Penjajahan Jepang di indonesia

penjajahan jepang di indonesia                penjajahan Jepang di indonesia merupakan bagian dari upaya jepang dalam mewujudkan asia timur raya. Keterlibatan jepang dalam perang dunia ke  II (word war II) di awali oleh serangan jepang  terhadap pangkalan amerika di Hawai. Pangkalan pearl harboar di hancurkan oleh jepang menyebabkan keikut sertaan amerika dalam perang dunia kedua.

Perang pasifik pecah  pada tanggal 8 Desember 1941 antara jepang dan negara sekutu. Belanda di indonesia yang merupakan anggota sekutu harus menpersiapkan kemunkinan serangan jepang ke indonesia. Pemerintah hindia belanda di indonesia di anggap benteng terkuat sekutu di Asia tenggara. Namun jepang bukan lah tandingan sepadan Belanda. Dalam waktu singkat Jepang berhasil menaklukan Indo China,Tailan,Philipina,Malaysia,Singapura Dan Indonesia.

Jepang mendarat pertama kali di indonesia di Tarakan Kalimantan Pada tanggal 10 Januari 1942. Serangan kilat jepang ini manpu menaklukkan belanda dan sekutu di Kalimantan,Sulawesi ,Maluku dan Minahasa. Serangan Jepang di lanjutkan ke pulau Jawa dan Sumatra. Dalam waktu kurang dari tiga bulan Jepang berhasil menaklukkan seluruh wilayah hindia belanda. Penguasaan ini di tanda tanganinya penyerahan kekuasaan Belanda ke Jepang Pada 8 Maret 1942.

Mudahnya jepang mengalahkan belanda di indonesia di sebabkan beberapa faktor. Antara lain:

  • Dukungan masyarakat indonesia yang sudah sangat menderita oleh penjajahan belanda di infonesia.
  • Kekutan tempur dan persolil tentara jepang yang munpuni
  • Bagi masyarakat dan tokoh di indonesia jepang diangap juru penyelamat dari penindasan belanda
  • Keberhasilan Propanga jepang dengan gerakan 3A nya

Pemerintahan  jepang di indonesia

Setelah belanda menyerah kepada jepang.  Penjajahan jepang di indonesia pun di mulai. Menurut UUD No 1 yang di keluarkan 7 maret 1942. Bala tentara jepang memegang kekuasaan militer dan semua kekuasaan yang di pegang Gubenur Jendral Belanda. Dalam menjalankan roda pemerintahannya di indonesia. Jepang menerapkan sitem pemerintahan militer dan program ekonomi perang. Arntinya semua swadaya SDM (Sumber daya manunsia)dan SDA (Sumber daya alam) di gunakan dalam upaya memenangkan perang.

Penguasaan wilayah Indonesia di bagi menjadi dua yakni Angkatan darat (Rikugun)dan ang angkata laut (Kaigun). Setiap angkatan menpunyai wilayah kekuasaannya masing-masing.  Utuk efktif dan efesiensinya pemerintahannya di indonesia. Jepang menbagi wilaya kekuasaan menjadi tiga wilayah. Sebagai  berikut:

  • Daerah jawa dan madura serta daerah di sekitanya di pegang oleh angkatan laut (Rikugun). Pusat pemerintahannya terletak di Batavia. (Jakarta sekarang)
  • Daerah Sumatra dan Daerah Semenanjung Melayu berada di bawah Rikugun (angkatan laut). Kekuasaan berpusat di Singapura. Namun pada tahun 1943 Sumatra di pisahkan dan berpusat di medan.
  • Daerah timur indonesia berada di bawah angkatan darat (kaigun)

Setiap peminpin kawasan tersebut nanti di abntu oleh pejabat meliter yang di tempatkan di daerah daerah di bawah kekausaannya.

Organisasi bentukan jepang di indonesia

Dalam upaya jepang menarik simpati rakyat indonesia,Jepang menbentuk beberapa organisasi baik sipil dan militer. Berikut beberapa organisasi bentukan jepang di indonesia

  • Gerakan Tiga A

Gerakan tiga A merupakan sebuah gerakan sosial politik oleh jepang dalam upaya menarik dukungan masyarakat indonesia dalam upaya memenangkan perang dunia ke 2. Slogan gerakan ini yaitu Jepang Pelindung Asia,Jepang Peminpin Asia Dan Jepang Cahaya Asia.

Gerakan tiga ini di pinpin oleh Syamsudin, S.H . Gerakan ini kemudian di bubarkan oleh jepang karena kurang mendapat simpati rakyat indonesia. Pada tahun 1943 organisasi di bubarkan dan di ganti PUTERA.

  • Pusat Tenaga Rakyat (PUTERA)

Gerakan ini  merupakan kelanjutan dari  gerakan tiga A. Gerakan Putera di bentuk pada tahun 1943 yang di pinpin oleh empat orang tokoh indonesia. Tokoh ini terdiri dari Ir Soekarno, muhamad Hatta, Ki hajar dewantara dan kyai mas mansur. Gerakan iini di harapkan dapat menarik simpati rakyat indonesia terhadap Jepang.

Dalam perjalannya organisasi ini tidak berjalan efektif terhadap tujuan jepang. Hal ini di sebabkan karena tokoh PUTERA merupakan para tokoh nasionalis.serta propaganda jepang yang anti sekutu dan imprealisme namun jepang sendiri juga negara imprealis. Namun bagi indonesia gerakan ini berdapak positis dalam menikatkan rasa nasionalisme rakyat indonesia.  Karena bahasa indonesia di jadikan salah satu bahasa resmi, para pribumi bisa menempati jabatan tinggi dan nama nama di indonesiakan.

  • Pembela tanah air (PETA)

Peta merupakan organisasi pemuda bentukan jepang, di mana para pemuda di didik dan di latih dalam hal militer. Di mana semua anggotanya mendapatkan pelatihan militer di bawah komando tentara jepang. Tujuan Jepang menbentuk PETA adalah usaha menpersiapkan pasukan cadangan dan pasukan tempur yang akan menbantu jepang dalam perang pasifik.

Dalam perjalanannya organisasi ini mejadi sangat besar dan memiliki banyak anggota, Namun karena jiwa nasionalisme yang tinggi akhirnya jepang menbubarkan PETA pada tahun 1944.Kemudian jepang menbentuk organisa baru bernama Jawa Hokokai  dengan peminpinya langsung dari Militer jepang.

Setelah indonesia merdeka para mantan anggota PETA menjadi ujung tombak dalam perang mepertahankan kemerdekaan indonesia. Banyak tokoh PETA yang nantinya menjadi tokoh militer di indonesia. Misalya jendral soedirman, Jendral ahmad Nasution Dan lain-lain.

  • Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI)

penjajahan jepang di indonesiaPada tanggal 7 September 1944  Menteri Kuniaki Koiso memberikan janji        kemerdekaan di kelak kemudian hari kepada rakyat Indonesia. Untuk mewujudkan janji perdana mentri jepang. Maka Pada tanggal 1 Maret 1945 penguasa Jepang di Jawa, Letjen Kumakichi Harada mengumumkan terbentuknya Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI = Dokuritsu Junbi Cosakai).

BPUPKI di ketuai oleh Dr. R.T rajiman widiodiningrat dengan 67 orang anggota. Anggota terdiri dari 60 orang dari indonesia dan 7 orang dari orang jepang. Tugas BPUPKI mempelajari dan menyelidiki berbagai hal penting yang menyangkut negara Indonesia merdeka.Pelantikan panitia BUPKI pada tanggal 28 Mei 1945 di Gedung Cuo Sangi In, Jakarta. Pelantikan itu dihadiri oleh seluruh anggota danpembesar Jepang, yaitu Jenderal Itagaki dan Jenderal Yaiciro. Pada saat itu,bendera Merah Putih dikibarkan di samping bendera jepang.

Organisasi ini melakukan beberapa kali sidang dalam rangka memutuskan dasar negara dan  UUD. Selain itu juga menbentuk beberapa kelompok kecil dalam rangka efektifitas.

  • Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI)

Setelah BPUPKI menyelesaikan tugasnya dan di tambah semakin terdesaknya jepang dalam perang dunia I. makatanggal 7 Agustus 1945 pemerintah Jepang membentuk PPKI (panitia persiapan kemerdekaan indonesia ) atau Dokuritsu Junbi Iinkai. Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, dan dr. Radjiman Wediodiningrat berangkat ke Dalat (Vietnam Selatan) atas panggilan Jendral Terauchi,Dalam pertemuan itu jepang menjanjikan kemerdekaan indonesia pada tanggal 24 agustus 1945.

Anggota PPKI terdiri dari 21 orang yang terdiri dari perwakilan dari berbagai dari seperti jawa,sumatra,sulawesi,dan lain-lain. Namun seminggu setelah pembentukan panitia ini jepang sudah menyerah kepada sekutu. Pada tanggal 14 agustus 1945.

Perlawan rakyat terhadap penjajahan jepang di indonesia

Perlawanan rakyat indonesia terhadap penjajahan jepang di indonesia  banyak terjadi di berbagai daerah di indonesia. Namun skala perlawan terhadap jepang relatif kecil di bandingkan dengan perlawanan rakyat indonesia terhadap belanda. Hal ini di sebabkan oleh beberapa hal diantaranya, Jepang tidak lama menjajah indonesia,Hannya sekitar  3,5 tahun dan kemanpuan jepang dalam menajemen konflik sangat baik. Sehingga perlawanan tidak meluas. Ditamabh kekejaman jepang yang terkenal sangat luar biasa.

            Beriku ini beberapa perlawanan masyarakat indonesia terhadap jepang:

  • Pemberontakan yang lakukan oleh tuanku Abdul Jalil di loksamawe aceh. Pemberontakan ini terjadi pada 1942 dan dapat di padamkan dua tahun setelahnya.
  • Pemberontakan teuku Hamid dai daerah meurue aceh . pemberontakan ini dapat di padamkan oleh Jepang
  • Pemberontakan di indramayu tepatnya di Karang Ampel. Pemberontakan ini pinpin oleh haji Madriyan pada tahun 1943 beserta pengikut beliau. Namun pemberontakan ini dapat di padamkan oleh Jepang
  • Perlawana yang di lakukan oleh Haji Zaenal Mustafa . perlawanan ini berawal dari pembunuhan mata-mata jepang oleh Hj Zainal Mustofa . Pemberontakan ini terjadi tahun 1943 di Tasikmalaya. Pemberokan ini juga berhasil di padamkan oleh belanda
  • Pemberontakan tentara peta di Blitar pada 14 Februari 1945. Pemberontakan ini berhasil di padamkan oleh tentara jepang.

Demikian narasi singkat terhadap perlawanan rakyat indonesia terhadap penjajahan jepang di indonesia. Setelah mengalami banyak kekalahan jepang di perang pasifik kekuatan jepang mulai melemah. Kemudian kekalahan jepang semakin nyata setelah dua kota besarnya di bom atom oleh Sekutu pada tanggal 8 dan 12 agustus 1945. Akhirnya jepang menyerah kepada sekutu pada tanggal 14 agustus 1945. Setelah jepang menyerah kepada sekutu terjadi “vacuum of power” kekosongan kekuasaan di indonesia. Setelah mengalami banyak perdebatan dan perbedaan pemdapat akhirnya indonesia memanfaatkan situasi ini dan mengumumkan kemerdekaan indonesia pada tanggal 17 agustu 1945

Dampak penjajahan jepang di indonesia

Penjajahan jepang di indonesia menbawa banyak dampak terhadap kehidupan masyarakat indonesia.Dampaknya tidak terbatas pada ekonomi dan politik ,tetapi hampir seluruh aspek kehidupan masyarakat indonesia. Dampak penjajahan jepang di indonesia bisa di bagi menjadi dua yaitu dampak positif dan dampak negatif.

            Berikut ini dampak penjajahan jepang di indonesia :

  • Bidang politik

Dalam bidang politik hampir seluruh organisasi pergerakan nasional yang ada di indonsia berhenti beroperasi. Hal ini di akibatkan oleh jepang menghapus dan melarang semua oraganisasi baik politi,sosial ekonomi  dan agama. Organisasi yang boleh melakukan kegiatan adalah organisasi bentukan jepang.  Sebagian Organisasi pergerakan nasional masih melakukan pergerakan bawah tanah,Tampa sepengetahuan belanda.

  • Bidang ekonomi

Ekonomi zaman penjajahan jepang di indonesia di jalankan ekonomi perang. Dimana seluruh sumber daya di gunakan dalam upaya memenangkan perang. Sehingga objek-objek vital ekonomi di kuasai oleh jepang,seperti minyak bumi,perambangan dan lain-lain.Masyarakat juga harus menyerah iuran wajib dalam bentuk uang dan hasil pertanian. Jika tak manpu menbayar maka di jadikan tenaga kerja paksa (Romusa) untuk menbangun pasilitas yang menunjang perang. Seperti pembangunan bangker dan lain-lain

  • Bidang pendidikan

Pada masa ini pendidikan berkembang dengan pesat di bandingkan dengan masa penjajahan belanda di indonesia. Karena kesempatan untuk mendapatkan di buka lebar bagi seluruh masyarakat indonesia. Tidak terbatas golongan tertentu saja. Kemudian hal ini juga di tunjang oleh pengunaan bahasa indonesia sebagai bahasa perantara di sekolah.

  • Bidang kebudayaan

Di bidang kebudayaan pada masa penjajahan jepang di indonesia tidak berkembang dengan baik. Hal ini disebabkan karena jepang adalah negara fasis  yang berusaha keras menanamkan kebudayaannya di indonesia. Sebagai contoh penghormatan ke arah matahari terbit. Karena dalam filosofi jepang masyarakat jepang adalah keturunan dewa matahari dan merupakan penyembah dewa matahari.

Kebiasaan penghormatan kearah matahari terbi ini juga di terapkan kepada masyarakat indonesia. Terlebih di organisasi dan sekolah yang di kelola pemerintah militer jepang.

  • Bidang sosial

Dalam kehidupan sosial masa penjajahan jepang di indonesia sangat menderita. Hal ini di sebabkan kemiskinan dan kelaparan. Penyebab kelaparan dan kemiskin a yaitu adanya penyerahan wajib dari hasil pertania dan sistem kerja paksa yang di terapkan oleh jepang

  • Bidang birokrasi

penjajahan jepang di indonesia menjalankan pemerintahan militer yang di pegang oleh angkatan laut dan angkatan darat. Artinya sistim pemerintahan yang berjalan adalah sistem pemerintahan militer. Walaupun begitu orang pribumi di bolehkan menduduki posisi penting di pemerintahan belanda seperti walikota,gubernur dan bupati. Namun masih di bawah pengawasan pemerintahan militer jepang.

Berbeda dengan masa pendudukan belanda di mana penduduk pribumi indonesia merupakan masyarakat kelas paling rendah. Clas pertama di tempati oleh orang belanda dan eropa lainnya,kemudian di susul oleh masyarakat keturuna arab,china dan lapisan terahir baru masyarakat indonesia.

  • Bidang militer

tentara pembela tanah airDalam bidang militer indonesia pada masa pendudukan jepang mengenal teknik dan strategi militer modren . karea jepang melati dan mendidik para pemuda indonesia untuk bisa mengunakan peralata militer modren di tambah pengertahuan tentang teknir berperang.

Pendirian PETA (Pemuda Pembela Tanah Air) , Jawa Hokokai dan sejeninya. Merupakan bukti nyata ada tranfer ilmu dan teknik militer dari tentara jepang kepada pemuda indonesia.Artinya jepang menpunyai jasa besar dalam bidang militer terhadap masyarakat indonesia.Para pemuda didikan jepang inilah yang nanti menjadi ujung tombak pertahanan dalam perang melawan belanda pada awal kemerdekaan indonesia.

  • Bidang bahasa

Pada masa penjajahan jepang di indonesia perkembangan bahasa indonesia sangat baik. Hal ini di dorong oleh pelarangan pengunaan bahasa belanda dalam bahasa resmi dan posisi bahasa belanda di gantikan oleh bahasa indonesia dan bahasa jepang.

Pengunanaan bahasa indonesia sebagai bahasa resmi di intansi pemerintahan dan sekolah menyebabkan bahsa indonesia berkembang dengan sangat baik. Sehingga banyak muncul satrawan terkenal pada masa ini seperti Armin Pane dengan karyanya yang terkenal jinak-jinak merpati

Demikianlah deskripsi sinkat saya tentang penjajahan jepang di indonesia. Semoga bermanfaat. Silahkan unduh dalam bentuk  PDF nya Disini

Catt:Meski jepang mendatangkan banyak masalah sosial seperti kemiskinan dan kelaparan di indonesia. Namun jepang tetap menjadi inpirasi bagi para pejuang kemerdekaan indonesia setelah jepang manpu mengalahkan rusia. Hal itu mematahkan metologi selama ini bahwa bangsa eropa tidak terkalahkan.Dengan adanya penjajahan jepang di indonesia masyarakat indonesia bisa mengerti teknik militer modren yang tidak di dapatkan dari belanda.serta menumbuh kembangkan rasa nasionalisme rakyat indonesia.

https://i0.wp.com/www.sejarah-indonesia.com/wp-content/uploads/2017/05/penjajahan-jepang-di-indonesia.jpg?fit=235%2C198https://i0.wp.com/www.sejarah-indonesia.com/wp-content/uploads/2017/05/penjajahan-jepang-di-indonesia.jpg?resize=150%2C150almuksiINDONESIAKOLONIALISME & IMPREALISMEBPUPKI,GERAKAN TIGA A,penjajahan di indonesia,penjajahan jepang di indonesia,PETA,PPKI,PUETRA,sejarah indonesiaPenjajahan Jepang di indonesia                 penjajahan Jepang di indonesia merupakan bagian dari upaya jepang dalam mewujudkan asia timur raya. Keterlibatan jepang dalam perang dunia ke  II (word war II) di awali oleh serangan jepang  terhadap pangkalan amerika di Hawai. Pangkalan pearl harboar di...situs sejarah terlengkap di indonesia