Konfrontasi indonesia dengan malaysia sebenarnya

konfrontasi indonesia malaysia

A.   Latar belakang konfrontasi

Pada 1961, Kalimantan dibagi menjadi empat administrasi (propinsi). Yaitu kalimantan barat, kalimantan tengah, kalimantan selatan dan kalimantan Selatan. Awalnya kalimantan merupakan sebuah propinsi di indonesia. Kalimantan juga di kenal dengan nama Pulau borneo.

Api permusuhan antara indonesia di awali dengan keinginan dari inggris untuk menyatukan  daerah koloninya di asia tenggara. Daerah tersebut yaitu :

  1. Serawak yang terletak di utara  pulau Sumatra yang di kenal juga dengan malaysia barat
  2. Malaysia timur yang teletak di pulau kalimantan. Yang terdiri dari serawak dan borneo utara yang sekarang lebih di kenal dengan nama Daerah ini berbatasan dengan kesultanan brunai Darussalam di utara, dan indonesia di selatan.

Penyatuan daerah- daerah tersebut untuk menbentuk sebuah negara pesemakmuran inggris dengan nama malaysia.  Rencana ini di tentang oleh pemerintah revolusioner indonesia yang di pimpin oleh presiden Ir. Sukarno. Karena sukarno beranggapan peyatuanini akan menambah kontrol inggris di asia tenggara. Hal ini di anggap mengancam kemerdekaan indonesia. Serta penyatuan ini tidak lebih sebagai boneka inggris.

Di sisi lai philipina juga mengklaim daerah sabah sebagai bagian dari kesultanan sulu di masa lalu. Indonesia dan philipina pada dasarnya setuju penyatuan malaysia. Dengan sarat daerah yang di komflikkan yaitu sabah di beri referendum oleh PBB. Referendum yaitu hak rakyat untuk menentukan pilihan. Dalam hal ini rakyat sabah untuk menentukan apakah mau bergabung dengan malaysia,philipina atau indonesia.

Namun sebelum hasil dari referendum di laporkan pada tanggal 16 september, Malaysia melihat referendum ini sebagai masalah dalam negri. Tampa campur tangan dari luar. Namun indonesia melihat sebagai pelanggaran perjanjian dan menjadi bukti imprealisme inggris.Demontrasi masarakat malaYsia anti indonesia di KBRI indonesia.  Demontran menyerbu gedung KBRI, Merobek foto sukarno serta menbawa garuda ke hadapan perdana mentri malaisia tuanku abdurrahman dan memaksanya menginjak Garuda.

Demo konfrontasi indonesia malaysia
Gambar: demo massarakat malaysia pada waktu ganyak malaysia

Garuda indonesia merupakan lambang negara indonesia.Tindakan malaysia ini menbuat Soekarno murka dan melancarkan gerakan Ganyang malaysia.Di sisi lain  di Brunei, Tentara Nasional Kalimantan Utara (TNKU) memberontak pada 8 Desember 1962. Mereka mencoba menangkap Sultan Brunei, ladang minyak dan sandera orang Eropa. Sultan lolos dan meminta pertolongan Inggris. Dia menerima pasukan Inggris dan Gurkha dari Singapura. Pada 16 Desember, Komando Timur Jauh Inggris (British Far Eastern Command) mengklaim bahwa seluruh pusat pemberontakan utama telah diatasi, dan pada 17 April 1963, pemimpin pemberontakan ditangkap dan pemberontakan berakhir.

  1. Jalannya konfrontasi

Karena sikap perusuhan yang di tunjukkan malaysia. Maka Pada 20 Januari 1963, Menteri Luar Negeri Indonesia Soebandrio mengumumkan bahwa Indonesia mengambil sikap bermusuhan terhadap Malaysia. Semenjak di umumkan  sikap permusuhan tersebut para pemuda dan pemudi indonesia berbondong-bondong mendaftar sebagai bagian dari gerakan ganyang malaysia. Tanggal 12 April 1963 Para sukalerawan dan pasukan tidak resmi mulai menyusup ke serawak dan sabah. Tujuan penyusupan ini dalam rangka penyusupan dan sabotase serta propaganda.

Ir sukarno mengumumkan Dwikora (Dua komanda rakyat) pada 3 mei 1963. Komando tersebut yaitu pertinggi ketahanan revolusi indonesia dan bantu revolusi rakyat malaya untuk menghancurkan malaisia. Dua bulan berikutnya tepatnya 27 juli 1963 sukarno mengumumkan gayang malaysia.

Pengumuman ganyang malaysia ini. Indonesia di dukung oleh philipina dengan cara memutuskan hubungan diplomatinya dengan malaysia. Namun tidak terlibat dalam konfrontasi langsung.

Di tengah konfrontasi ini tepatnya tanggal 16 september 1963 federasi malaisia di bentuk. Namun brunai darussalam menolak untuk bergabung. Sedangkang singapura ikut bergabung. Namun keluar di kemudian hari Dan mendirikan negara Singapura.

Konfrontasi semakain berkembang dengan di bakarnya kedubes inggris oleh massa di indonesia, kemudian berlanjut kepada perwakilan malaisia dan singapura. Sebagai balasan diplomat indonesia di malaysia di tangkap dan perwakilan indonesia di malaisia juga di serbu massa.

Sementara itu di sepanjang perbatasan indonesia dengan malaysia di serawak terjadi perperangan perbatasan. Pasukan sukarelawan dan pasukan penyusup serta tentara terjun payung indonesia berusah menaklukkan serak. Namun usaha ini tidak berhasil. Hal ini salah satunya di sebabkan di indonesia juga terjadi pemberontakan PKI (partai Komunis Indonesia) di tambah kurang solidnya angkatan bersenjata indonesia dalam perang ini.

  1. Komando mandala Siaga (KOLAGA)

komando mandala siaga omar dhani
Gambar: Jendral Omar dhani

Pada tahun 1964 didirikan komando mandala siaga (Kolaga) di bentuk. Kolaga di pinpin oleh  Laksdya Udara Omar dani.Fungsinya untuk mengkordinir perang dengan malaysia.Pasukan indonesia mulai menyerang semenajung melayu. Pada 1964 pasukan Indonesia mulai menyerang wilayah di Semenanjung Malaya. Kolaga sendiri terdiri dari tiga Komando, yaitu:

  • Komando Tempur Satu (Kopurtu) di Sumatrayang terdiri dari 12 Batalyon TNI-AD,tiga batalion para dan satu batalion KKO. Sasaran operasinya semnanjung melayu yang di pinpin oleh Brigjen Kemal Idris denga pangkat Pangkopur
  • Komando Tempur Dua (Kopurda) Bengkayang, Kalimantan Barat dan terdiri dari 13 Batalyon terdiri  KKO, AURI, dan RPKAD. Kopurda ipimpin Brigjen Soepardjo sebagai Pangkopur dua.
  • Komando ketiga adalah Komando Armada dari unsur TNI-AL dan juga KKO dan dilengkapi dengan Brigade Pendarat. Komando beroperasi di perbatasan Riau dan Kalimantan Timur.

As konfrontasi meningkat hal ini di tandai dengan di tangkapnya 16 orang intel indonesia di Johor. Di perbatasan aktifitas bersenjatapun meningkat. Di pihak Malaysia hanya sedikit saja yang diturunkan dan harus bergantung pada pos perbatasan dan pengawasan unit komando. Misinya untuk mencegah masuknya pasukan Indonesia ke Malaysia.

  1. Keterliban inggris dan australia

 

pasukan kusus australia
Gambar: ilustrasi pasukan kusus autralia

Tidak dapat di pungkiri perang besar inggris dan australia dalam konfrontasi indonesia dengan malaisia.  Hal ini bisa di lihat dari korban pasukan kusus mereka. Diataranya SAS (special air force). Tercatat korban di pasukan kus australia 200 orang  sedangkan di pihak indonesia tercatat 2000 pasukan  kopassus.

Campur tangan inggris semakin terlihat Ketika PBB menerima Malaysia sebagai anggota tidak tetap. Akibatnya Sukarno menarik Indonesia dari PBB pada tanggal 20 Januari 1965.

Australia juga mengirim 3 resimen kerajaan  dan resimen pasukan kusus. Hal ini di lakukan australia atas permintaan malaysia pada januari 1965 . Waktu itu ada 15.000 pasukan persemakmuran inggris di autralia namun tidak bisa menyerang secara langsung ke indonesia. Untuk itu maka merka masuk secara rahasia dengan nama operasi claret.

Indonesia pada tahun 1965 mulai menggunakan pasukan resmi. Pasukan indonesia masuk ke pulai sebatik dan berhadapan dengan pasukan askar melayu.

Sementara perang lau terjadi di sampurna. Pasukan indonesia dengan kekuatan 5000 orang dan melakukan pengepungan sampai 8 september namun mengalami kegagalan. Peristiwa ini di kenal dengan “pengepungan 68 hari”. Semenjak saat itu tidak ada lagi tentara indonesia yang menginjakkan kakinya di malaysia.

  1. Akhir Konfrontasi

Pemberontakan PKI di indonesia. Pemberotakan ini terjadi 30 september 1965 atau lebih di kenal G30SPKI. merupakan salah satu penyebab utama kegagalan konfrontasi dengan malaysia.

Setelah pemberontakan ini indonesia di sibukkan oleh komflik dalam negri.Keinginan indonesia untuk meneruskan konfrontasi semakin berkurang. Komflik ini akhirnya menyebabkan Ir Sukarno menyerakan kekuasaanya kepada jendral Suharto untuk mengambil Alih kekuasaan. Penyerahan kekuasaan ini terkenal dengan istilah Surat perintah sebelas maret (Supersemar).

Di angkatnya presiden Mayjen suharto Sebagai presiden indonesia yang lebih condong ke barat menpercepat penyelesaian konfrontasi dengan malaysia.Pada 28 Mei 1966 disebuah konferensi di Bangkok, Kerajaan Malaysia dan pemerintah Indonesia mengumumkan penyelesaian konflik. Kekerasan berakhir bulan Juni, dan perjanjian perdamaian ditanda tangani pada 11 Agustus dan diresmikan dua hari kemudian.

demikianlah artikel pendek saya tentang sejarah konfrontasi indonesia malaysia. jika ada kritikan dan saran silahkan di sampaikan kepada penulis. Terima kasih

 

 

https://i1.wp.com/www.sejarah-indonesia.com/wp-content/uploads/2017/04/download-2.jpg?fit=299%2C168https://i1.wp.com/www.sejarah-indonesia.com/wp-content/uploads/2017/04/download-2.jpg?resize=150%2C150almuksiINDONESIASEBELUM KEMERDEKAANKonfrontasi indonesia dengan malaysia sebenarnya A.   Latar belakang konfrontasi Pada 1961, Kalimantan dibagi menjadi empat administrasi (propinsi). Yaitu kalimantan barat, kalimantan tengah, kalimantan selatan dan kalimantan Selatan. Awalnya kalimantan merupakan sebuah propinsi di indonesia. Kalimantan juga di kenal dengan nama Pulau borneo. Api permusuhan antara indonesia di awali dengan keinginan dari inggris...situs sejarah terlengkap di indonesia