Proses masuk dan berkembangnya kristen di indonesiaProses masuk dan berkembangnya kristen di indonesia

Proses masuk dan berkembangnya kristen di indonesia

                 Agama kristen di indonesia terdiri dari Kristen Katolik dan Kristen Protestan. Sama halnya  dengan agama Hindu, Buddha dan Islam. Proses penyebaran agama Kristen Di indonesia  di lakukan melalui aktivitas pelayaran dan perdagangan. Karena indonesia merupakan negara kepulauan maka perdagangan dan pelayaran merupakan sarana efektif dalam penyebaran agama. Demikian juga halnya agama kristen.

Di indonesia saat ini   agama Kristen Katolik dan Kristen Protestan berkembang dengan baik di beberapa daerah di indonesia. Ada beberapa daerah di indonesia yang populasi penganut agama kristennya besarseperti di Papua, daerah Minahasa, Timor, Nusa Tenggara Timur, Tapanuli di Sumatera, agama Kristen menjadi mayoritas.

proses masuknya agama Kristen ke Indonesia melalui dua gelombang.Pertama dikatakan bahwa agama Kristen masuk di Indonesia sudah sudah sangat lama. Yaitu saat kerajaan hindu bhuda masih berdiri di indonesia. Cosmas Indicopleustes menuliskan  dalam Topographica Christiana (topografi penaganut agama kristen).

A. tahap pertama

Dalam bukunya tersebut cosmos indicopleustes menuskan bahwa sudah ada komunitas agama kristen di india selatan pada abad ke 6 M. Misalnya di pantai Malabar, dan Sri Lanka. Dari  daerah ini kemudia menyebar kedaerah di sekitarnya.

.       Di kedah pada tahun 650 M sudah terdapat komunitas agama kristen .  Kedah berkembang menjadi pelabuhan dagang di jalur pelayaran yang menghubungkan India-Aceh-Barus- Nias-melalui Selat Sunda-Laut Jawa dan terus ke Cina. Dengan adanya interaksi antar sesam pedagang memunkinkan agam kristen berkemabang antar sesama pedagang dan antara pedagang dan pembeli. Kristen.  Dengan adanya nteraksi tersebut agama Kristen  mulai tumbuh di Barus . Di barus  terdapat gereja yang dikenal dengan Gereja Bunda Perawan Murni Maria. di Lobu Tua yang berdekatan dengan Kota Barus terdapat desa tua yaitu Desa Janji Mariah. Dari nama desa tersebut dapat kita pahami bahwa ajaran kristen sudah masuk ke barus.

B.tahap kedua

Agama kristen mulai  tumbuh di sepanjang  pantai di Semenanjung Malaya dan juga pantai barat di Sumatera. Penganut agama Kristen hidupdi kota-kota pelabuhan sebagai pedagang.  Kedatangan portugis ke malaka 1511 M.   Dan bangsa barat lainnya seperti spanyol ,inggris dan belanda . menjadi babak baru dalam penyebaran agama kristen di indonesia. Orang portugis merupakan penganut kristen katolik dan belanda beragama kristen protestan. Dengan demikian kedua bangsa ini berperan besar dalam menyebarkan agama kristen di indonesia dan semenanjung malaya.

Jika merujuk kepada tujuan kedatangan bangsa barat ke indonesia diantaranya yaitu gold,glory dan gospel (kekayaan,kejayaan dan menyebarkan agama). Sehingga memang penyebaran agama kristen menjadi bagian dari tujuan kedatangan bangsa barat ke indonesia.sejak abad ke 16 m di mana terjadi penjelajahan samudra oleh bangsa eropa. Yang  di kenal dengan The Age of Discovery.

Dengan motivasi dan semboyan gospel (menyebarkan agama ) maka penyebaran agama Katolik yang dibawa oleh Portugis berkaitan erat dengan  kepentingan ekonomi dan politik.

                        catt:  portugis dan belanda alaha dua negara yang sangat berperan penting dalam perkembangan agama kristen
                                 di indonesia  pada masa kolonialisme dan imprealisme di indonesia

Setelah Malaka jatuh ketangan portugis pada  tahun 1511 M.Portugis melanjutkan Ekpedisinya ke Kepulauan Maluku dengan tujuan yang sama.Tahun 1512 kapal Portugis mendarat di Hitu Kepulauan Maluku. Di hitu waktu itu islam sudah berkembang baik di sana sebelum portugis datang.dengan datangnya portugis di mulailah pengenalan dan penyebaran islam di tanah maluku.Penyiar agama Katolik awalnya di lakukan oleh  para pastor  dalam bahsa indonesia perndeta atau imam. Salah satu pastor yang terkenal di maluku waktu itu adalah Pastor Fransiscus Xaverius SJ dari ordo Yesuit.

Dia menyebarkan agama sepanjang Pantai Leitimor, Kepulauan Lease, Pulau Ternate, Halmahera Utara   dan Kepulauan Morotai. Selain itu penyebaran agama katolik juga di  lakukan oleh pastur- pastur lain.kemudian usaha menyebarkan agam katolik tidak hannya terbatas di kepulauan maluku. Penyebaran agam kristen juga meliputi di nusa tenggara timur,flores,solor dan timur. Semnjak saat agama Katolik berkembang tidak terputus sampai sekarang.

Setelah portugis hengkang dari maluku penyebaran agama kristen di lanjutkan oleh orang-orang beanda yang datang kekepulauan maluku setelah berhasil mendepak portugis.

Semangat penyebaran agama kristen oleh belanda juga di ilhami oleh semangat yang menekannkan pertoban orang –orang kristen. Penyebaran agama kristen semakin intensif pada saat Raffles  berkuasa. Agama Katolik  dan protestan menujukkan perberkembangan

pesat di Indonesia timur.seperti minahasa yang di sebarkan oleh pastor diego magelhan dan pedro de mascarenhas sekitar tahun 1563 M. Yang kemudian di kenal sebagai tahun masuknya agama kristen di sulawesi di beritakan dalam  ekspedisi ada rakyat dan raja menyatakan masuk agama Katolik kemudian dibabtis. Contohnya Raja Babontehu bersama 1.500 rakyatnya telah dibabtis oleh Magelhaens.

Perkembangan agama kristen baik katolik dan protestan berkembang baik selama lebih kurang 3,5  abad di indonesia. Kususnya di beberapa daerah di indonesia seperti maluku,sulawesi utara,papua, dan sumatra utara.

Setelah kemerdekaan indonesia agama  terus berkembang hampir di semua kota di indonesia. Hal ini di tandai adanya gereja di hampir semua kota di indonesia.karena memang kontitusi negara indonesia mengakui kristen sebagai salah satu agama resmi di indonesi. Agama remi di indonesia antaranya islam,kristen,hindu,bhuda dan konghucu.

Dari komposisi rakyat inddonesia saat ini kristen merupakan agama terbesar kedua di indonesia setelah agama islam.Demikianlah dekripsi singkat saya tentang perkembangan agama kristen di indonesia.semoga bermanfaat >>

 proses masuk dan berkembangya kristen di indonesia

https://i1.wp.com/www.sejarah-indonesia.com/wp-content/uploads/2017/03/Proses-masuk-dan-berkembangnya-kristen-di-indonesia.jpg?fit=288%2C175https://i1.wp.com/www.sejarah-indonesia.com/wp-content/uploads/2017/03/Proses-masuk-dan-berkembangnya-kristen-di-indonesia.jpg?resize=150%2C150almuksiINDONESIA             Proses masuk dan berkembangnya kristen di indonesia Proses masuk dan berkembangnya kristen di indonesia                  Agama kristen di indonesia terdiri dari Kristen Katolik dan Kristen Protestan. Sama halnya  dengan agama Hindu, Buddha dan Islam. Proses penyebaran agama Kristen Di indonesia  di lakukan melalui aktivitas pelayaran...situs sejarah terlengkap di indonesia