Partai komunis indonesia

Latar belakang berdirinya partai komunis indonesia.Benih-benih komunisme di indonesia sudah ada sejak zaman belanda menjajah indonesia. Komunisme yang di dasari pemikiran Marxisme sudah masuk ke indonesi sebelum Perang Dunia I. Paham ini di bawa oleh pemin buruh Belanda ysng bernama H.J.F.M Sneevliet.  Sneevliet bekerja di sebuah surat kabar  sebagai staf redak di surat kabar Soerabajash Handelsblad pada tahun 1913. Kemudian ia di pindah kerjakan menjadi sekretaris  semarange Handelsverenigin . Keadaan ini tentung menguntungkannya karena di semarang merupakan pusat Vereneging Van Spoor En Tramweg Personel (VSTP). VSTP merupakan serikat pekerja tertua di indonesia.

partai komunis indonesia Sneevliet berhasil menbawa VSTP ke arah yang lebih radikal dalam hal perjuangannya. Setahun setelah snevliet di semarang berdiri  ISDV (Indies Social Democratische Verneging). ISDV berdiri pada tanggal 9 mei 1914. Organisai ini didirikan oleh H.J.F.M Snevliet ,Brandsteder,H.W Dekker dan P.Bergsma. Namun IDSV lambat berkembang, Hal ini di sebabkan tidak mengakarnya organisasi ini di tengan masyarakat indonesia. Kemudian para petinggi dari organisasi ISDV merupakan orang Belanda sulit untuk mengembangkan paham di masyarakat pribumi. Setahun kemudian kerjasama di bubarkan. Hal ini di sebabkan tidak tercapainya target perkembangan organisasi.

Karena sulitnya untuk berkembang maka mereka harus bergabung dengan organisasi yang lebih besar. Target organisasi yang akan di masuki yaitu Serikat Islam. Alasanya karena Serikat islam merupakan organisasi yang sangat besar waktu itu. Snevliet dan kader-kader ISDV berhasil menyusup ke dalam tubuh Serikat Islam (SI). Cara infiltrasinya yaitu dengan memasukkan kader-kader potensial  kedalam Serikat Islam dan Sebalinya memasukkan angota Serikat islam yang berhasil mereka pengaruhi kedalam ISDV.

ISDV Dalam waktu singkat pengaruh Snevliet dan kawan-kawan memiliki pengaruh pada kalangan anggota Serikat Islam.  Keadaan ekonomi dan kesejahteraan buruk di jadikan momentum Komunis untuk menperkuat pengaruhnya di kalangan Serikat Islam. Keberhasilan Komunis (ISDV) dalam infiltrasi kedalam Serikat Islam di sebabkan Hal berikut:

  • Organisasi pusat Serikat islam lemah dalam kordinasi ke daerah. Hal ini menyebabkan Serikat Islam di daerah bertindak sendiri .
  • Adanya aturan satu orang menjadi anggota di dua partai berbeda.

Langkah berikutnya yang di lakukan komunis yaitu menempatkan kader terbaiknya di jabatan-jabatan strategis di Serikat islam. Di antaranya Semaun dan Darsono. Semaun pindah ke wilayah semarang dan menperkuat pengaruhnya di semarang. Pengaruhnya sangat kuat di semarang hal ini terbukti  1700 anggota Serikat Islam pada tahun 1916 naik menjadi 20.00 setelah setahun kemudian.

Karena oreantasi dari Semaun adalah marxis (komunis) yang di pengaruhi pemikiran ISDV maka sering terjadi pertentangan antara Serikat islam cabang semarang dengan serikat islam pusat.Serikat islam pusat waktu itu di pinpin oleh HOS Cokroaminoto. Serangan yang dilancarkan oleh semaun dan pendukungnya kepada belanda . Sama kerasnya dengan serangan yang di lontarkan kepada serikat islam pusat.Karena seringnya terjadi pertentangan maka Serikat Islam memutudkan Hubungan dengan ISDV pada kongres 1917.

Kemenangan kaum bolsyifik di rusia yang berhasil mendirikan negara komunis pertama di dunia. Kemenagan ini menjadi energi baru bagi kaum komunis di indonesia. ISDV segera menghimpun kekuatan untuk  melakukan revolusi . Dalam upayanya itu berhasil mengumpulkan 3000 serdadu dan pelaut belanda dalam waktu tiga bulan.  Mereka segera melakukan demontrasi- demontrasi dalam rangka revolusi . Sehingga menyebabkan benrok dengan polisi belanda.  Organisasi pergerakan nasional yang lain seperti Boedi Utomo, Insulinde dan Serikat Islam mendesak pemerintah kolonial untuk mengganti Volstraad (sejenis dewan perwakilan rakyat) dengan parlemen pilihan rakyat.

Usaha pemerintah kolonial untuk meredam demontrasi-demontrasi yang di lakukan oleh kaum komunis. Pemerintah kolonial dengan menjanjikan perubahan yang luas dan  mendasar . Setelah demontrasi mereda pemerintah kolonial di bawah gubenur jendral Van Limburg Stirum . Para tentara yang terlibat dalam demontrasi di hukum berat,pegawai di mutasikan dan Snevleit di Usir. Sementara tokoh komunis indonesia seperti Darsono,Abdul Muis dan para pinpinan lainnya di penjara. Kegagalan ini menbuat para anggota ISDV mengalami kemunduran mental.Peristiwa di atas menbuat peranan tokoh komunis dari orang belanda berkurang. Muncullah tokoh-tokoh muda baru  dari golongan pribumi. Seperti Semaun dan lain-lain.

Di dalam tubuh serikat islam sendiri posisi Semaun Dan Darsono Semakin mendapatkan posisi penting. Pada kongres serikat islam di tahun1918 Darsono di angkat menjadi Propagandis utama  serikat islam.Sementara Semaun di angkat menjadi Komisaris Serikat Islam di jawa tangah. Dengan posisi ini Semaun dan Darsono dapat memperbanyak perngaruhnya di Serikat islam.

BERDIRINYA PARTAI KOMUNIS INDONESIA

Pada saat Sociaal democratische Arbeidaersparty (SDAP) Di belanda mengganti namanya menjadi Partai Komunis Belanda. Maka para pengikut komunis di indonesia mengikuti jejak Komunis di belanda. Pada tanggal 23 mei 1920 mengubah namanya menjadi Partai Komunis Hindia (PKH).  Kemudian dirubah menjadi partai komunis indonesia (PKI). Semaun diankat sebagai ketua dan darsono sebagai wakil ketua.sedangkan sekretaris dan bendahara di pegan oleh Bergsma dan Dekker.

Infiltrasi yang di lakukan oleh komunis ke tubuh serikat islam menbuat terpecah menjadi dua Golongan besar. Golongan kiri dan Golongan kanan. Diantar peminpin Golongan  kiri  yaitu Semaun ,Alimin dan Darsono. Sedangkan Serikat islam putih yaitu Abdul Muis , Agus Salim dan Suryopranoto. Golongan kiri kemudian mendirikan Revolution Vak Center (RVC) yang bertempat di semarang.

Pertentangan semakin keras pada kongres Serikat Islam tanggal 16-10 oktober 1921. Haji agus Salim dan Abdul Muis mendesak agar di tetapka aturan kedisiplina angata Serikat islam. Dimana melarang keanggotaan rankap.Namun usul ini mendapat pertentangan dari golongan kiri, Tan Malaka meminta aturan ini di kecualikan untuk Partai komunis Indonesia. Karena sejak awal Islam dan komunis telang berjuang bersama-sama. Akhirnya disiplin partai di tetapkan dengan suara terbanyak. Golongan putih Berhasil memenangkang suara Mayoritas.

Pada tahun 1922 golongan kiri serikat islam  dan partai komunis indonesia melakukan mogok besar-besaran. Karena melakukan pemogokan para peminpin aksi di tangkap oleh pemerintah kolonia belanda dan di asingkan.Diantara yang di tangkap yaitu Darsono,Tan Malaka dan Bersgma.

Kembalinya Semaun ke partai komunis indonesia

Kembalinya semaun dari pengasingan menberi energi baru bagi partai komunis indonesia. Setelah para peminpin sebelumnya di tangkap belanda. Semaun langsug mengambil alih (PKI) partai komunis indonesia. Setelah berhasil meminpin PKI Semaun menperbaiki hubungan antara PKI dengan Serikat Islam. Namun upaya ini mengalami kegagalan. H.O.S cokroaminoto pada kongren SI di madium menpertegas  ketentuan tentang  disiplin partai. Di mana tidak boleh rangkap partai.

partai komunis indonesia Karena usulan  partai komunis indonesia tidak di terima oleh serikat islam. Partai komunis indonesia menggerakkan anggotanya untuk menbentuk Serikat islam tandingan. Pada kongres partai komunis indonesia  pada bulan maret 1923 di putuskan menbuat Serikat islam Merah di setiap cabang serikat islam Putih. Inin dilakukan untuk menyaingi serikat islam putih. Untuk menbedakan dengan serikat islam partai komunis indonesia merubah nama SI Merah menjadi Serikat rakyat. Namun Serikat Rakyat masih di bawah kendali Partai komunis Indonesia.

Semenjak saat itu partai komunis indonesia tumbuh menjadi besar dan masa yang sangat banyak.Namu dalam hal organisasi inti jumlahnya sangat kecil . Sehingga kontrol terhadap anggotanya menjadi rendah. Hal ini mengakibatkan banyak partai komunis indonesia yang bergerak sendiri-sendiri. Mereka melakukan teror pada tahun 1924 M. Sehingga  memunculkan gerakan anti komunis di kalangan umat islam dan reaksi keras dari pihak pemerintah kolonial belanda.

Pada kongres Partai komunis indonesia  di kota Gede yogyakarta pada bulan desember 1924 Serekat rakya melebur kedalam Partai komunis Indonesia.Karena merasa sudah kuat partai komunis indonesia melakukan pemberontakan pada tanggal 13 November 1926.Walaupun pemberontakan ini tidak di setujui oleh semua pinpinan partai komunis indonesia. Salah satunya Tan Malaka dan beberapa cabang PKI.  Pemberontakan  terjadi  di batavia,jawa tengah dan jawa timur. Namu hannya seminggu semua pemberontakan di pulau jawa di padamkan oleh pemerintah kolonial belanda. Sementara itu di Sumatra  pemberontakan partai komunis indonesia meletus pada tanggal 1 Januari 1927,Tapi dalam waktu tiga hari dapat di tumpas.

Akibat dari pemberontakan ini Puluhan ribu anggota Partai kounis indonesia di penjarakan.Sebagian lainnya di buang ke Tanah merah  Di papua. Akibat pemberontakan Partai komunis ini .Organisasi pergerakan nasional lainnya mendapat penindasan dan tidak dapat menjalankan organisasinya sebagai mana mestinya.

Datangnya Tokoh partai komunis indonesia Muso

Setelah kegagalan partai komunis indonesia ,Hampir tidak ada lagi kegiatan partai komunis indonesia. Sepuluh tahun berselang Komintren yang berpusat di Rusia mengirimkan Tokoh komunis ke indonesia. Tokoh tersebut Adalah Muso. Ia mendarat di Surabaya pada bulan April 1935 . Berkat bantuan Joko Sujono,Pamuji dan Ahmad Sumadi , Muso berhasil mendirikan organisasi partai komunis indonesia ilegal. Muso berharap manpu menbagun kembali partai komunis indonesia dengan menerapkan dokri baru yang bernama “Dokrin Demitrov”. Demitrov adalah seorang sekretaris jendral Komintren 1935-1945.

partai komunis indonesia Dalam dokri Demitrov Komunis harus berkerja sama dengan ,asalkan menghadapi kaun Fasis. Dengan dokri ini Muso dan kawan-kawan berharap akan bisa melunakkan sikap Kolonial belanda,Namun hal itu tidak terjadi  Bahkan sampai kedatangan Jepang ke Indonesia.Karena komunis sulit berkembang lagi di indonesia waktu itu. Maka Muso memilih kembali kerusi tahun1936. Setelah muso meninggalkan indonesia Kegiatan kamunis indonesia di salukan melalui Gerindo (Gerakan Rakyat Indonesia). Tokoh utamanya yaitu Amir Syarifudin.

Pada masa jepang partai komunis indonesia tidak ada kegiatan sama sekali demikian juga organisasi yang lain.pada masa jepang hannya organisasi bentukan jepang yang jepang yang boleh berkegiatan. Seperti Potera ,gerakan Tiga A, Pemuda pembela tana air dan lain-lain bisa di baca selengkapnya disini

Partai komunis indonesi setelah indonesia merdeka

Partai komunis indonesia kembali tumbuh subur setelah indonesia merdeka. Para anggota partai komunis indonesia ikut ambil bagiang dalam perang kemerdekaan indonesia,sehingga banyak kelompok bersenjata di bawah pengaruh partai komunis indonesia. Kemengan rusia pada perang dunia ke 2 menjadi batu loncatan perkembangan partai komunis indonesia.

Para tokoh Partai komunis Indonesia seperti muso datang kembali ke indonesi,sementara tokoh-tkoh komunis lainnya yang di tahan oleh belanda juga sudah bebas.Para petinggi komunis indonesia segera menperbaiki politik biro dan aktif melakukan perekrutan anggota.

Pemberontakan partai komunis indonesia di Madiun 1948

            Pemberontakan partai kounis indonesia di madiun di latar belakangi oleh penanda tanganan perjanjian Renville antara pemerintah indonesia dan belanda. Perjanjian renville di anggap sangat merugikan pihak indonesia. Karena belanda berhasil mendapatkan wilayah yang di kuasainya pada saat agresi militer kedua. Sehingga menyebabkan wilayah kekuasaan indonesia semakin sempit. Di tambah adanya kedsepakatan menarik pejuang indonesia di garis depan pertempuran yang masuk wilayah belanda menurut perjajian ranville.

            Biro angkatan dan kelompok bersenjata banyak yang menolak perjanjian ini. Semua Unit gerilya dan milisi di  di bawah PKI diperintahkan untuk membubarkan diri. Sementara partai komunis indonesia dimadiun tidak mengikuti perintah dari pemerintah pusat. Partai komunis juga melakukan aksi-aksinya antara lain :

  1. Melancarkan propaganda anti pemerintah republik indonesia.
  2. Mengadakan pemogokan-pemogokan kerja di berbagai perusahaan

Melakukan pembunuhan,penculikan serta penyiksaan terhadap ulama,pejabat pemerintah yang di di anggap bertentangan dengan komunis di berbagai daerah.

         pada tanggal 18 September 1948. Partai komunis indonesia dengan ketua  Muso dan Amir Syarifuddin melancarkan pemberontakan terhadap pemerintah indonesia. Mereka memusatkan pemberontakannya di madiun. Mereka menproklamerkan Negara Rapublik Soviet Indonesia. Dengan susuna pemerintahan sebagai berikut:

Kepala Negara : Muso

Kepala Pemerintahan : Amir Syarifuddin.

Panglima Angkatan Perang : Kol. Joko Suyono.

 

Tujuan dari pemberontakan ini yaitu merubah ideologi negara menjadi komunis.  Presiden Soekarno dan M.Hatta sangat menyayangkan pemberontakan PKI di Madiun. Untuk menupas pemberontakan di amdiun Pemerintah segera melancarkan operasi pengahncuran.Panglima Jendral Soedirman kemudian memerintah Kolonel Gatot Subroto sebagai Gubernur Jawa Tengah dan Kolonel Sungkono Gubernur Militer Jawa Timur  memimpin dan menggerakkan pasukan untuk menumpas PKI di Madiun dan sekitarnya.operasi ini berhasil menupas Partai komunid di madiun , banyak anggota PKI yang di tangkap. Sedang Muso berhasil di bunuh dalam penyerangan di ponorogo. Dan amir syarifudin di tangkap di purwodadi.

Partai komunis indonesia bangkit kembali

Pada tahun 1950 an Partai komunis indonesia kembali melanjutkan propagannya melalui surat Kabar Harian Rakyat dan Surat kabar Bintang Merah. Partai kounis indonesia waktu itu di pinpin oleh DN Aidit. D.N aidit mengambil posisi sebagai partai nasionalis dan mendukung penuh pemerintahan Soekarno

Denga kebijkannya yang anti penjajah,serta anti barat.Dn aidit di bantu oleh beberapa peminpin muda progresif seperti njoto,sudiman,lukman dan sakirman. Mereka berhasil menbangun partai komunis lagi menjadi lebih besar dan ikut serta dalam pemilu 1955.

dn aidit   Pada pemilu 1955 Partai komunis indonesia menperoleh suara 16 % dari total suara pemilu. Dan enperoleh 39 kursi di parlemen dan 80 kursi di kontituante . sehingga menempatkan partai komunis indonesia di deretan partai besar bersama PNI  dan Masyumi

Sekitar tahun 1958 banyak terjadi pemberontakan di daerah seperti sulawesi dan prri di sumatra. Pemberontakan ini terjadi dalam upaya mengingatkan pemerintah agar menjalankan politik bebas aktif sesuai amanat UUD 1945.Karena waktu itu soekarno lebih condong ke negara-negar komunis seperti rusia,cina dan vietnam. Namun soekarno tak bergeming dan memilih mengunakan angkat bersenjata untuk menhabisi pemberontakan. Hal ini di dukung penuh oleh partai komunis indonesia.Akhirnya semua pemberontakan berhasil di padamkan.Hal ini menambah kuat posisi partai komunis indonesia di pemerintahan Soekarno.

Pada tahun 1959 soekarno menghadiri Kogres partai komunis indonesia. Soekarno dlam sambutannya menberikan angin segar bagi komunisme. Soekarno melancarkan slogan nasakom (Nasionalis,agamis dan komunis). Dengan demikian komunis sudh menjadi bagiang tak terpisahkan dari negara.

Pada tahun 1960 an muncul gagasan inggris untuk menyatukan daerah jajahannya diasia tenggara yaitu penyatuan sabah dan serawak menjadi bagian dari negara malaisia. Soekarno melihat ini sebagai bagian dari perpanjangan tangan inggris di asia tenggara. Soekarno menetang gagasan tersebut. Gagasan soearn ini di dukung penuh oleh partai komunis indonesia.

            Peristiwa ini lebih di kenal dengan istilah konfrontasi gayang malaysia

            Baca selengkapnya disini

Dukungan untuk partai komunis indonesia semakin meinggkat jhal ini di buktikan dengan adanya 3 juta anggota komunis di indonesia pada tahun 1965. Ini menjadikan partai komunis indonesia partai komunis terbesar di dunia di luar Uni Soviet.Ada yang menperkirakan waktu itu ada seperlima peduduk indonesia merupakan anggota Partai komunis indonesia.dengan kekuatan dan kedekatannya dengan presiden soekarno Partai komunis indonesia mengusulkan adanya angkatan kelima (buruh dan petani yang di persenjatai). Tujuanya adalah untuk memenagkang konfrontasi dengan malaisia. Namun TNI menolak usul tersebut karena dianggap menbahyakan keamanan negara dan memunkinkan komunis untuk melakukan penyelewengan.akhirnya terjadi friksi yang tajam antar TNI kusunya angkata darat dan partai komunis indonesia serta kaum agamis di sisi lain.

 Pemberontakan G30SPKI

Soekarno sebagai presiden indonesia berusaha menjaga keseimbangan antara komuni,kaun agamis dan nasionlis. Pergerakan organisasi komunis semakin menguat hal ini tentu menbuat khawatir dari kalangan agamis,militer dan nasionalis.Pada desember 1964 salah seorang tokoh partai Murba pinpina Tan Malaka mengatakan bahwa Partai komunis indonesia sedang menyiapkan kudeta. Partai komunis indonesi mendesak Soekarno agar menbubarkan partai murba. Tuntutan ini akhirnya diterima oleh soekarno dengan pertimbangan keberhasilan konfrontasi dengan malaisia.

Partai komunis indonesia meyerukan supaya rakyat di persenjatai dalam upaya konfrontasi. Namun soekarno tak menberi lampu hijau karena di tentang oleh angkatan darat. Namun sepertiya soekarno setengah hati. Di  bulan Juli sekitar 2000 anggota PKI sudah menggelar pelatihan militer di dekat pangkalan udara Halim dengan konsep ‘mempersenjatai rakyat’. Kegiatan ini sepertinya di dukung oleh angkatan udara dan angkatan laut.

Pada 8 september pki melakukan demontarasi di depan kantor konsulat amerika yang berada di surabaya. Dan melakukan pengepungan selam 2 hari. Inflansi yang tinggi menyebabkan demo PKI di mana-mana.Pada tanggal 30 spetember partai komunis indonesia melakukan demontrasi di jakarta.

Dalam situasi negara yang kurang kondusif para pimpinan partai komunis indonesia mendapat kabar soekarno mengalami sakit parah dan sulit untuk di selamatkan. Berita itu mereka dapatkan dari tim dokter dari cina yang kusus di datangkan untuk memeriksa kesehatan bung karno.Situasi ini tentu tidak menguntungkan, Karena pada tanggal 5 oktober akan adaparade militer dalam rangka ulang tahun TNI. Para peminpin Partai komunis indonesia melihat momen itu akan di manfaatkan oleh para petinggi angkatan darat dalam rangka mengkudeta presiden soekarno.Para petinggi angkatan darat di anggap serig mengagalkan upaya komunis terutama soal angkatan kelima.

Dalam situasi yang tak menentu Partai komunis indonesia bergerak cepat. Pada malam 30 September dan 1 Oktober 1965,  enam jenderal senior Indonesia dibunuh dan mayatnya di buang kedalam Sumur tua di lubang buaya. Namun Jendral Nasution berhasil melarikan diri dari upaya pembunuhan partai komunis indonesia.para pembunuh jendarl angkatan darat tersebut esok harinya harinya. bahwa Dewan Revolusi baru telah merebut kekuasaan, yang menyebut diri mereka “gerakan 30 september (“G30S”).

      akhir dari partai komunis indonesia

Kolonel soeharto mengambil alih pucuk pinpinan militer mengagalkan kudeta  dan di bantu oleh jendral nasution sebagai penasehat (jendral nasution sedang mengalami luka tembak waktu itu). Para tentara dan para peminpin partai yang bersebrangan dengan PKI langsung menpropagandakan PKI sebagai pelaku kudeta. Soehato menghimpun upaya mengagalkan kudeta dan mengahbisi pengikut partai komunis indonesia. Sehingga banyak korban yang berjatuhan. Pada tanggal 2 okber pusat komando kudeta di halim perdana kusuma berhasil di kuasai militer. Dengan demikian gagallah kudeta komunis indonesia.

Langkah selanjutnya yaitu mencari dan menangkap anggota partai komunis indonesia yang terlibat maupun yang tidak terlibat dalam kudeta. Karena situasi yang tidak kondusif Presiden soekarno menberikan mandat kepada soeharto untuk meakukan segala upaya demi menjaga keamanan dan ketertiban.mandat itu di kenal dengan surat perintah 11 maret.Oleh karena jasa besarnya soeharto di angkat menjadi presiden  pada tahun 1968. Semnjak pemerintahan orde baru paham komunis di tetapkan sebagai paham terlarang di indonesia.

sekian artikel pendek  saya tentang partai komunisme di indonesia. Saya menyediakan dalam bentuk PDF bisa di unduh disini

https://i1.wp.com/www.sejarah-indonesia.com/wp-content/uploads/2017/05/partai-komunis-indonesia.jpg?fit=278%2C202https://i1.wp.com/www.sejarah-indonesia.com/wp-content/uploads/2017/05/partai-komunis-indonesia.jpg?resize=150%2C150almuksiINDONESIApartai komunis indonesia,pemberontakan pki di madiun,sejarah indonesia,serikat islam merah,Serikat rakyat Partai komunis indonesia Latar belakang berdirinya partai komunis indonesia.Benih-benih komunisme di indonesia sudah ada sejak zaman belanda menjajah indonesia. Komunisme yang di dasari pemikiran Marxisme sudah masuk ke indonesi sebelum Perang Dunia I. Paham ini di bawa oleh pemin buruh Belanda ysng bernama H.J.F.M Sneevliet.  Sneevliet bekerja di sebuah surat...situs sejarah terlengkap di indonesia