PERANG DUNIA I perang dunia I

PERANG DUNIA I 

Perang dunia I atau yang sering juga dikenal dengan the Great War atau War to End All Wars. Hal ini disebabkan karena pada perang inilah mulai digelar peralatan, persenjataan serta wahana angkut, termasuk pesawat terbang. Perang dunia I adalah perang yang melibatkan Negara-negara terkemuka di dunia. Perang ini berlangsung selama empat tahun yaitu dari tanggal 28 Juli 1914-11 November 1918.

Yang lebih berperan dalam perang ini adalah Jerman. Perang ini dimulai dengan dibunuhnya pangeran Frans Ferdinan dari Austria-Hongoria oleh anggota kelompok teroris Serbia, Gavrilo Princip di Sarajevo. Perang ini merupakan perang yang sangat besar hal itu dibuktikan dengan lebih dari 40 juta jiwa yang tewas, termasuk sekitar 20juta kematian militer dan sipil. Perang ini berlokasikan di Eropa, Afrika dan Timur Tengah.

Ada dua kekuatan besar yang terlibat dalam perang ini yaitu blog sekutu yang angotanya Prancis,inggris,rusia dan italia. Kemudian blog central yaitu austria, german, dan turki otoman. Kedua blog ini saling berhadapan yang akhirnya di menangkang oleh sekutu. Selain negara yang di sebutkan di atas banyak negara yang terlibat secara langsung maupun tak lasngsung dalam peperangan.

  1. Latar Belakang Perang dunia I
  2. Pertentangan Antara Negara

Pertentangan awal antara Jerman dan Prancis dilatarbelakangi oleh kekalahan Prancis pada dalam perang pada tahun 1870 dan Prancis menjalankan politik revanche. Jerman dalam tahun ini mencoba mengisolir Prancis.dalam hal ini Bismarck hampir berhasil tapi semua digagalkan oleh wilhem II.suasana antara jerman dan prancis semakin tegang.

  • Antara Jerman dan Inggris

Dilapangan industri, industri jerman maju dengan pesatnya dan merupakan saingan yang berbahaya bagi inggris.

Dilapangan imperialism, Jerman dan inggris berebut daerah jajahan di Afrika dan Jerman membantu dengan  moril kepada bangsa Boer dalam perjuangan melawan Inggris di Afrika Selatan dan juga Asia Kecil serta Irak.

Dilapangan angkatan laut, Jerman membangun secara besar-besaran angkatan lautnya hingga Inggris merasa terancam dilautan.

  • Antara Jerman dan Rusia (politik air hangat)

Ketika Wilhelm II menanam pengaruhnya diturki dan irak maka ini berarti perlindungan Jerman kepada lawan yang terbesar dari Rusia yang merintangi poilitik Rusia untuk menerobos kelaut tengah.karena itu Rusia memalingkan diri dari Jerman dan meluncur ke Prancis.

  • Antara rusia dan Austria, yang sama-sama ingin menguasai Balkan.
  1. Politik mencari kawan (system of aliences)

Prancis dan jerman sama mencari kawan.sehingga eropa terbagi menjadi dua blok:blok jerman dengan triple alliance (jerman,Austria,italia) dan blok prancis dengan triple entente (prancis,rusia,inggris) Bulgaria masuk dalam blok jerman karena kecewa terhadap rusia sebab dalam perang Balkan II rusia tidak mau membantu Bulgaria,padahal Bulgaria adalah ciptaan rusia.

Perdamaian bersenjata membuat suasana tegang dan panas. Takut-takut kalau dengan mendadak perang akan pecah,sedangkan persiapan belum selesai,maka tiap-tiap Negara mempersenjatai diri dengan secepat mungkin, tidak mau kalah dengan pihak lain. Timbullah perlombaan senjata dengan ini suasana akan semakin panas.

  • Sebab khusus

sebab kusus perang dunia I adalah Dalam tahun 1914 tentara Austria mangadakan latihan perang bosnia.putra mahkota Austria, frans ferdinan dengan istrinya datang mengunjungi latihan itu dan pada tanggal 28 juni 1914 di bunuh di sarjevo oleh seorang Serbia, princip namanya. Austria mengirimkan ultimatum kepada Serbia kemudian di susul dengan pengumuman perang maka pada tanggal 28 juni perang dunia I pun meletus.

  1. Motif Perang

Sebab dari kejadian besar yang telah melibatkan jutaan manusia seperti perang dunia I, dapat disimpulkan bahwa sebab yang paling dasar ialah nasionalisme berlebih-lebihan yang bercampur dengan yang dipertajam oleh masalah kepentingan. Karena sebelum pecahnya perang terdapat tiga kelompok permusuhan dimana motif dasar itu jelas terlihat dengan nyata. Prancis dan Jerman menaruh dendam antara satu sama lain mengenai masalah hegemoni di eropa yang kemudian ditambah dengan persoalan jajahan.

 

Pihak yang berperang dalam perang dunia I :

  • Pihak sekutu  terdiri dari jerman,italia,inggris dan rusia
  • Pihak sentral, terdiri dari empat Negara, yaitu : Jerman, Austria, Turki dan Bulgaria

Jalannya Perang dunia I

  • Front barat

           Perang berawal dengan invasi terhadap Belgia pada tanggal 4 Agustus 1914 dan berhasil diduduki pada tangggal 15 Agustus 1914. Pertempuran selanjutnya dengan Prancis pada tangggal 22 Agustus 1914 di Charleroi.

  • Front timur

              Pada tanggal 17 Agustus 1914, pasukan Rusia memasuki prusia Timur dan berhasil mendesak Jerman hingga Konigsberg. Rusia dipukul Jerman dekat danau-danau Masyuri terkenal disini Maarsehalk von Hindenburg dan von mackesen dari jerman. Rusia terpaksa mengadakan perdamaian dengan jerman dib rest-litowsk.

  • Front italia

Italia memasuki pihak sekutu dalam kancah peperangan pada tahun 1915 setelah terlibat dalam perjanjian rahasia di London.  Tentara Pada tahun 1917 tentara Italia berhadapan dengan tentara Jerman dan Austria di Caporetto dan mendesak sampai sungai Piave.

  • Front Balkan

Mula-mula jerman menang. Rumania dan Serbia menyerah. Inggris menyerbu di Dadanella tetapi dalam pertempuran di galipoli inggris dikalahkan oleh turki, inggris mundur karena di serang yunani dan kemudian menghantam Bulgaria.bulgaria menyerah karena diserang dari belakang.

  • Perang laut
    • Pertempuran laut di dekat jutlan antara inggris dan jerman tidak ada yang menang
    • Blockade terhadap jerman menimbulkan perang kapal selam,jerman mengumumkan perang kapal selam semua kapal yang berhubungan dengan musuh ditorpedor. Tidak peduli kapal itu berasal dari Negara mana, akibatnya USA mengumumkan perang kepada jerman. Uang USA mengalir ke eropa sebagai bantuan yang sebetulnya menyebabkan kekalahan jerman.
Strategi Perang dunia I

              parit dalam perang dunia 1 Strategi utama dalam Perang dunia I dinamakan dengan Perang Parit. Selama beberapa tahun berikutnya, para serdadu hidup dalam parit-parit ini. Parit yang dibangun  membentang dari Selat Dover-Sungai Aisne-perbatasan Swiss. Fungsi parit-parit ini menjadi lebih kompleks karena dilengkapi dengan tempat untuk tidur, pertolongan medis, gudang persenjataan dan perbekalan, dapur dan sebagainya.

  • Teknologi Perang dunia I

Dalam perang ini teknologi yang digunakan sudah mulai modern hal itu dapat dilihat dengan telah adanya meriam, bom, senjata api, kapal selam, serta pesawat terbang.

Akhir Perang Dunia I

Hidup jerman sangat sulit karena blockade musuh, ditambah dengan kekalahan-kekalahan tentara jerman di front barat.timbul di jerman gerakan komunis yang hendak mengulingkan pemerintahan jerman yang dari muka lawan dan dari belakang pemberontakan oleh karena itu jerman terpaksa menyerah pada tahun 1918. Hitler menamakan gerakan spartacis ini suatu tusukan pisau dari belakang pada pungung jerman.

Wilhem II lari ke negri belanda, karena hal itu pemerintahan sosialis terbentuk di jerman di bawah pimpinan ebert,perletakan senjata di tandatangani oleh pihak sekutu dan jerman di compiegnie pada tanggal 11-november 1918. di Austria juga timbul pemberontakan pemberontakan-pemberontakan komunis bersama dengan pemberontakan slavia kaisar karl penganti kaisar frans jozef (1916) terpaksa turun tahta pada tahun 1918 dan Austria menjadi republik

demikianlah artikel singkat saya tentang perang dunia pertama,semoga bermanfaat.

PERANG DUNIA I 

https://i1.wp.com/www.sejarah-indonesia.com/wp-content/uploads/2017/03/perang-dunia-1.jpg?fit=154%2C209https://i1.wp.com/www.sejarah-indonesia.com/wp-content/uploads/2017/03/perang-dunia-1.jpg?resize=150%2C150almuksiDUNIASEJARAH PERANGperang dunia,perang Dunia I,Sejarah perang PERANG DUNIA I  PERANG DUNIA I  Perang dunia I atau yang sering juga dikenal dengan the Great War atau War to End All Wars. Hal ini disebabkan karena pada perang inilah mulai digelar peralatan, persenjataan serta wahana angkut, termasuk pesawat terbang. Perang dunia I adalah perang yang melibatkan Negara-negara terkemuka di...situs sejarah terlengkap di indonesia