Kerajaan ternate

kerajaan ternate
gambar: pulau ternate dan tidore

kerajaan Ternate merupakan daerah di timur dari pulau sulawesi. Ternate sendiri  awalnya bernama Gapi. Awalnya terdapat empat kampung (mamale dalam bahasa ternate). Satu di antaranya ternate. Penduduknya berasal dari halmahera.

Masuknya agama islam ke ternate

Ternate yang merupakan salah satu penghasil rempah-rempah banyak di kunjungi oleh para pedagang dari luar seperti arab,cina,india dan bangsa eropa. Pedagang ini menetap di ternate dan terjadilah akulturasi budaya dan agama di tidore.islam mulai masuk ke ternate di bawa para pedagang-pedagan tersebut.

Seiring dengan meningkatnya perdagangan maka kriminalitas juga meningkat di daerah ternate terutama perompakan. Untuk mengatasi hal tersebut maka di adakan musawarah untu mengangkat seorang raja yang di sebut dengan istilah KOLANA. Raja pertamanya yaitu  babb masyhur malano 1257-1275 M. Dengan pusat kerajaan kampung ternate.ternate berkembang dengan pesat . kemudian menjalin hubungan dengan maluku  .

Masa pemerintahan kolano maruhun

Raja kalano maruhun juga di kenal dengan nama zainal abidin ,dia menbuat beberapa perubahan di ternate salah satunya mengganti gelar kalano menjadi sultan. Pada tahun 1500 – 1521 M ternate di perintah oleh  bayanullah ia mewajibkan pakayan muslim  di ternate. Pada masa  sultan zainal abidin memeritah banyak  orang turki juga menetap di ternate untuk mengajarkan ternate cara menbuat senjata kusunya meriam.Hal ini di sebabkan oleh adanya hubungan antara turki dengan ternate

Kedatangan portugis

Portugis  datang ke kerajaan ternate  di bawah pinpinan fransisco serrao  1512 M. Berita kedatangan ini di sambut baik oleh sultan ternate  dan di lain pihak tidore juga beringinan mendatangkan ke tidore. Kedua sultan ini  berusaha mendatangkannya . fransisco serrao di sambut sebagai tamu kerajan ternate.selain menberikan monopoli perdagangan cengkeh  dan di beri jabatan sebagai  penasihat sultan.

Portugis mendapat kesempatan emas untuk mengusai ternate pada saat sultan bayan sirullah karan meninggal dunia. Sedangkan penganti anaknya masih belia. Untuk mengisi kekosongan kekuasaan maka di tunjuklah  istri dan adikpangeran taarauwese sebagai pengganti raja.Namun istri sultan putri nukila ingin menyatukan ternate dan tidore karena putri nukila merupan asli tidore tetapi di tentang oleh adik sulta.

Mengetahui hal itu portugis menbantu pangeran taarawese untuk mengambil alih kekuasaan. Di sisi lain putri nukila di bantu oleh tidore sehingga berkecamuklah perang ternate dan tidore. Peperangan di menangkan oleh taarasewu. Kemudian portugis berkianat dan menbunuh nya. Kemudian kerajaan ternate di perintah oleh tabariji atas usulan potugis. Karena sultan tabariji menbangkang pada portugis akhirnya di buang ke india.dan juga di paksa menanda tangani surat pernyataan bahwa ternate merupakan kerajaan kristen dan di bawah kekuasaan portugis.

Sultan hairun

setelah tabariji dibuang ke india. Maka tahta kerajaan ternate di isi oleh Sultan hairun  1534-1570 M.  Pada masa  pemerintahan sultan harun dia menentang  perjanjian yang di paksakan portugis. Karena penolakan sultang harun terhadap perjanjian dengan portugis. terjadilah perang antara ternate dengan portugis.Dengan dukungan rakyat yang tidak  senang  dengan portugis . Portugis waktu itu sudah kuat di maluku karena di bantu oleh pendukungnya dari pribumi maluku. Dengan bantuan dari aceh dan demak  membuat ternate berhasil mendesak  posisi portugis di maluku. Karena terdesak akhirnya portugis  mengusulkan perundingan damai kepada ternate namun portugis berhianat sultan hairun di bunuh.

Sultan baa bullah
sultan baabullah
Gambar: ilustrasi sultan baa bullah

Sultan baabullah merupakan penerus dari sultan harun di kerajaan ternate. Kematian sultan harun menyebabkan kemarahan rakyat ternate dan maluku . kemarahan rakyat ternate dan maluku menyebakan perang dengan portugis. Akhirnya setelah peperangan  selama lima tahun Akhirnya  portugis dapat usir dari maluku. Setelah terusirnya portugis dari maluku ternate berkembang dengan pesat. Setelah  kematian sultan baabullah ternate megalami kemunduran. Seiring dengan melemahnya kerajaan ternate portugis kembali hendak menopoli perdagangan  di ternate dengan bantuan spanyol.

karena beratnya perang melawan portugis dan spanyol.Akhirnya Sultan ternate meminta bantuan dari belanda pada tahun 1603 M. Dengan bantuan belanda tersebut. Ternate  manpu menbendung kekuatan portugis dan spanyol .tapi ternate harus menbayar mahal dengan di monopolinya perdagangan rempah-rempah oleh belanda di ternate.

Pemberontakan rakyat

Akibat monopoli perdagangan dan pelayaran hongi yang di lakukan belanda.Menyebabkan perlawanan rakyat ternate di bawah pinpinan salahakan  luhu yang merupakan raja muda ambon. Namun perlawanan ini dapat di gagalkan oleh belanda dan ia di hukum mati beserta keluarganya pada tahun 1643 M.

Karena sultan mandarsyah yang berkuasa 1646 -1650 M terlalu berpihak kepada belanda menyebabkan pemberontakan yang di pimpin oleh  tiga serangkai pangeran saidi (adik sultan mandarsyah),pangeran majira muda dan kalumata (anak sultan Mandarsyah) .Pemberontakan ini berhasil menurunkan sultan mandarsah dari tahta dan di gantikan  sultan manilha 1650-1655 M. Sultan mandarsyah tidak terima dengan kekalahan ini.Sultan mandarsyah meminta bantuan belanda untuk mengembalikan tahta kerajaan kepadanya.Akhirnya pemberontakan ini berhasil di padamkan oleh belanda kemudian sultan mandarsah kembali menjadi sutan ternate.

Setelah sultan mandarsyah meninggal ia di gantikan oleh sultan sibori 1675-1691 M.  Ia menentang belanda  dan melakukan perlawanan namun daerah basisnya berhasil di kuasai belanda dan sultan terpaksa menanda tangani perjanjian 1683 M yang isinya ternate menjadi kerajaan vasal (taklukan belanda). Dengan demikian Berahirlah kerajaan ternate.

Catt: walaupunkesultanan ternate sudah berahir namun perlawan rakyat tetap di lanjutkan  dan sultan berikutnya menbantu rakyat melawan belanda secara diam-diam.

Demikianlah deskripsi singkat saya tentang kerajaan ternate  semoga bermanfaat >>>

kerajaan ternate

Baca juga selengkapnya:

  1. kerajaan aceh
  2. kerajaan samudra pasai
  3. kerajaan perlak
  4. kerajaan demak
  5. kerajaan gowa-tallo
https://i2.wp.com/www.sejarah-indonesia.com/wp-content/uploads/2017/03/images-12.jpg?fit=196%2C258https://i2.wp.com/www.sejarah-indonesia.com/wp-content/uploads/2017/03/images-12.jpg?resize=150%2C150almuksiISLAMKERAJAAN ISLAMkerajaan ternate,kesultanan ternate,portugis di ternate,sultan baabullah,sultan hairun,sultan tabrijiKerajaan ternate kerajaan Ternate merupakan daerah di timur dari pulau sulawesi. Ternate sendiri  awalnya bernama Gapi. Awalnya terdapat empat kampung (mamale dalam bahasa ternate). Satu di antaranya ternate. Penduduknya berasal dari halmahera. Masuknya agama islam ke ternate Ternate yang merupakan salah satu penghasil rempah-rempah banyak di kunjungi oleh para pedagang dari luar...situs sejarah terlengkap di indonesia