Marthen indey

  1. Riwayat Sinkat Marthin Indey

Marthin Indey lahir di kampung Doromena, dikaki pegunungan Cycloop, Jayapura pada tanggal 12 Maret 1912.  Ia adalah seorang putra dari ondoafi bernama Indey, nama sebenarnya adalah Soroway Indey, namun ia mendapat nama baptis “ Marthin” dan lebih dikenal dengan nama Marthin Indey.

Johorus Bremer adalah bapak angkat dari Marthin. Ia adalah guru yang ditunjuk oleh Zending  Belanda untuk menyebarkan agama Kristen di Doromena. Sebagai anak yag berasal dari kalangan biasa, Marthin Indey memasuki Volkschool (sekolah distrik). Nmaun marthin berhasil menamatkan pendidikan sekolah distriknya pada tahun 1926, menggunakan nama familinya Bremer, ia diterima disekolah pelaut pribumi (Kweeksch voor inlandsch stchepelingen) di Makasar sampai tahun 1932.Setamat dari sekolah pelayaran pribumi, Marthin indey tertarik untuk menjadi polisi. Pada bulan juni 1934, dengan tekad bulat, ditinggalkannya kampung halaman dan kedua orang tua untuk menuntut ilmu dipulau Jawa.. Marthin indey mendaftar diri dari sekolah polisi Sukabumi Jawa Barat dan diterima. Pendidikan polisi diikuti sampai pada tahun 1935.

Melihat kondisi alam yang masih hutan lebat, Marthin Indey mengambil bidang spionese yang kelak banyak membuatnya berjasa bagi sekutu dan Belanda. Sebelum dan sesudah perang dunia II berkecamuk di Irian Barat. Pendidikan di Makassar dan Surabaya ditunjang oleh pendidikan polisi di Sukabumi telah membuat marthin menjadi prajurit yang tangguh. Vander Plae, bekas gubernur Jawa Timur mengirim Marthin ke Australia untuk menjadi tentara sekutu. Disanalah mengadakan latihan pendaratan payung dan mengadakan pendaratan di Admirally.

Pada tanggal 20 april 1944, Marthin diterjunkan di kota Baru dan pendaratan di Biak, dan terus  Ke Filirina. Pendidikan di Filipina dan Australia diselesaikan tahun 1944, Kemudian kembali ke Kota baru. Pangkat militernya dinaikan menjadi kopral.

 

  1. Pekerjaan Marthin Indey

Marthin indeySebagai orang yang berasal dari keluarga yang sederhana. Membuat Marthin harus hidup dalam kondisi yang sederhana bersama ayah angkatnya. Sejak kecil sedang bersekolah ia sering membantu ayah .angkatnya bekerja dirumah. Ketekunan dan kerajinan dalam membantu orang tuanya. Ketkunan dan Kerajina  telah membawa manfaat yang besar dalam hidupnya.  Marthin menjadi tukang kayu dan tukang batu.  Selain itu setelah waktu senggang pulang sekolah ia bekerja sebagai tukang dinas pekerjaan umum di Ambon.

Setelah menamatkan pendidikan disekolah standari dikonsentrasikan pikirannya pada pekerjaannya di Bow. Selama bekerja Marthin Indey sering membangun rumah- rumah dan perkantoran sampai kota- kota lain di Ambon, Soumlahi, Banda Neira dan Fak- Fak.  Irian Barat yang waktu itu berada dibawah residen Ambon. waktu itu. Bekerja di Bow ditekuni sampai tahun 1932.

Setelah lulus dari sekolah pelayaran di Makasar dan Surabaya. Marthin Indey bekerja sebagai awak kapal dari zeven propintie (kapal tujuh) dari angkatan laut Hindia Belanda.  Selama waktu bertugas yang membuat terkesan adalah sewaktu ia dan kawan- kawannya mampu menaklukan perkampungan suku Asmat yang terbesar, dengan keberhasilan ini akhirnya Marthin di pindahkan ke Monokwari. Pada bulan Desember 1935, Marthin mulai bertugas di Manokwari. Pada bulan Maret Marthin melangsungkan pernikahannya  dengan gadis idamannya ( Agustina Heumase). Tanggal 10 Januari 1937, ( setahun dinas) Marthin pindah kerja di Serai.

Antara tahun 1938- 1940, Marthin sibuk melakukan perjalanan “memotong kepala burung” dari pantai utara di Napan, sampai pantai selatan di Mimika. Ekspedisi pertama dilakukan pada tahun 1938, selama 8 bulan maka pada oktober 1939. Marthin juga menerima jasa Trouwen, Verdiendte, dari pemerintah Belanda.  Ekspedisi ke dua dilakukan  didaerah pedalaman Paniai. Menjelang meletusnya perang pasifik, juli 1940- Januari 1941, Marthin digagaskan membantu dinas rahasia Belanda di Manokwari untuk mengamati gerak- gerik Jepang..

Selama menjalani tugasnya sebagai spionase didaerah perbatasan. Pemerintah Belanda mengangkat Marthin menjadi kepala distrik sekaligusjuga mengepalai atas tiga wilayah distrik sekaligus, yaitu: Arso, Yamasi dan Usaris.  Sekaligus mengepalai pasukan polisi dan tentara sekaligus jabatan rangkap seperti camat, dansek, danramil dipegang selama dua ahun1945- 1947.   Karir Marthin Indey setelah Indonesia merdeka, ia diangkat dengan surat keputusan gubernur KDH propinsi Irian Barat, tanggal 10 Agustus 1963 No. 06/ 1 / 1 / TJP / 63 sebagai residen Kotabaru.  Mulai 1 agustus 1965diangkat menjadi Mayor Tituler TNI – AD kodam XVIICendrawasih di Kotabaru.

 

3.Keluarga Marthin indey

Meskipun gigih dalam berjuang, Marthin tidak lupa dengan kewajibanya dalam membina keluarga, Begitupun istrinya” Agustina Heumase’ selain sebagai seorang ibu rumah tangga yang mengasuh kedua anaknya Frans Marcelina Cgarles Engerlbert dn  Indey dan Fiknasoroway Indey. Dia juga seorang yang aktiv dalam berbagai kegiatan politik, antara lain Perwib ( persatuan Wanita Irian Barat).

4.Peranan Marthin indey dalam pergerakan Indonesia

Perjuangan yang dilakukan oleh Marthin indey sudah cukup panjang, antara lain”: tindakan yang dilakukan bukanlah merupakan tindakan mengangkat senjata melawan penjajah, akan tetapi perjuangan yang dilakukan adalah usahanya memajukan diri dengan memajukan dari gerakan- gerakan tentang kebangsaan yang kesemuanya itu disumbangkan untuk kepentingan bangsa dan Negaranya.

Ini dibuktikan dengan aktivitas- aktivitas yang di perankan oleh Marthin Indey, teruama dalam memperjuangkan Irian Barat agar kembali kepangkuan wilayah Negara kesatuan Republik Indonesia. Peran- peran Marthin Indey dalam arus sejarah jauh telah dimulai sebelum Indonesia merdeka, dimana telah menenjukkan identitasnya bahwa ia adalah putra bangsa Indonesia. Hal ini terlihat dari aktivitas- aktivitas yang dilakukan oleh Marthin Indey bersama teman- teman dan murid- murid khusus sekolah bestuur, yang menunjukkan dirinya adalah aktivitas pejuang yang militant.

Disini Marthin Indey berperan sebagai penanggung jawab dalam rencana pemberontakan yang menjadi sasaran pemberontakan adalah melucuti senjata tentara KNIL, yang menangkap pembesar- pembesar Belanda, menduduki stasiun radio dan tempat vital lainnya. Dalam perkembangan selanjutnya pengurus Indonesia Merdeka beralih kepada putra asli Irian dengan Marthin indey sebagai ketuanya.

Pada tanggal 7 Januari 1947, Marthin Indey berangkat ke Ambon guna memperjuangkan daerah Irian Barat. Berbagai hal antara lain dipenjara oleh pemerintah Belanda. Selain itu, saat mengetahui bahwa Belanda mengingkari perjanjian KMB,  Marthin Indey marah dan ia mengadakan kontak dengan tokoh- tokoh yang mengadakan gerakan bawah tanah bersama kawan- kawan yang menyusun kekuatan di Irian barat sambil menunggu kedatangan tentara TNI/ RPKAD dalam rangka TRIKORA.  Dalam kesempatan ini Marthin telah menyelamatkan 9 pasukan RPKAD yang terkepung oleh pasukan Belanda dalam pendaratanya di tanah merah dengan melindungi pasukan RPKAD dihutan Soboran Dosai.  Akhirnya persetujuan antara RI dengan UNTEA, maka ke 9 orang tersenut dikembalikan ke Jakarta dalam keadaan selamat, namun pasukan Belanda ternyata mempertahankan wilayah Irian Barat. Akhirnya Marthin menampung sekitar 400 orang dari Gobran Dosai dengan mengadakan penjagaan ketat, pernjagaan didatangkan dari Kotabaru dan Santani.

Selain itu Perjuangan secara diplomasi juga dilakukan oleh Marthin Indey. Pada bulan Desember 1962 bersama E.Y Bonay ia berabgkat ke New york untuk berjuang di PBB, agar periode UNTEA di Irian diperpendek dan segera memasukkan wilayah Irian kedalam RI. Kiprah Marthin indey dilibatkan dalam pembangunan material dan spritul rakyat Irian Barat, khususnya Kotabaru.  Selama 2 tahun dari 1 agustus 1963 sampai agustus 1965 Marthin Indey menjadi residen Kotobaru dan menjadi pembantu gubernur untuk wilayah kotobaru. Selain itu Marthin aktif juga senagai wakil rakyat yaitu sebagai anggota MPRS dengan mengikuti sidang di Jakarta maupun di Bandung dalam rangka dasawarsa.

  1. Penutup

Bumi Irian dengan keindahan alamnya  keragaman budaya telah melahirkan tokoh perjuang kemerdekaan. Antara lain Marthin Indey untuk menghadapi penjajah.Nasionalisme di Irian Barattidak terlepas dari kondisi alamdan kondisi politik yang diciptakan Belanda pada saat itu. Kondisi alam yang ganas menyebabkan Marthin ingin keluar dari keterbelakangan dengan menuntut ilmu yang dibawa oleh misionaris agama. Kondisi politik pada waktu mendukung adalah karena Tanah Merah( Irian Barat) digunakan sebagai tempat pembuangan.

Nasionalis dari pulau Jawa antara lain Sugara, Supapto, bahkan Soekarno pernah dibuang ke Digul. Dari para tawanan politik inilah para pejuang Irian Barat belajar tentang organisasi dan diplomasi..Marthin Indey dalam perjuangannya banyak dipengaruhi oleh para digulis tersebut.

Perjalanan hidup Marthin Indey sebagai anak manusia sudah lah berakhi, karena tokoh pahlawan Indonesia ini telah dipanggil oleh sang pencipta. Marthin indey meninggal dunia pada hari Kamis17 juli 1996 di rumah sakit umum Jayapura. Karena menderita,sakit dan dimakamkan di taman makam pahlawan woena Jayapura pada hari sabtu tanggal 19 Juli 1996. Namun marthin Indey telah meninggal namanya tetap dikenang dan hidup sepanjang sejarah.

Penghargaan yang diberikan kepada Marthin Indey adalah pantas dan tepat. Karena sebagian masa hidupnya telah diarahkan baik tenaga maupun pikiran untuk nusa dan bangsa. Perjuangaan Marthin secara organisasi di mulaidengan pendirian KIM ( komite Indonesia Merdeka) dan PKII ( Partai Kemerdekaan Indonesia Irian). Tujuan dari organisasi ini adalah untuk menggalang rakyat irian Barat untuk kemerdekaan Indonesia. Selain itu juga Marthin  telah sukses dalam perjanjian KMB( Konferensi Meja Bundar) atas pengembalian Irian Barat secara menyeluruh tahun 1962 melalui perang.

Untuk mengenang perjuangan Marthin pada saat ini adalah di Sentari, Irian jaya telah berdiri lapangan terbang Marthin indey. Agar orang- orang melihatnya ingat akan jasa- jasanya.

Demikianlah sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia adalah sesuatu yang hidup dari masa kemasa semuanya dapat menjadi cerminan bagi generasi yang akan datang.

 

Sumber:

Onnie Lumintang. 1997. Biografi pahlawan nasional Marthin indey. Jakarta: proyek      inventarisasi dan dokumentasi sejarah DIRJENDEPDIKBUD.

R.P Soekandarno. 1993. Biografi Pahlawan nasional Indonesia .Jakarta: Tim Pendata

Drs. Soemarsono.1993. Biografi pahlawan Nasional Indonesia.Jakarta: tim peneliti

 

 

https://i0.wp.com/www.sejarah-indonesia.com/wp-content/uploads/2017/04/download-3.jpg?fit=188%2C262https://i0.wp.com/www.sejarah-indonesia.com/wp-content/uploads/2017/04/download-3.jpg?resize=150%2C150almuksiUMUMKNIL,marthin indey,pahlawan,pahlawan dari paua,pahlawan indonesia,pahlawan papuaRiwayat Sinkat Marthin Indey Marthin Indey lahir di kampung Doromena, dikaki pegunungan Cycloop, Jayapura pada tanggal 12 Maret 1912.  Ia adalah seorang putra dari ondoafi bernama Indey, nama sebenarnya adalah Soroway Indey, namun ia mendapat nama baptis “ Marthin” dan lebih dikenal dengan nama Marthin Indey. Johorus...situs sejarah terlengkap di indonesia