kerajaan demak

kerajaan demak

kerajaan Demak pada awalnya merupakan salah satu wilayah bagian dari kerajaan majapahit yang beragama hindu, Namun mundurnya pengaruh Kerajaan  Majapahit karena perang saudara dan perebutan kekuasaan  memberikan  kesempatan kepada  para bupati yang berada di pesisir pantai utara Jawa untuk melepaskan diri. Begitu juga halnya demak. Demak  teletak di daerah yang strategis di pesisr pantai jawa. Demak merupakan pertemuan para pedagang dari  Maluku (timur indonesia) dan  Malaka.

Raja- raja kerajaan Demak

1.Raden Patah (1475–1518)
raden patah
gambar: ilustrasi raden patah

Kerajaan demak awalnya terdiri dari  daerah-daerah yang sudah memeluk agama islam di pesisir pantai jawa. Seperti  Jepara, Tuban, dan Gresik. Kerajaan demak di dirikan oleh Raden Patah pada tahun 1475 M. Kerajaan demak merupakan kerajaan islam tertua di pulau jawa.

Menurut Babad Tanah Jawa, Raden Patah merupakan  putra Brawijaya V (Raja Majapahit terakhir) yang menikah dengan putri Campa (sebutan untuk daerah tailand sekarang). Ia diangkat menjadi bupati oleh Kerajaan Majapahit di Bintoro Demak dengan gelar Sultan Alam Akhbar al Fatah. majapahit melema Demak memisahkan diri dari majapahit dan mendirikan kerajaan sendiri yang berlandaskan islam.

Pada tahun 1511 M portugis mendarat di malaka,hal ini menbuat raden patah tidak senang karena beberapa sebab:

  1. pertama demak merupakan mitra dari kerajaan aceh yang sedang berperang dengan portugis.
  2. Sisa pasukan dari pedir (penguasa malaka yang di kalahkan portugis ) dan hang nadim (pahlawan terkenal dari daerah sekitar malaka yang namanya di abadikan jadi bandara di kota batam sekarang) yang menetap dan minta perlindungan demak.
  3. Misi portugis dalam menopoli perdagangan di malaka menyebabkan arus perdagangan demak ke perdagangan internasional terganggu
  4. Adanya motifasi perang salib di eropa yang di bawa oleh portugis dalam rangka menguasai tanah umat muslim.begitu pula sebalinya raden patah juga menbawa platfon perang sabil dalam melawan portugis di malaka.

Berdasarkan sebab di atas pada tahun 1513 M.  Demak mulai melancarkan serangan ke Malaka  dengan panglima pasukan Adipati Unus  yang lebih di kenal dengan gelar Pangeran Sabrang Lor. Namun gaga mengusir portugis dari malaka. Hal di sebabkan jarak tempuh dari demak ke malaka, sistem persenjataan yang lebih kuno di bandingkan dengan portugis yang  sudah mengenal meriam, di tambah dengan ukuran kapal yang lebih kecil.

              baca juga tentang kedatangan portugis di nusantara hingga mengusai malaka.
              juga perang portugis melawan aceh selengkapnya>>>>

2.Adipati unus (pangeran sebranglor) 1518-1546

Adipati unus menggantikan ayahnya raden pateh karena sang ayah yang sudah meninggal pada tahun 1518.  Pangeran adipati unus meninggal pada 1546 M. Meninggalnya adipati unus tampa meninggalkan seorang putra  yang akan meneruskan tahta kerajaanya. ia di gantikan oleh sultan trenggono.

3.Sultan Trenggono (1521–1546).

Adipati Unus meninggal tanpa meningalkan seorang putra sehingga di gantikan oleh  Pangeran  Sekar Seda Lepen. Akan tetapi, pangeran ini dibunuh oleh kemenakanny sendiri . Sehingga yang  menggantikan takhta  kerajaan Demak beralih ke   adik Adipati  Unus  yang satu lagi yaitu Pangeran Trenggono. Wilayah kekuasaan demak pada masa sultan trenggono sangat luas, Meliputi Jawa Barat (Banten, Jayakarta, dan Cirebon), Jawa Tengah, dan sebagian Jawa Timur. Sultan trenggono   melakukan beberapa gebrakan dalam memeritah demak antara lain:

  • menegakkan agama Islam;
  • membendung perluasan daerah yang dilakukan oleh Portugis
  • menguasai Banten, Cirebon, dan Sunda Kelapa
  • berhasil menakhlukkan Mataram, Singasari, dan

Sultan Trenggono gugur (1546) pada waktu ingin  menaklukkan Pasuruan. Setelah meninggalnya sultan trenggono terjadi Perang saudara di demak. hal ini di sebabkan perebutan kekuasaan. Perperangan ini berlangsung selama beberapa tahun. Kemudian muncul tokoh yang kuat yaitu  Joko Tingkir merupakan menantu Sultan Trenggono dari  Pajang. Joko tingkir menaiki  tahta sebagai raja dengan gelar Sultan Hadiwi- joyo (1552–1575)M. Setelah ia menjadi raja pusat kerajaan di pindahkan ke pajang. Dengan demikian berhirlah kerajaan demak kemudian di lanjutkan oleh kerajaan pajang.

Kehidupan Sosial Budaya dan Ekonomi demak

Dilihat dari segi ekonomi, Demak sebagai kerajaan maritim. Menjalankan fungsinya sebagai penghubung atau transit daerah penghasil rempah-rempah di bagian timur dengan Malaka sebagai Pusat pasar rempah-rempah  di bagian barat. Demak dapat berkembang dengan pesat di dunia maritim karena didukung oleh hasil dalam bidang agraris yang cukup besar.

Dalam kehidupan sosial Demak diatur oleh hukum-hukum Islam, Namun juga masih menerima tradisi lama. Dengan demikian, muncul sistem kehidupan sosial yang telah mendapat pengaruh Islam. Di bidang budaya, terlihat jelas dengan adanya pembangunan Masjid Agung Demak yang terkenal dengan salah satu tiang utamanya terbuat dari kumpulan sisa-sisa kayu yang dipakai untuk membuat masjid yang disebut soko tatal.

baca  juga:

kerajaan demak

kerajan samudra pasai

kerajaan perlak

kerajaan aceh

kerajaan banten

demikian sejarah singkat tentang kerajaan demak  baca juga tentang kerajaan banten selengkapnya>>>

 

almuksiISLAMKERAJAAN ISLAMadipati unus,demak melawan portugis,kerajaan demak,kesultanan demak,raden patah,raja trenggono,soko tatal,sultan alam akhbar al fatah,sultan trenggono  kerajaan demak kerajaan Demak pada awalnya merupakan salah satu wilayah bagian dari kerajaan majapahit yang beragama hindu, Namun mundurnya pengaruh Kerajaan  Majapahit karena perang saudara dan perebutan kekuasaan  memberikan  kesempatan kepada  para bupati yang berada di pesisir pantai utara Jawa untuk melepaskan diri. Begitu juga halnya demak. Demak  teletak di...situs sejarah terlengkap di indonesia