kerajaan tidore

Kerajaan Tidore

Kerajaan Tidore terletak di kepulauan Maluku berdekatan dengan kerajaan ternate.pusat Kerajaan ini teletakKota Tidore Maluku Utara.Raja Mansur  yang merupakan raja dari Tidore menyambut baik kedatangan Spanyol. Menjadikannya sebagai sekutu dengan alasan waktu itu kerajaan tidore sedang bermusuhan dengan kerajaan ternate yang sudah lebih dulu bersekutu dengan portugis. Kedatangan spanyol di jadikan momentum yang baik bagi tidore untuk  melawan ternate.sekutu untuk mengimbangi kekuatan Kerajaan Ternate saingannya yang bersekutu dengan Portugis.

Namun spanyol tidak bertahan lama di tidore hal ini di sebabkan hasil perjanjian Tordesillas tahun 1494 M. Yang salah satu isinya maluku di di bawah portugis sedangkang spanyol menguasai pilipina. Semenjak di tinggalkan sekutunya spanyo tidore di bawah raja Saifuddin (1657-1689m), menjadi daerah yang merdeka baik dari portugis maupun belanda yang datang keudian hari hingga abad ke 18 M.

     raja ciri liyati

Pada saat raja ciri liyati memerintah ia berinisiatif memindahkan ibukota tidore ke pusat pemeritahan baru yang ia bangun. Namanya Rum yang terletak di tidore utara. Letak kota Rum berdekatan dengan ternate hannya di pisahkan oleh tanjung margogo dan pulau maitara.kerajaan ini menjadi salah satu pusat perdangangan di timur indonesia waktu itu. Namun pada masa raja mole malimo ibu kota kerajaan tidore di pindahkan  ke limau timore. Dengan alawan kota Rum terlalu dekat dengan ternate yang merupakan musuh bebuyutan dari tidore. (kota limau timore sekarang namanya berganti menjadi soa-sio)

Pengaruh kerajaan tidore waktu itu meliputi daerah di halmahera dan sebagian pulau papua. Di bawah pemerintahan raja nuku tidore mencapai puncak kejayaannya hal ini di tandai dengan kerja sama antara ternate dan tidore dalam mengusir belanda dengan cara memanfaatkan inggris yang waktu itu datang ke tidore. Dengan kesatuan ternate dan tidore di tambah inggri belanda (pada waktu itu masih VOC) berhasil di usir menyusul kemudian inggrispun dapat di usir.

Taktik pintar dari raja nuku ini menyebabkan ia sangat di hormati. Sepeninggal raja nuku,kerajaan tidore di peritah oleh raja zainal abidin yang juga anti penjajah.

raja nuku
gambar:ilustrasi raja nuku
  1. Wilayah kekuasaan dan struktur pemerintahan

Daerah yang menjadi kekuasaan kerajaan tidore cukup luas. Yaitu,halmahera,mikronesia,kepulauan pulau-pulau kecil sekitar tidore, gugusan pulau raja empat dan seram. Dalam sistem pemerintahan kekuasaan tertinggi di pegang oleh seorang raja. Namun menariknya pengganti raja tidak di wariskan kepada putra mahkota seperti kerajaan lainnya di indonesia. DiA pilih oleh dewan marga (perwakilan marga) dewan marga inilah yang mengusulkan calon raja. Calon dengan suara terbanyaklah yang nanti di lantik menjadi raja.

Raja di bantu oleh para anggota pewakilan marga  (dewan wazir dalam istilah tidore) dan pelaksana keputusan wazir di sebut dengan istilah joujau (perdana mentri).perdana mentri di bantu lagi oleh empat pembantu yaitu:

  • Mentri urusan agam yang di namakan pehak labe
  • Mentri adat dan hubungan masarakat yang di sebut pehak adat
  • Mentri pertahan yang di sebut pehak kompania
  • Mentri sekretaris yang di sebut pehak juru tulis

Masih banyak lagi struktur di bawah mentri. Dalam kesempatan ini yang tidak saya sebutkan satu per satu.Dari gambaran pembagian tugas di atas dapat kita simpulkan bahwa pemerintahan di kerajaan ini sudah terstruktur dengan baik. Di mana  adanya pembagian tugas yang jelas di antara pejabat kerajaan.

Dalam kehidupan sosial masarakat tidore sangat taat dalam beragama. Hal ini dapat di lihat dari aturan dan hukum kerajaan yang berpatokan kepada agama isalam yang di anutnya. Dalam kehidupan ekonomi daerah ini merupakan pusat penghasil rempah –rempah. Rempah merupakan produk yang sangat berharga pada masanya. Dalam sistem kekerabatan awanya menganut sistem matrilinial ( garis keturunan ibu) namun setelah pegaruh islam kuat di tidore lambat laun berubah menjadi sistem patrilinial (garis keturunanan ayah).

demikianlah artikel pendek saya tentang kerajaan tidore semoga bermanfaat

sejarah kerajaan tidore

baca juga selengkap >>>>

  1. kerajaan aceh
  2. kerajaan samudra pasai
  3. kerajaan perlak
  4. kerajaan demak
  5. kerajaan ternate
  6. kerajaan mataram islam
https://i2.wp.com/www.sejarah-indonesia.com/wp-content/uploads/2017/03/Peta-wilayah-uli-lima-dan-uli-siwa.jpg?fit=250%2C206https://i2.wp.com/www.sejarah-indonesia.com/wp-content/uploads/2017/03/Peta-wilayah-uli-lima-dan-uli-siwa.jpg?resize=150%2C150almuksiISLAMKERAJAAN ISLAMislam,kerajaan islam,kerajaan ternate,kesultanan tidore,sejarah indonesiaKerajaan Tidore Kerajaan Tidore terletak di kepulauan Maluku berdekatan dengan kerajaan ternate.pusat Kerajaan ini teletakKota Tidore Maluku Utara.Raja Mansur  yang merupakan raja dari Tidore menyambut baik kedatangan Spanyol. Menjadikannya sebagai sekutu dengan alasan waktu itu kerajaan tidore sedang bermusuhan dengan kerajaan ternate yang sudah lebih dulu bersekutu dengan portugis. Kedatangan...situs sejarah terlengkap di indonesia