Pengaruh Revolusi Prancis,Amerika, dan Rusia terhadap Perkembangan Pergerakan Nasional Indonesia

  1. Pengaruh Revolusi Prancis

revolusi prancis

Revolusi Prancis merupakan sebuah gerakan revolusi yang mempunyai semboyan liberte, egalite, dan fraternite. Dalam bahasa indonesia liberte artinya kebebasan, Egality artinya Keadilan dan fruternity artinya persamaan. Semboyan liberty menberikan dorongan dalam menciptakan kebebasan. Kebebasan tersebut mencakup kebebasan berpendapat,hidup dan menentukan pilihan.

Semboyan Egality mendorong dalam hal persamaan di mata hukum,Setiap warga negara sama di mata hukum. Kemudian fruternity mendorong manusia dalam memandang derajat manusia sama, Antara orang kaya dengan orang miskin,pejabat dan rakyat biasa dan lain-lain.

Ketiga semboyan tersbut telah mendorong lahirnya nasionalisme. “Nasionalisme artiny rasa cinta tanah air”. Karena penjajahan, dan perbudakan yang terjadi di negara- negara eropa dan negara lain. Telah mendorong keinginan untuk melepaskan diri dari penjajahan karena tidak adanya azas keadilan, persamaan dan kebebasan dalam kehidupan masarakat.

Ketiga semboyan revolusi prancis tersebut berkembang ke berbagai penjuru dunia termasuk indonesia. Di indonesia pergerakan nasional mulai tumbuh pada awal abad ke 20 M. Hal ini di dorong oleh muculnya generasi muda yang berpendidikan dan muncunya rasa nasionalisme yang di ilhami dari keberhasilan revolusi prancis.

Dengan di mulainya pergerakan nasional di indonesia pada abad ke 20 merupakan efek domino dari keberhasilan revolusi prancis. Kemudian revolusi prancis mengilhami negara eropa lainnya seperti perlawanan yunani untuk memerdekakan diri dari turki 1821-1829 M. Jerman di bawah pimpinan otto van bismark. Demikian juga halnya dengan belanda. Di belanda akhir abad 19 dan awal abad 20 m. Muncul kelompok liberal yang di ilhami oleh revolusi prancis. Kelompok liberal ini menperjuangkan hak-hak negara jajahan sperti indonesia. Salah satu tokohnya yaitu van de venter.

Berkat perjuangan dari kelompok liberal ini ratu belanda meluncurkan prom politi etis “politik balas jasa”. Melalui politik etis ini tercipta iga program utama mereka di indonesia yaitu edukasi atau pendidikan, irigasi atau pengairan, transmigrasi atau pemerataan penduduk. Berkat politik etis inilah munculnya kesadaran nasional indonesia. Sehingga semakin banyaknya rakyat pribumi indonesia yang mengeyam pendidikan semakin banyak pula muncul pergerakan nasional indonesia.

Salah satu contoh lahirnya budi utomo 1908 M. Organisasi ini di lahirkan oleh sekolah stovia bikinan belanda. Kemudia munculya sumpah pemuda 28 oktober 1928 M . yang menjadi tonggak dasar dalam pergerakan nasional indonesia.Kemudian muncul partai politik seperti pni,Serikat islam, Dan lainya.Walaupun banyak organisasi pergerakan nasional indonesia namun tujuan akhirnya sama yaitu kemerdekaan indonesia.

 

Dari urayan di atas dapat di lihat dengan jelas adanya pengaruh secara tidak langsung revolusi prancis terhadap pergerakan nasional indonesia.

 

 

  1. Pengaruh Revolusi Amerika

Revolusi Amerika
Gambar: Ilustrasi revolusi amerika

Revolusi Amerika merupakan kelanjutan dari keberhasilan revolusi prancis menunbangkan kekuasan otoriter Di Prancis. Revolusi amerika merupakan perlawanan rakyat amerikan terhadap kesewenangan ingris, spanyol dan portugis di amerika. Perlawan ini pimpin sala satunya oleh george wasinton. Revolusi amerika mencapai keberhasilan yang gemilang pada tahun 1776 M. Hal ini di tandai dengan  di Declaration of Independence “deklarasi kemerdekaan amerika”. Deklarasi ini sekaligus menbebaskan amerika dari koloni inggris.

Deklaration of indenpendent menyuarakan adanya hak azazi manusia seperti hak hidup, hak kebebasan, dan hak untuk memiliki. Kebrhasilan amerika dalam mendapatkan kemerdekan telang menggema ke seluruh penjuru dunia. Hal ini karena amerika merupakan negara koloni pertama yang berhasil memisahkan diri dari negara induknya

Keberhailan amerika menjadi power bagi negara yang masih terjajah di seluruh dunia termasuk indonesia. Indonesia waktu itu masih di bawah jajahan Belanda. Dengan demikian Revolusi Amerika telah mendorong munculnya gerakan untuk menentang penjajahan asing di Indonesia. Gerakan yang semula bersifat kedaerahan, kemudian berkembang menjadi gerakan nasGerkan perlawan di indonesia di awali dengan perlawanan yang bersifat kedaerahan.

Seperti perlawan pangerang di ponegoro di jawa, sultang iskandar muda di aceh, Sultan Agung di banten dan banyak daerah lainnya di indonesia. Namun perlawanana kedaerahan ini mengalami kegalaln karena belum adanya upaya penyatuan pergerakan perlawanan secara nasional.  Bercermin kepada Amerika maka indonesia merdeka pada tanggal 17 agustus 1945 sebagai sebuah negara demokrasi.

  1. Pengaruh Revolusi Rusia

 

Revolusi Rusi
Gambar: foto revolusi rusia di bawah stalin

Revolusi Rusia telah menjatuhkan  kekuasaan Tsar Nicholas II yang memerintah secara diktator. Rakyat rusia sangat menderita akibat keditatoran Tsar Nicholas II,Akibat keditatoran tersebut memuculkan perlwanan dari rakyat dalam bentuk revolusi. Perjuangan rakyat menperoleh kebrhasilan dengan tumbangnya tsar Nicholas II dari kekuasaannya. Setelah jatuhnya kaisar rusia kemudian muncul paham-paham  baru di rusia yaitu sosial komunis di bawah pimpinan Stalin.

Paham sosialis komunis ini berkembang pesat di rusia dan menyebar kenegara lain di dunia.. Setelah perang dunia pertama 1914 -1918 M. Terjadi perebutan pengaruh antara demokrasi dan komunis di dunia. Di Mana penganut ideologi tersebut berusaha menpengaruhi negara- negar lain di dunia. Termasuk di indonesia.

Di indonesia paham komunis sudah mulai terlihat di dalam tubuh Partai serikat islam. Sehingga menyebabkan Serikat islam pecah menjadi dua Serikat islam merah Yang beraliran Komunis dan Serikat Islam putih. Dalm perkembangan berdirilah partai komunis pertama di indonesia pada tahun 1914 M. Dengan Nama ISDV “Indische Sociaal Democratische Vereeniging” kemudian merubah namanya menjadi  SDv “ SOCIALIS Democratiche vereeniging. Partai ini di pimpin oleh Snevlit seorang belanda pengagum socialis komunis. Partai ini di bubarkan oleh belanda karena menberontak.

Karena tekanan yang besar oleh belanda maka pada kongres di semarang pada bulan oktober  1920 ISDV di Ganti namnya Menjadi PKI “partai Komunis indonesia” yang di pinpin Semaun Dan darsono sebagai  sekretaris. Pada tahun  1926 PKI melakukan pemberontakan di jawa barat dan sumatra barat. Namun di gagalkan oleh belanda Makanya Mulai tahun 1927 PKI di cap sebagai partai terlarang di indonesia.

Dari urayan di atas dapat kita lihat pengaruh revolusi pranci,amerika dan rusia terhadap pergerakan nasionla di indonesia. Pengaruhnya baik secara langsung maupun tidak.

Catt:Setelang perang dunia Kedua 1941-1945 M.  Di indonesia sebagai sebuah       negara merdeka yang menganut azas demokrasi Bermuculan partai politik baru salah satunya PKI.  Setelah berkembang PkI melakukan Pemberontakan 1948 namun bbgagal kemudia melakukan pemberontakan lagi 1965 yang kita kenal G 30 SPKI “ gerakan  30 september pemberontakan partai komunis indonesia”. Setelah gagal dalam pemberontakan tersebut PKI di Cap sebagi partai terlarang di indonesia.

Dengan demikian, Revolusi Prancis, Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia berpengaruh terhadap munculnya pergerakan nasional Indonesia. Bedanya, jika Revolusi Prancis dan Revolusi Amerika berpengaruh terhadap munculnya organisasi pergerakan nasional yang berpaham nasional dan demokratis. Sebaliknya, Revolusi Rusia berpengaruh terhadap munculnya organisasi pergerakan yang berpaham komunis.

Demikian lah artikel pendek saya tentang Pengaruh Revolusi Prancis,Amerika, dan Rusia terhadap Perkembangan Pergerakan Nasional Indonesia semoga bermanfaat

Pengaruh Revolusi Prancis,Amerika, dan Rusia terhadap Perkembangan Pergerakan Nasional Indonesia

 

https://i1.wp.com/www.sejarah-indonesia.com/wp-content/uploads/2017/03/revolusi-prancis.jpg?fit=210%2C240https://i1.wp.com/www.sejarah-indonesia.com/wp-content/uploads/2017/03/revolusi-prancis.jpg?resize=150%2C150almuksiDUNIAPengaruh Revolusi Prancis,Amerika, dan Rusia terhadap Perkembangan Pergerakan Nasional Indonesia Pengaruh Revolusi Prancis Revolusi Prancis merupakan sebuah gerakan revolusi yang mempunyai semboyan liberte, egalite, dan fraternite. Dalam bahasa indonesia liberte artinya kebebasan, Egality artinya Keadilan dan fruternity artinya persamaan. Semboyan liberty menberikan dorongan dalam menciptakan kebebasan. Kebebasan tersebut mencakup kebebasan...situs sejarah terlengkap di indonesia