kerajaan pagaruyuang

kerajaan pagaruyung
gambar:istana kerajaan pagaruyuang

kerajaan pagaruyuang berasal dari nama sebuah  nagari  (desa) di sumatra barat yaitu nagari pagruyuang yang terletak  di kabupaten tanah datar. Wilayah kekuasaan kerajaan ini meliputi daerah sumatra barat,sebagian daerah riau dan sebagian daerah jambi. Dalam perjalanan sejarahnya kerajaan ini di dirikan oleh adityawaraman yang merupakan raja bawahan dari kerajaan majapahit.Jika merujuk kepada silsilah keturunannya adityawaraman merupakan keturunan bangsawan majapahit. Diamerupakan anak dari adywarman dengan dara jingga. Dapat diartikan bahwa adityawaraman merupakan salah satu keturunan majapahit.

kerajaan pagaruyuang mulai berdiri pada tahun 1347 M. Agama yang di anut masarakatnya pada waktu itu adalah agama hindu -bhuda. pada masa pemerintahan Adityawaraman. Kerajaan pagaruyuang  menperluas kekuasaan ke daerah kampar dan  kuntu (sekarang kampar merupakan daerah propinsi riau). Daerah kerajaan ini   merupakan daerah penghasil lada. Setelah adityawaraman meninggal ia di gantikan oleh anaknya yaitu anangga warman . Setelah anangga warman meninggal tidak ada keturunannya yang manpu memimpin dengan baik. hal ini berakibat di ambil alihnya kekuasaan raja pagaruyuang oleh orang minang kabau sendiri.

masuknya islam ke pagaruyuang

kerajaan pagaruyuang

Penyebaran islam mulai terjadi di indonesia berlangsung antara  abad ke 7 M sampai abad ke 13 M. Di wilayah kerajaan pagaruyuang awalnya agama isalam masuk di daerah pesisir barat sumatra yaitu tiku pariaman ,pesisi selatan dan daerah pantai lainnya di sumatra barat. Hal ini di sebabkan  karena para pembawa ajaran islam awalnya adalah para pedagang dari aceh,arab, persia dan negara lainnya.Lambat laun pengaruh islam mulai masuk ke pedalam sumatra barat tidak terkecuali daerah pagaruyuang.

Dengan semakin banyaknya penganut agama islam di kerajaan pagaruyuang maka kerajaan pagaruyuang menyesuaikan kerajaan dengan ajaran islam dan berubah nama menjadi kesultanan pagaruyuang. masarakat minang kabau merupakan penganut agama isla yang kuat hal ini tercermin dari semboyan (adat basandi sarak,sarak basandi kitabullah).

Maka di rubahlah tata pemerintahan kerajaan pagaruyuang  menjadi berbentuk dewan dengan istilah rajo tigo selo dan basa ampek balai. Pada abad ke 15 kerajaan pagaruyuang merupakan bagian dari kerajaan aceh. Melemahnya pengaruh kerajaan aceh  pada abad ke 16 menberi kesempatan kerajaan pagaruyuang untuk meninkatkan pergaruhnya. Dengan mengekpansi daerah di sekitar kerajaan pagaruyuang. Wilayah kerajaan pagaruyuang merupakan daerah penghasil emas ,lada dan padi. Hal ini menimbulkan minat yang besar dari negara- eropa untuk memiliki hubungan dan menguasai kerajaan pagaruyung. pada tahun  1684 datang utusan dari portugis dari malaka untuk menjalin hubungan dagang ke pagaruyuang.

kesultanan pagaruyuang

Dalam sistem pemerintahan dari kerajaan pagaruyuang berbeda dengan kerajaan di jawa. Di mana raja pagaruyuang  di sebut dengan raja alam yang bertugas menetapkan dan memutuskan masalah yang tidak manpu di selesaikan raja bawahannya. Raja bawahannya terdiri  dari raja adat (bawahan raja yang mengurus masalah adat) dan raja ibadat (bawahan raja yang mengurus soal agama).  Raja adat berkedudukan di buo sedangkan raja ibadat berkedudukan di sumpur kudus. ketiga raja tersebut di sebut rajo tigo selo (tiga raja yang bertahta).

Selain di bantu oleh dua orang raja. Raja pagaruyuang juga di bantu empat mentri yang di kenal  Dengan istilah basa ampek balai (empat orang besar).  Terdiri dari bandaro (bendahara) yang berkedudukan di sungai tarab, Mankudun berkedudukan di sumanik, Indomo berkedudukan di suroaso dan Tuan gadang berkedudukan di batipuh.kerajaan ini menbawahi 500 nagari (desa) dan setiap nagari menyelenggarakan pemerintahannya sendiri .

demikianlah artikel sinkat saya tentang kerajaan pagaruyung   semoga bermanfaa>>>

      catt:kerajaan ini masih berdiri sampai sekarang namun kekuasannyany hannya
           sebatas seremonial saja walaupun sekarang sistem pemerintahan nagari
           sudah di pulihkan

baca juga selengkap >>>>

  1. kerajaan aceh
  2. kerajaan samudra pasai
  3. kerajaan perlak
  4. kerajaan demak
  5. kerajaan ternate
  6. kerajaan mataram islam
  7. kerajaan tidore
https://i1.wp.com/www.sejarah-indonesia.com/wp-content/uploads/2017/03/download-18.jpg?fit=264%2C191https://i1.wp.com/www.sejarah-indonesia.com/wp-content/uploads/2017/03/download-18.jpg?resize=150%2C150almuksiISLAMKERAJAAN ISLAMkerajaan minang kabau,kerajaan pagaruyuang,kerjaan islam,kesultanan pagaruyuagkerajaan pagaruyuang kerajaan pagaruyuang berasal dari nama sebuah  nagari  (desa) di sumatra barat yaitu nagari pagruyuang yang terletak  di kabupaten tanah datar. Wilayah kekuasaan kerajaan ini meliputi daerah sumatra barat,sebagian daerah riau dan sebagian daerah jambi. Dalam perjalanan sejarahnya kerajaan ini di dirikan oleh adityawaraman yang merupakan raja bawahan dari...situs sejarah terlengkap di indonesia