan tempat berkumpul untuk menyembah matahari.  Jadi Borobudur itu adalah sebuah bangunan buatan jin atas perintah Nabi Sulaiman. Dari segi relief pun banyak yang menggambarkan cerita Nabi Sulaiman.

Peneliti sarjana matematika islam itu berasumsi bahwa borobudur terkait erat dengan sejarah Nabi Sulaiman. Borobudur adalah peninggalan Ratu Saba’. Ada 40 bukti eksak yang dijelaskan. Salah satu bukti paling kuat dan belum bisa dibantah adalah.  Ditemukannya surat dari Nabi Sulaiman bertuliskan “Bismilllahirrahmanirrahim” di atas sebuah plat emas di dalam kolam pemandian Ratu Saba’ (Ratu Boko) di daerah Sleman, Jawa Tengah.

borubudur

Demikianlah tulisan sinkat tentang borobudur ini .semoga bermanfaat..

 

 

almuksiINDONESIAUMUMborobudr,borobudur bagus,borobudur jawa,borobudur versi islam,boruburindonesiaCANDI BOROBUDUR - KH Fahmi Basya  menberi kesimpulan kisah nabi Sulaiman saling berkaitan tanah jawa. (Negeri Saba’) . Nabi Sulaiman mempunyai peninggalan berupa sebuah candi Borobudur,  beliau berasumsi bahwa borobudur atau candi borobudur merupan peninggalan nabi sulaiman alaihisalam.Dalam buku Atlas Sejarah karangan Sami bin Abdullah al-Maghluts ,Nabi Sulaiman hidup...situs sejarah terlengkap di indonesia