kerajaan cirebonkerajaan cirebon

kerajaan cirebon merupakan kerajaan islam pertama di jawa barat. Cirebon pada masa lalu merupakan salah satu kota pelabuhan dari kerajaan Padjajaran, Karena letaknya yang strategis di perbatasan jawa barat dan jawa tengah. Cirebon merupakan tempat tinggal sunun gunung jati. Islam masuk ke cirebon sekitar tahun 1470-1475 M. Hal ini berdasarkan catatan tone pires 1512-1515 M.termasuk daerah awal penerima islam di pulau jawa

Raja yang memerintah kerajaan banten

Pada tahun 1479-1568 M kerajaan cirebon di pimpin oleh sunan gunung jati (syarif hidayatullah yang merupakan nama lain dari sunan gunung jati) . Sunan gunung jati merupakan Pendiri dari kerajaan ini . Sebagai seorang raja dan ulama ia sangat berjasa menyebarkan islam di jawa barat. Ia di lahirkan 1448 dari ibu seorang putri kerajaan padjajaran dan ayahnya berasal dari mesir.

sunan gunung jati
gambar:ilustrasi sunan gunung jati

Pada masa pemerintahan sunan gunung jati. Hubungan cirebon dengan kerajan  demak sangat  baik. Hal ini terlihat dari bantuan cirebon kepada  demak dalam perang Melawan VOC. Demak dengan bantuan cirebo berhasil menaklukkan sunda kelapa (batavia). Hubungan kedua kerajaan semakin erat ketika anak sunan gunung jati  maulana hassanuddin di nikahkan dengan putri sultan trenggana . (maulana hasanudin akhirnya mendirikan kerajaan sorosowan yang merupakan cikal bakal kerjaaan banten).

Sunan gunung jati meninggal pada tahun 1568 M. Sehingga erjadi kekosongan kekuasaan di kerajaan cerebon. Kekosongan kekuasaan ini  di akibatkan oleh  pangeran dipati cirebon yang merupakn calon pengganti sunan meninggal lebih awal pada tahun 1565 m.Kekosongan kekuasaan ini di isi oleh fatahillah (fadillah khan) yang hannya memerintah selama dua tahun beliau meninggal dunia.

Setelah meninggalnya patahillah,kerajaan cirebo di pinpin oleh pangeran emas (putra dari dipati cerebon)  yang memeritah dari 1570-1649 M.  Pageran mas naik tah tahta dengan  gelar panembahan ratu. Pada masa pemerintahan raden mas cirebon menjadi kerajaan yang stabil. Setelah pangeran mas meninggal 1649 ia di gantikan oleh panembahan ratu II (pangeran karim). Pada masa ini merupakan masa sulit bagi cerebon karena berada di antara dua kerajaan besar yaitu mataram dan banten dimanna keduanya masih menpunyai hubungan darah.

Semenjak saat itu kerajaan cirebon mulai melemah. Hal ini di perparah  campur tangan belanda dalam pemerintahan cirebon. Akhirnya kerajaan cirebo Berahir  ketika cirebon di ubah menjadi kota cirebon pada tahun 1906 m. Maka dengan demikian berahirlah kerajaan cirebon. Demikian artikel singkat saya tentang kerajaan cirebon semoga Ber manfaat..

kerajaan cirebon

baca juga selengkap >>>>

  1. kerajaan aceh
  2. kerajaan samudra pasai
  3. kerajaan perlak
  4. kerajaan demak
  5. kerajaan ternate
  6. kerajaan mataram islam
https://i1.wp.com/www.sejarah-indonesia.com/wp-content/uploads/2017/03/images.png?fit=271%2C127https://i1.wp.com/www.sejarah-indonesia.com/wp-content/uploads/2017/03/images.png?resize=150%2C127almuksiISLAMKERAJAAN ISLAMFatahillah,kerajaan cirebon,kesultanan cirebon,sunan gunung jatikerajaan cirebon kerajaan cirebon merupakan kerajaan islam pertama di jawa barat. Cirebon pada masa lalu merupakan salah satu kota pelabuhan dari kerajaan Padjajaran, Karena letaknya yang strategis di perbatasan jawa barat dan jawa tengah. Cirebon merupakan tempat tinggal sunun gunung jati. Islam masuk ke cirebon sekitar tahun 1470-1475 M. Hal...situs sejarah terlengkap di indonesia