PENJAJAHAN INGGRIS DI INDONESIA

penjajahan inggris di indonesia

penjajahan inggris di indonesia tidak bisa di lepaskan dari situasi di eropa. Eropa pada abad ke 15 kesulitan mencari rempah- remah. Hal ini akibat di kuasainya pasar rempah-remaph eropa di eropa oleh turki. Untuk memenuhi kebutuhan akah rempah- rempah negara eropa berupaya mencari negara asalnya rempah- rempah. Keberhasilan Portugis menguasai malaka tahun 1511 menambah hasrat negara- negara eropa untuk berlaya ke timur. Salah satunya indonesia demikian halnya dengan Negara Inggris. Ekpedisi pertama inggris di pipin oleh F. drake  dan berhasil mencapai ternate 1597 M.

Semenjak itu hubungan dagan antara idonesia sudah mulai terjalin.  Keinginan inggris untuk berdagan di indonesia semakin tinngi semenjak terbentuknya EIC  (east indies company), EIC merupakan kongsi dagang inggris yang berpusat di kalkuta india.  Hal ini di di sebabkan untung perdagangan rempah- remah yang besar di tambah indonesia merupakan penghasil rempah-rempah.

EIC east indies company
Gambar : Logo EIC

Ekpedisi kedua EIC  Mendarat di banten tahun 1602 M. Mereka di terima baik oleh penguasa banten waktu itu. Sehingga EIC berhasil mendirikan perwakilan daganya di Banten. Tahun- tahun berikutnya hubungan dagang inggri di indonesia semakin meningka. Hal ini bisa di lihat semakin banyaknya loji inggri yang di tempatkan di berbagai daerah di indonesia. Antara lain:

  1. Tahun 1604 inggris berhasil mengadakan hubungan dagang di maluku
  2. Tahun 1609 inggris menjalin hubungan dagan dan mendirikan loji di Sukadana Kalimantan
  3. Tahun 16 13 inggris menjalin hubungan dagang dengan Makasas (Kerajaan Gowa)
  4. Tahu 1614 inggris mendirikan loji di batavia (jakarta sekarang)

 

Dalam usaha inggris menanamkan pengaruh dagannya di indonesia mendapat perlawanan dari negara eropa lainnya seperti belanda,portugis dan lainnya. Sehingga sering terjadi pertempuran antara inggris dengan negara- negara tersebut. Misalnya peritiwa messaecre di ambon, Perang ternate dan peristiwa lainnya.

Setelah peristiwa tersebut inggis memilih mundur ke malaya (Malaysia Sekarang) dang daerah sekitarnya seperti brunai darussalam dan singapura.Inggris mengembangkan perdagangannya di daerah tersebut hingga akhirnya menguasai dalm arti menjajah malaysia, singapura dan brunai. Penjajahan ini berlangsung sangat lama sampai 1960-an di tandai dengan berdirinya federasi malaysia. Namun pengaruh inggris di negara tersebut masih bisa di rasakan sampai sekarang.

Penjajahan inggris di indonesia

Penjajahan inggris di indonesia berawal dari penyerangan inggri terhadap pulau jawa dan menyebabkan kekalahan belanda. Perperangan ini di akhiri dengan perjanjian “kapitulasi tuntang” pada tanggal 18 september 1811. Perjanjian ini di tanda tangani oleh S.Auchmuty di piha inggris dan Janssens di pihak belanda. Berikut isi perjanjian kapitulasi tuntang:

  • Jawa dan daerah di sekitarnya di serahkan kepada inggris
  • Semua tentara belanda yang ada di indonesia menjadi tawanan inggris
  • Pegawai belanda yang mau bekerja dengan inggris boleh bekerja
  • Semua hutang belanda sebelumnya, tidak menjadi tanggungan inggris

 

Setelah kemenangan inggri terhadap belanda di jawa inggris berkuasa penuh atas wilayah jajahan belanda. Untuk menjalankan roda pemerintahannya di indonesia , Lord minto mengankat Thomas stanford Raffles  sebagai wakil gubernur jendralnya. Artinya  Stanford raffles merupakan perwakilan inggris yang berpusat di calcuta india.  Lord minto merupakan raja muda inggris yang berkedudukan di india.perannya adalah sebagai gubenur jendral EIC. Dalam kenyataannya Thomas Standford Raffles berkuasa penuh di indonesia.

  1. Kebijakan –kebijakan Raffles Thomas .S raffles Di Indonesia

Selama pemerintahannya di indonesia raffles banyak sekali mengeluarkan kebijakan-kebijakan di indonesia. Dalam pengambilan kebijakan ia di bantu oleh sebuah bada penasehat ( Advisori Counsil) yang terdiri dari Gillespie,Cranssen dan Muntinghe. Di antara kebijakannya yaitu:

  1. Bidang birokrasi pemerintahan
  • Menbagi pulau jawa menjadi 16 keresidenan yang terdiri dari beberapa district dan setiap district terdiri dari beberapa kecamatan serta setiap kecamata terdiri dari beberapa desa
  • Aparatur pemerintahannya disi oleh pegawai pemerintah tidak lagi peguasa pribumi seperti zaman belanda.
  • Penguasa pribumi di lepaskan dari kedudukannya secara turu temurun dan di angkat menjadi pegawai pemerintah kolonial di bawah pengawasan langsung
  1. Bisang Ekonomi Dan Keuangan
  • Petani di beri kebebasan menanam tanaman ekport sedangkan pemeritah menyediakan pasar dan menberi rangsangan kepada petani untuk menanam tanaman ekport yang menguntungkan. Berbeda dengan sitem tanam paksa belanda (culture stelsel)
  • Penghaspusan pajak hasil bumi dan sistem penyerahan wajib. Karena menurangi daya beli rakyat.
  • Menetapkan Sitem Sewa tanah. Asumsinya tanah adalah milik pemerintah dan msarakat wajib menyewanya kepada Pemerintah
  • Pemungutn pajak di lakukan perdesa. Sebelumnya di lakukan per individu masyarakat
  1. Bidang hukum
  • Hukum di dasarkan kepala jenis pelanggaran yang di lakukan oleh masyarakat tidak memanda ras,warna kulit dan kedudukan. Berbeda dengan belanda yang menbagi clas sosial masyarakat indonesia menjadi empat: eropa,arab dan cina, priayi dan masyarakat pribumi.
  1. Bidang sosial
  • Pengahpusan kerja paksa (Kerja Rodi)
  • Penghapusan perbudakan
  • Penghapusan hukuman Pynbang (hukuman melawan harimau)
  1. Bidang Ilmu Pengetahuan
  • Penulisan buku Hitory Of Java (Sejarah jawa) yang menjadi salah satu rujukan Sejarah jawa sampai saat ini.
  • Menberikan batuan kepada residen jogjakarta dalam penelitian history of the indian archipilago karangan Jhon Crawfurd.
  • Menbantu pengembangan ilmu pengetahuan
  • Di temukannya bunga Raflesia Arnoldi
  • Perintisan dan pembuatan Kebun raya bogor

Kekuasaan Thomas Stanford Raffles tidak berlangsung lama di indonesia. Ia memeintah selama lebih kurang lima tahun. Hal ini di akibatkan Oleh adanya perjanjian antara inggris dengan belanda. Perjajian ini di kenal dengan Konvensi London. Isi perjanjian tersebut yaitu:

  • Indonesia di kembalikan penguasaanya kepada Belanda
  • Jajahan belanda seperti Sailan, kap koloni, Guyana tetap di bawah kekuasan Inggris
  • Chochin di pantai Malabar di serahkan kepada inggris dan inggris menggantinya dengan penyerahan pulau bangka kepada Belanda.

Walaupun kekuasaan nya telah berahir di indonesia pada waktu itu. Namun lima hari berikutnya ia kembali di angkat  menjadi gubernur untuk daerah bengkulu yang juga meliputi daerah bangka belitung. Masa pemerintahanya yang kedua ini di sebut masa sisipan karean kekuasaan berada antara masa penjajahan yaitu beLanda dan inggris. Salah satu peninggalannya di begkulu yaitu benteng marborough

benteng marlborough
gambar :benteng marlborough

Demikian lah artikel pendek saya tentang inggris di indonesia, Munkin ada koreksi dari pembaca sekalian silahkan kirimnkan pesang di page ini. Terima kasih

 

https://i2.wp.com/www.sejarah-indonesia.com/wp-content/uploads/2017/04/penjajahan-inggris-di-indonesia.jpg?fit=197%2C193https://i2.wp.com/www.sejarah-indonesia.com/wp-content/uploads/2017/04/penjajahan-inggris-di-indonesia.jpg?resize=150%2C150almuksiKOLONIALISME & IMPREALISMEingris di indonesia,penjajahan ingris di indonesiaPENJAJAHAN INGGRIS DI INDONESIA penjajahan inggris di indonesia tidak bisa di lepaskan dari situasi di eropa. Eropa pada abad ke 15 kesulitan mencari rempah- remah. Hal ini akibat di kuasainya pasar rempah-remaph eropa di eropa oleh turki. Untuk memenuhi kebutuhan akah rempah- rempah negara eropa berupaya mencari negara asalnya rempah- rempah....situs sejarah terlengkap di indonesia