lima perundingan indonesia dan belanda

ada banyak perundingan antara indonesia dan belanada. Namun kali ini penulis hannya mebahas lima perundingan antara Indonesia dan Belanda .Setelah indonesia mendeklarasikan kemerdekaan tanggal 17 agustus 1945 oleh Ir Sukarno dan muhammad hatta. Bukan berarti indonesia benar-benar terbebas dari upaya negara lain untuk menguasai indonesia. Kedatangan pasukan sekutu pada bulan september 1945 yang menbonceng NICA. Tujuan awal kedatangan mereka melucuti senjata jepang dan menbebaskan tawanan pasukan sekutu. Dalam perjalanannya setelah tujuan mereka tercapai mereka ingin kembali menguasai indonesia. Hal ini bisa di lihat dari adanya NICA( Pemerintahan Sipil Belanda) di antara pasukan sekutu.

          Kenyataan di atas menbuat rakyat indonesia marah dan melakukan perlawanan, 
          Seperti perang surabaya,perang Ambarawa,perang bandung lautan api,perang 
          medan area,perang puputan margarana bali dan masih banyak yang lainnya. 
          Dapat di baca selengkapnya di sini

Melihat kenyatan bahwa perlawan yang sengit dari pejuang indonesia. Maka kekuatan senjata saja tidak akan berhasil menyelesaikan perlawan rakyat indonesia. Maka di rintislah usaha diplomasi (Perundingan) antara belanda dengan indonesia. Baik diplomasi langsung maupu tidak langsung (melalui pihak ketiga).

Berikut ini saya akan menguraikan lima Perundingan antara indonesia dengan belanda setelah indonesia merdeka:

Perundingan Linggar Jati

lima perundingan antara indonesia dan belanda Perundingan linggar jati merupakan Perundingan pertama dari lima perundingan antara belanda dengan indonesia. Linggar jati adalah nama sebuah desa di kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Adapun latar belakang Perundingan ini yaitu sengitnya perlawanan rakyat indonesia kepada sekutu/belanda. Melihat kenyatan ini Letnan Jendral Sir Philip Crhistion panglima AFNEI (Alied Forces Netherland Eas Indies). Berupaya mempertemukan Van Mook (jendral Hindia  belanda) dengan Ir Sukarno (Presiden republik indonesia). Namun usaha ini mengalami kegagalan karena kedua belah pihak teguh pada pendiriannya.

Kemudian pada tanggal 10 november 1946 pemerintah inggris mengirim Sir Archibald Kerr sebagai Duta Istimewa. Sebagai penegah perundingan indonesia dengan belanda. Dalam perundingan ini belanda mengingingkan indonesia menjadi negara persemakmuran belanda  melalui masa peralihan selama 10 tahun. Namun ir  Sukarno menolak usulan tersebut, Ir sukarno menginginkan indonesia berdaulat penuh atas bekas jajahan Hindia Belanda dan bersediar menbayar seluruh  seluruh hutang belanda sebelum jepang masuk ke indonesia 1942. Belanda menolak Usulan indonesia sehingga perundingan mengalami kegagalan.

Untuk menemui titik temu di adakanlah Perundingan linggar jati pada tanggal 10 November 1946 .Pihak indonesia di wakili oleh Dr Sudarsono, Jendral Oerip Soemarno dan  Jendral Soedirman sedang sebagai penengah yaitu perwakilan inggris Lord Killiern . Isi dari Perundingan linggar jati yaitu:lima perundingan antara indonesia dan belanda

  • Indonesia dan belanda secara bersama-sama menbentuk negara federasi yang bernama Negara Indonesia Serikat.
  • Negara indonesia serikat tetap terikat dalam ikatan kerjasama dengan kerajaan belanda dalam wadah yang bernam Uni Indonesia-Belanda.

Hasil dari Perundingan ini menimbulalkan banyak pro kontra di masyarakat indonesia. Golongan yang pro adalah golongan pendukung pemerintah sedangkan yang menolak adalah kelompok oposisisi dari kelompok islam,nasionalis dan sekuler. Walaupundapat pertentangan dalam negri namun Perundingan ini mendapat dukungan mayoritas di KNIP (komisi Nasional Pusat) pada tanggal 25 Maret 1947.

Perundingan Renville

perundingan renville Perundingan Renville adalah  kelanjutan dari perundingan yang dilakukan oleh kedua negara yang bertikai yaitu Indonesia dan Belanda yang difasilitasi oleh KTN (Komisi tiga negara) yang dibentuk oleh PBB. KTN sepakat menbawa masalah indonesia belanda ke meja perundingan. Maka di pilihlah tempat yang netral yaitu kapal milik Amerika Serikat yang bernama U.S.S. Renville.

Dengan difasilitasi oleh komite jasa baik untuk Indonesia, perundingan ini berlangsung pada 8 Desember 1947. Indonesia dipimpin  oleh Perdana Menteri Amir Syarifuddin Harahap. Haril dari perundingan ini sangat merugikan pihak indonesia. Di mana belanda tetap menpertahankan batas demakasi melalui”Garis van Mook “.garis van mook yaitu demarkasi wilayah yang sudah di dalam agresi militer belanda pertama. Dalam agresi militer pertama belanda di indonesia memperoleh wilayah yang besar. Sehingga wilaya indonesia semakin sedikit dan sempit.

Kemudian tentara indonesia harus meninggalkan wilayah yang masuk ke dalam kekuasaan belanda berdasarkan garis van mook. Hal ini menambah kerugia dari pihak indonesia. Akibat dari kekalahan dalam perundingan ini kabinet Syafrudin harahap di bubarkan pada tanggal 23 Januari 1948.

Sebagai akibat dari  Persetujuan Renvillejuga , pihak Republik wajib  mengosongkan enclave (kantong-kantong) yang dikuasai TNI, dan pada bulan Februari 1948, Divisi Siliwangi “Hijrah” ke Jawa Tengah.perundingan renville

Walaupun sebagian pasukan TNI telah di tarik dari demarkasi namun banyak juga pasukan laskar yang menolak hasil Perundingan renville. Sehingga melakukan perlawannan salah satunya Barisan Bambu Runcing dan Laskar Hisbullah dibawah pimpinan Sekarmaji marijan Kartosuwiryo menolak untuk meninggalkan Jawa Barat dan memilih untuk tetap bertahan dan melakukan perlawanan terhadap Belanda.

 

Perundingan Roem – Royen

perundingan roem-royenPerundingan Roem-Royen merupakan  salah satu Perundingan dari lima Perundingan antara Indonesia dan Belanda. Perundingan ini di lakukan untuk mengakhiri konflik bersenjata antara indonesia dengan belanda. Atas inisiatif komisi PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa) untuk indonesia. Komisi ini di pinpin oleh Merle Corchan (Anggota komisi asal amerika). Maka terciptalah Perundingan antara indonesia dengan belanda yang kemudian di kenal dengan Perundingan roem-royen.

Perwakilan indonesia pada Perundingan ini dipinpin oleh Mohamad Roem dan di pihak belanda di pinpin oleh Dr. H.J Van royen. Dalam Perundingan ini delegasi indonesia tetap kukuh pada pendiriannya bahwa pengembalian pemerintahan republik indonesia ke Yokyakarta. Sedangkan di Pihak belanda meminta agar adanya persetujuan penghentian perang Gerilya  oleh Pihak republik indonesia.

Setelah perdebatan alot , di capai kesepakatan pada tanggal 07 mei 1949. Isi dari Kesepakatan ini yaitu kesanggupan kedua belah pihak melaksanakan Resolusi keamanan PBB (perserikatan bangsa-bangsa) tertanggal 28 januari 1949 yang isinya antara lain:

1. Belanda harus menghentikan semua operasi militer dan pihak Republik Indonesia 
   diminta untuk menghentikan aktivitas gerilya. Kedua pihak harus bekerja sama untuk
   mengadakan perdamaian kembali.
 
 2. Pembebasan dengan segera dan tidak bersyarat semua tahanan politik dalam daerah RI
   oleh Belanda sejak 19 Desember 1948.
 
 3. Belanda harus memberikan kesempatan kepada pemimpin RI untuk kembali ke Yogyakarta 
    dengan segera. Kekuasaan RI di daerah-daerah RI menurut batas-batas Persetujuan Renville
    dikembalikan kepada RI.
            Penyataan tersebut langsung di bacakan oleh pemimpin delegasi indonesia Dr Mohamad Roem yang isinnya antara lain:
  1. Pemerintah indonesia mengeluarkan surat perintah penghentian perang Gerilyalima perundingan antara indonesia dan belanda
  2. Siap bekerja sama dengan belanda menjaga keamanan dan ketertiban
  3. Turut serta dalam komferensi meja bundar untuk menpercepat penyerahan kedaulatan kepada indonesia

Kemudian pernyataan tersebut di ikuti oleh pernyataan dari pihak belanda yang di bacakan oleh Dr.H.J van Royen. Yang isinnya:

  1. Pemerintah belanda setuju bahwa pemeritah indonesia harus bebas serta leluasa melakukan kewajiban dalam suatu daerah yang meliputi keresidenan Jogjakarta.
  2. Pemerintah belanda menbebaskan secara tidak bersarat peminpin republik indonesia. Yang di tawan semenjak tanggal 19 desember 1948.
  3. Pemerintah belanda setuju bahwa indonesia akan menjadi republik indonesia serikat.
  4. Konferensi meja bundar akan di lakukan secepatnya di denghaq belanda. Setelah pemerintah indonesia kembali ke yokyakarta.

Catt: Pada saat perundingan Roem-Royen Presiden dan wakil presiden indonesia di tawan oleh belanda di pulau bangka. Namun sebelum di tawan  Ir sukarno sudah menyerahakan mandat pemerintahanya kepada syafrudin Parwira negara yang berada di bukit tinggi. Pemerintahan presiden syarudin parwira negara ini kemudian di kenal denga PDRI (Pemerintah darurat republik indonesia).

Perundingan Inter Indonesia

lima perundingan antara indonesia dan belandaPerundingan inter indonesia merupakan sebuah konferensi yang di laksanaka di wilayah republik indonesia. Kemudian di teruskan ke wilayah pendudukan belanda yang berada di jayakarta (Jakarta).

Hasil dari Perundingan (konfernsi ) ini. Antara lain:

  • Negara indonesia serikat di setujui dengan nama Republik Indonesia Serikat (RIS). Yang di kepalai seorang presiden dan di bantu oleh jajaran mentri yang bertanggung jawab langsung kepada presiden.
  • Republik indonesia serikat (RIS) negara yang berdasarkan demokrasi dan fideral
  • RIS akan menerima kedaulatan dari republik indonesia dan dari pemerintah kerajaan belanda
  • Angkatan perang Republik Indonesia Serikat adalah angkatan perang nasional. Panglima tertinggi pasukan berada pada presiden.
  • Pembentukan angakatan perang republik indonesia serikat merupakan semata-mata soal bangsa indonesia sendiri. Angkatan perang RIS akan di bentuk dari TNI dan KNIL serta kesatuan-kesatuan Belanda.

Demikian lah isi dari konferensi ( Perundingan ) Inter indonesia. Konfersensi ini merupakan kelanjutan dari Perundingan  Roem- Royen dan akan di lanjutkan dai Konferensi Meja Bundar.

Konferensi Meja Bundar

lima perundingan antara indonesia dan belanda  Komferensi meja bundar merupakan rangkayan final setelah konferensi inter indonesia. Pada tanggal 4 agustus 1949 pemerintah indonesia mulai mnyusun delegasi yang akan menghadiri Konferensi meja bundar. Setelah melalui banyak pertimbangan ddi putuskan bahwa Dr Mohamad hatta sebagai ketua delegasi, Delegasi ini terdiri dari:

  • Dr mohamad hatta sebagai peminpin delegasi

  • Dr Mohamad roem sebagai anggota
  • Prof Dr Soepomo sebagai anggota
  • Dr J leimena sebagai anggota
  • Ali sastro Amidjoyo sebagai anggota
  • Juanda sebagai anggota
  • Sukiman sebagai anggota
  • Mr Suyono Hadinoto sebagai anggota
  • Kolonel B. Simatupag sebagai anggota
  • Soemitro djoyokusumo sebagai anggota
  • Mr Abdul karim sebagai anggota
  • Mr mawardi sebagai anggota

Sedangkan di pihak BFO(Negara Boneka Buatan Belanda). Di pimpim oleh Sultan Hamid II dari kesultanan Pontianak. Konferensi meja Bundar di Mulai 23 agustus 1949 Sampai tanggal 2 november 1949. Lebih kurang 10 hari. Komferensi ini menghasilkan keputusan antara lain:

  1. Belanda mengakui Republik indonesia serikat Sebagai negara berdaulat dan merdeka
  2. Status irian barat (Papua) akan di selesaikan setahun setelah Konferensi meja Bundar.
  3. Akan di bentuk Uni Indonesia – belanda berdasarkan kerja sam dan sederajat.
  4. RIS akan mengembalikan hak milik belanda dan menberikan hak konsesi dan izin baru bagi perusahaan belanda
  5. RIS menbayar hutang belanda yang yang ada semenjak 1982

Kemudian pada tanggal 29 oktober 1949 akan di laksanakan piagam persetujuan kontitusi Republik Indonesia Serikat dang BFO. Hasil dari keputusan KMB akan di ajukan kepada komite nasional indonesia Pusat (KNIP). KNIP melaksanakan pada tanggal 6-14 desember 1949  dan menerima hasil dari KMB melalui voting.

Setelah KNIP menerima hasil KMB sidang juga meutuskan pengankatan calon tunggal presiden indonesia serikat yaitu Ir Sukarno dan Moh.hatta sebagai wakil presiden. Dan lantik pada tanggal 20 desember 1949.

Pada tanggal 2 3 desember 1949 delegasi yang di pinpin oleh mohamad hatta berangkat ke belanda. Keberangkatan ini bertujuan menanda tangani penyerahan kedaulatan oleh ratu belanda dan pejabat tinggi belanda. Penyerahan kedaulatan ini di tanda tangani pada tanggal 27 desember 1949.  Dengan demikian maka indonesia telah sah sebagai negara yang berdaulat secara defekto daan dejure.

Demikian artikel pendek saya tentang lima Perundingan antaraindonesia dan Belanda. Semoga dapat bermanfaat. Terima kasih.

 

https://i2.wp.com/www.sejarah-indonesia.com/wp-content/uploads/2017/04/PERUNDINGAN-MEJA-BUNDAR.jpg?fit=289%2C191https://i2.wp.com/www.sejarah-indonesia.com/wp-content/uploads/2017/04/PERUNDINGAN-MEJA-BUNDAR.jpg?resize=150%2C150almuksiINDONESIASEBELUM KEMERDEKAANperjanjian indonesia dan belanda,perjanjian inter indonesia,perjanjian linggar jati,perjanjian meja bundar,perjanjian Renville,perjanjian roem-royen,perundingan indonesia dan belanda,perundingan inter indonesia,perundingan linggar jati,perundingan meja bundar,perundingan Renville,Perundingan roem-royen,peundingan inter indonesiaada banyak perundingan antara indonesia dan belanada. Namun kali ini penulis hannya mebahas lima perundingan antara Indonesia dan Belanda .Setelah indonesia mendeklarasikan kemerdekaan tanggal 17 agustus 1945 oleh Ir Sukarno dan muhammad hatta. Bukan berarti indonesia benar-benar terbebas dari upaya negara lain untuk menguasai indonesia. Kedatangan pasukan sekutu pada...situs sejarah terlengkap di indonesia