kerajaan perlak
GAMBAR: wilayah kekuasaan kerajaan perlak

Kerajaan perlak ini berdiri 840 M – 12 92 M.  Kerajaan perlak sejatinya berdiri lebih awal di bandingkan dengan kerajaan samudra pasai di aceh. Namun tidak begitu terkenal di bandingkan dengan kerajaan lain di aceh. Seperti kerajaan aceh dan samudra pasai. Namun keberadaan kerajaan ini sudah ada pada catatan marcopolo pada tahun 12 93  M. (marcopolo adalah pedagang dan pengembara dari venesia italia) yang singgah di perlak, (Perlak adalah sebuah nama tempat di propinsi aceh sekarang).

               baca juga tentang kerajaan samudra pasai selengkapnya>>>>

kerajaan perlakPerlak banyak di kenal waktu itu karena kekayaan alamnya  dan letaknya yang strategis .Sehingga banyak di kunjungi oleh para pedagang dari arab, persia dan cina. Selain berdagang para pedagang dari arab kusunya juga menyebarkan agama islam . Dengan demikian maka islam mulai di kenal dan di anut oleh masarakat perlak .

Pada tahun 840 M .kerajaan perlak kedatangan rombongan dari timur tengah yang berjumlah seratus orang termasuk di dalamnya para mubalig (kyai ,ustad) yang di pinpin oleh nahkoda khalifah. Mulai sejak itu agama islam mulai berkembang baik di perlak hal ini dibuktikan dalam kurun waktu 50 tahun raja dan rakyat perlak sudah meninggalkan agama lama mereka yaitu hidu dan menganut agama islam.

Salah satu dari rombongan dari timur tengah ali bin muhamad ja’far shadiq di kawinkan dengan  makdum tansuri  yang merupakan saudari dari  Syahir nawi . Syahir nawi merupakan Raja perlak waktu itu yang merupakan keturunan persia (iran dan irak sekarang). Dari pernikahan tersebut melahirkan seorang putra bernama  sultan allaidin  sayyid maulana abdul azis syah yang kemudian di angkat menjadi sultan perlak.

Akhir dari kerajaan perlak

Sultan perlak yang ke 17  sultan makhdun alaidin malik muhamad amin shah II menikahkan putrinya   dewi ratna dengan dengan raja malaka, dan  putri ganggang di nikahkan dengan raja samudra pasai sultan malik alsaleh. Akhirnya kesultanan perlak  berahir di tangan sultan makdun alaidin malik abdul azis johan berdaulat meninggal pada tahun 1292. Kemudian perlak menjadi bagian dari kerajaan samudra pasai di bawah raja malik alsaleh.

 

kerajaan perlak

Demikianlah artikel pendek saya tentang kerajaan perlak, smoga bermanfaaat. Baca juga tentang kerajaan Aceh selengkapnya>>>   

 

https://i1.wp.com/www.sejarah-indonesia.com/wp-content/uploads/2017/02/kerajaan-perlak.png?fit=234%2C163https://i1.wp.com/www.sejarah-indonesia.com/wp-content/uploads/2017/02/kerajaan-perlak.png?resize=150%2C150almuksiISLAMKERAJAAN ISLAMkerajaan di aceh,kerajaan islam,kerajaan islam tertua di indonesia,kerajaan perlak,kerajaan pertama islam,kesultanan perlak  Kerajaan perlak ini berdiri 840 M - 12 92 M.  Kerajaan perlak sejatinya berdiri lebih awal di bandingkan dengan kerajaan samudra pasai di aceh. Namun tidak begitu terkenal di bandingkan dengan kerajaan lain di aceh. Seperti kerajaan aceh dan samudra pasai. Namun keberadaan kerajaan ini sudah ada pada catatan...situs sejarah terlengkap di indonesia