kerajaan samudra pasai
GAMBAR: uang dinar kerajaan aceh

Kerajaan samudra pasai terletak di pesisir timur sumatra tepatnya muara sungai pesuangan. Salah satu bukti keberadan kerajaan Samudra Pasai adanya makam (kuburan) para raja aceh yang terdapat di kampung gendong aceh utara. Salah satunya makam malik alshaleh yang merupakan raja pertama dari kerajaan Samudra Pasai , banyak makam yang terdapat di daerah tersebut. Namun belum terkomfirmasi dengan baik. Kemudian di temukanya batu nisan yang tulisannya menceritakan tentang meninggalnya putri dari sultan malik attahir.

Awal berdiri dan perkembangan Kerajaan Samudra Pasai

Sebelum kerajaan ini beriri sudah ada kerajaan yang lebih dahulu berdiri di daerah dekat pasai yaitu kerajaan perlak . Nama samudra pasai  Sendiri di ambil dari gabungan dua nama kota yaitu samudra dan pasai. Penggabungan ini dilakukan oleh sesepuh kampung yang bernama Marah Silu.yang merupakan anak dari bangsawan persia.

                                  tentang kerajaan perlak bisa di baca di sini 

                                  selengkapnya>>>>

Kerajaan ini berdiri pada abad ke 13  antara tahun 1270 M-1275 M. Raja pertama kerajaan Samudara Sasai yait uMarah Silu.Pada  awal perkembangannya di topang oleh perdagangan hal ini tergambar dari banyaknya  para pedagangyang berdagang di kerajaan samudra pasai. Hal ini juga tidak terlepas dari mulai melemahnya pengaruh dari kerajaan sriwiya. Setelah perang sriwijaya melawan singosari dalam perebutan selat malaka. Dengan melemahnya sriwijaya menjadi kesempatan emas bagi kerajaan samudra pasai untuk menperluas pengaruhnya di sumatra. Sehingga banyak daerah di sekitar pasai berhasil di taklukkan seperti tamiang, balek bimba ,perlak takus dan daerah lainya. Perluasaan wilayah ini di lanjutkan pada masa raja malik alsaleh.

Letaknya yang strategis di pintu masuk menuju malaka sehingga samudra pasai banyak di singgahi oleh para pedagang dari luar yaitu arab persia,china india dan lain lain. Dengan ramainya perdagangan menbuat samudra pasai menjadi sebuah kerajaan yang makmur dan maju.

     Berikut dafta nama raja kerajaan samudra pasai yaitu:

  1. kerajaan samudra pasaiSultan Malik al-sholeh (12 75 – 1297 M)
  2. Sultan muhamad malik azzahir (1297-1326)
  3. Sultan mahmud Malik Azzahir (1346-1383)
  4. Sultan Zai al abidin azzahir (1383- 1405)
  5. Sultan Mahmud malik Azzahir (1513-1524)

kerajaan Samudra pasai mempunyai hubungan  yang baik dengan kesultanan dan kerajaan islam yang berada di timur tengan maupun turki dan india. Hal ini di tandai dengan seringnya datang ahli agama dari timur tengah contoh Qadi Syarif dari persia.sayyid dari tiraz dan taj al din dari isfahan.

Jika kita berangkat dari catatan ibnu batuta  seorang pengembara dari magribi  yang berkunjung dari ke aceh 1346 M. Setelah dari aceh ibnu batutah singgah di cina dan ia mengatakan bahwa melihat kapal-kapal dari samudra pasai di pelabuhan cina, hal ini menjadi indikator bahwa samudra pasai menpunyai hubungan yang baik dengan cina. Perdagangan dengan daerah lain di luar juga terjalin dengan baik.

Samudra pasai juga merupakanpenghasil lada seperti di beritan oleh tome pires menyebutkan bahwa pasai  menggekport 8000 sampai 10000  bahar lada pertahun ke india. Dalam perdagangannya aceh memakai mata uang emas. Mata uang samudra pasai di sebut dirham. Pada mata uang tersebut di cantumkan nama sultan samudra pasai. Malaka yang menjadi pusat perdagangan rempah Rempah Waktu itu juga menjalin hubungan baik dengan kerajaan samudra pasai.   Perkembangan seni berkembang pesat di samudra pasai hal itu bisa di lihat dari ukiran makam para raja samudra pasai dan banyaknya penyair terkenal dari samudra pasai seperti hamzah fansuri dll.

Pada tahun 1511 M malaka di kuasai oleh portugis , pada tahun 1521 samudra pasai pun berhasil di taklukkan portugis Selama lebih kurang 3 tahun. Setelah di kuasai oleh portugis samudra pasai melemah. Kemudian di serang oleh kerajaan pada tahun1524. Akhirnya kerajaan samudra pasai di taklukkan oleh kerajaan aceh.

           kerajaan samudra pasai

Demikianlah tulisan singkat saya tentang samudra pasai semoga bermanfaat>>

https://i0.wp.com/www.sejarah-indonesia.com/wp-content/uploads/2017/02/kerajaan-samudra-pasai.jpg?fit=274%2C184https://i0.wp.com/www.sejarah-indonesia.com/wp-content/uploads/2017/02/kerajaan-samudra-pasai.jpg?resize=150%2C150almuksiISLAMKERAJAAN ISLAMkerajaan islam,kerajaan islam tertua,kerajaan samudara pasai,kesultanan islam,kesultanan samudara pasai,marah silu,sultan malik alsholehKerajaan samudra pasai terletak di pesisir timur sumatra tepatnya muara sungai pesuangan. Salah satu bukti keberadan kerajaan Samudra Pasai adanya makam (kuburan) para raja aceh yang terdapat di kampung gendong aceh utara. Salah satunya makam malik alshaleh yang merupakan raja pertama dari kerajaan Samudra Pasai , banyak makam yang...situs sejarah terlengkap di indonesia