SEJARAH INTERNET DUNIA DAN INDONESIA

  1. DUNIA

Dalam sejarah internet dunia dan indonesia tercatat Internet pertama kali di bentuk oleh departemen pertahanan amerika serikat (US) pada tahun 1969 M.Internet berawal dari sebuah proyek oleh lembaga  APRA yang berusaha mengembangkan jaringan yang di namakan ARPANET (Advanced Research Agency Networ). Pada waktu itu mereka mendemontrasikan bagaimana cara hadwer dan sofweree yang ber basi UNIX. Tujuan dari Arpanex ini awalnya hannya untuk militer amerika.

SEJARAH INTERNET DUNIA DAN INDONESIA
Gambar: komputer pertama di dunia

Proyek ini adalah menghubungkang komputer- komputer penting di intansi pemerintah dan militer amerika serikat dalam menghadapi jika terjadi masalah serangan nuklir. (waktu itu amerika sedang dalam perang dingin dengan Uni Soviet). Tujuannya agar tidak adanya di informasi antara pusat dan daerah bila erjadi serangan serta memudahkan dalam pengorganisasian perang.

Awalnya Arfanet  Hannya menghubungkan Empat situs saja diantaranya:

  1. Stamford research intitute
  2. University of california
  3. Santa barbar
  4. Universitas of utah
koputer tempo doloe
Gambar: mengoperasikan eternet masa lalu

Setelah riet ini berhasil. Arpanet mulai di perkenalkan secara umum pada tahun 1972. Tidak berselang waktu lama proyek arpanet berkembang luas di seluruh daerah dan menyebabkan semua universitas ingin ikut bergabung kedalam jaringan tersebut.

Karena banyaknya peminat maka arpa net di pecah menjadi dua yaitu MILNET “untuk kepentingan Militer” dan Arpanet Untuk non militer seperti kampus . Gabungan kedua istila itu kemudia di kenal dengan Darfanet, kemudian lebih terkenal dengan istilah internet.namun sebelum internet mulai berkembang. Telegram justru lebih awal dari internet. Sitem sudah mulai ada semenjak abad 19 lebih kurang satu abad sebelum internet. Buktinya pada perang dunia pertama dan kedua telegram sudah di gunakan dalam mengirim informasi penting dan darurat. Namun telegram waktu itu masih terbatas dan hannya menghubungkan dua perangkat.

Internet mulai di gunakan luas pada tahun 1990 – an setelah di kembangkan teori tranmisi data dan informasi

 A.Hubungan manusia dan komputer

Pencetus ide ini yaitu J.C.R licklider pada tahun 1960 dala karya ilmiahnya yang berjudul Man-Computer Symbiosis. Istilah ini di artikan sebagai jaringan komputer yang terkoneksi satu sama lain melalui peta komunikasi lebar yang berguna sebagai perpustakaan  yang di lengkapi dengan perpustakaan dan pencarian.

 

kompoter zaman dulu
Gambar: seorang operator komputer internet

Dua tahun berikutnya ia bersama timnya mendapat tawaran menbuat jaringan yang menghubungkan tiga komputer utama di departemen pertahanan amerika. Walaupun ia keluar dari tim IPTO tersebut pada tahun 1964 . Namun visi jaringan universal yang di canangkannya berahir dengan terciptanya arfanet Lima tahun kemudian. Tepatnnya pada tahun 1973.

B.Packet switching

Setelah alfanet berhasil di luncurkan, Kemudian mucul masalah baru yaitu bagaimana cara menyatukan jaringan fisik yang terpisah ke dalam satu jaringan. “maksudnya beberapa komputer di dunia menjadi satu jaringan seperti sekarang.

Pada tahun 1960 Paul baram seorang ahli alfanet . Ia menemukan sebuah jaringan untuk militer amerika serikat.  Jaringan ini di persiapkan untuk perang nuklir. Dengan memakai sistem ini. Sebuah pesan penting dapat menyebar kebanyak komputer  yang di tuju dalam bentuk pesan sinkat “message blog”. Disisi lain Donal davies mengembangkan sistem yang mirip dengan paul baram namun menpunyai beberapa kelebihan  memiliki utilisasi pita jaringan yang lebih baik dan menbutuhkan waktu yg lebih pendek. Sitem ini di kenal dengan nama “Packer Switching “.

     jika anda ingin mengetahui leih lanjut tentang
       packer switching bisa menbacanya di sini

 

Kemudian riset semacam ini terus berkembang sampai sekarang. Sehingga sekarang kita dapat mengirim pesan ke banyak orang dalam waktu yang relatif singkat.

Dalam perkembangan internet di dunia. Ada beberapa tahapan dan kejadian penting yang di anggap sebagai bagian penting dalam perkembang internet di dunia. Antara lain:

Tahun kejadian

Peristiwa

1957 Uni soviet meluncurkan misi ke luar angkasa pertama kali memakai pesawat stunick
  1958  Karena merasa kecolongan dengan keberhasilan Uni soviet mengirim wahana ke luar angkasa. Amerika mendirikan APRA “ advance research projects Agensi”. Tujuannya untuk mengejar ketertinggalan amerika Dalam Wahana luar angkasa.
1962 Muculnya tulisa visi menghubungkan komputer dalam sebuah jariangan yang di tulis oleh JCR Licklider
1960 Lahirnya Arfanet yang menghubungkan 4 komputer penting di Amerika Serikat
1965 Ted Wielson menperkenalkan menperkenalkan Hipertext.
1968 di mulainya jaringan Tymnet
1971 Jaringan Arfanet yang sebelumnya hanya terhubung 4 komputer berkembang menjadi 28 node Komputer. Yaitu Komputer untuk Riset Pemerintah Amerik Dan kampus
1972 Terbentuknya  INWG “international Network Working Group” yang bekerja menetapkan standar-standar  jaringan kompur. Salah satunya internet. Penbicara organisasi ini adalah Vint Cerf  “yang di kenal sebagai bapaknya internet”.
1972-1974 Mulai muculnya layanan basis data komersial yang mendaftar kan diri ke arpanet melalui jaringan Dial-up. Misalnya SDC Orbit, The Neoyork Times Dan Lain-lain.
1973 Bergabungnya komputer lain dari negara lain seperti inggris kepada arpanet.
1974 Arpanet menbuka versi komersial pertama di dunia. Yang yang merupakan layanan paket data publik pertama yang di namaka “telenet
1977 Ada 111 komputer di dunia yang terhubung dengan arpanet.
1978 Di tentukannya internet provider (IP)
1979 Di temukannya “usenet”  layanan pengirim email.
Awal 1980-an Komputer pribadi berkembang dengan pesat dan  pemakaian arpanet yang meninggkat.
1982 Istilah isternet pertama kali di gunakan.
1986 Di kenalnya domain

 

       Istilah internet berkembang dengan pesat semenjak tahun 1990-an. Semakin menjamurnya komputer di dunia turut menunjang perkembangan internet di dunia. Kekinian di dunia internet sudah menjadi bagian dari kehidupan yang terpisahkan.  Di tambah perkembangan Media sosial sangat mendorong tumbuh kembangnya internet di dunia. Seperti facebook,twiter dan lainnya.

B. INDONESIA

Dari sejarah internet dunia dan indonesia dapat kita ketahui.Indonesia mengenal internet lebih lama dari amerika berjarak sekitar 20 tahun. Di indonesia Mulai di kenal pada awal tahun 1990-an.pada waktu itu  di indonesia  jaringan internet  lebih di kenal paguyuban Network.Semenjak saat itu internet berkembang sangat pesat di seluruh indonesia.

Awal internet di indonesia

Di indonesi UI “universitas Indonesia” merupakan kampus dan organisasi pertama yang mendapatkan protokol internet (IP). Artinya UI yang pengakses internet pertama di dunia. Pada 24 Juni 1988 . Ada beberapa orang yang di anggap awal dan berjasa dalam pembangunan internet di idonesia. Yaitu RMS Ibrahim, Suryono Adisoemarto, Muhamad Ikhsan,  Robby soebiakto,putu,firman Siregar, Adi Indrayanto, Dan onno W Purba. Mereka berkontribusi dalam menbangun cuplikan-cuplika sejarah internet din indonesia.

Keberadaan internet di indonesia bisa kita lihat di dalam artikel- artikel di majalah nasional pada tahun 1990  seperti Kompas ,majalah Elektro Milik ITB “intitute pertanian bogor”

Internet Service Provider Indonesia

 

internet servis provider
Gambar: Ilustrasi servis internet provider

Internet servis provider  (iSP) di indonesia sudah mulai ada semenjak 1988 . Yaitu universitas indonesia atau UI. Namun interrnet servis provider yang komersil (diperjual belikan) baru ada pada tahun 1994. ISP pertma itu bernam “Indonet” . Indonet di pimpin oleh Sanjaya. Namun pengguna internet di indonesia waktu itu masih sangat sedikit. Hannya terbatas kaum intelektual tertentu saja. Selain itu penggunaan internet untuk bisnis masih sangat minim. Hal ini di sebabkan karena faktor kerumitan dalam pemakaian dan ketidak tahuan.

Pertama kali internet di akses di indonesia melalui jaringan dial-up  oleh Indonet. Lokasi providesnya masih di kampus UI Rawa mangun. Mulai tahun 1995 sudah mulai tersedia jasa akses telnet ke luar negeri dengan memakai remote browser lynx di Amerika Serikat.Dengan demikian di indonesia tahun 1995 sudah mulai bisa mengakses internet melalui HTTP.

http

Semenjak tahun 1995 internet berkembang sangat pesat di indonesia. Perkembangan tersebut berdamapak positif terhadap jual beli online, warnet, dan sejenisnya. Sehingga mendatangkan dampak positif bagi pengguna internet di indonesia.perkembangan ini juga berdampak perkembangan warnet di seluruh indonesia. Semenjak 2010 sampai sekarang tren peningkatan game online dan media sosial berkembang sangat pesat di indonesia.

Demikianlah artikel pendek saya tentang sejarah internet dunia dan indonesia. semoga bermanfaat

https://i0.wp.com/www.sejarah-indonesia.com/wp-content/uploads/2017/03/internet-servis-provider.jpg?fit=259%2C194https://i0.wp.com/www.sejarah-indonesia.com/wp-content/uploads/2017/03/internet-servis-provider.jpg?resize=150%2C150almuksiDUNIAsejarah internet di dunia dan indonesia,umumSEJARAH INTERNET DUNIA DAN INDONESIA DUNIA Dalam sejarah internet dunia dan indonesia tercatat Internet pertama kali di bentuk oleh departemen pertahanan amerika serikat (US) pada tahun 1969 M.Internet berawal dari sebuah proyek oleh lembaga  APRA yang berusaha mengembangkan jaringan yang di namakan ARPANET (Advanced Research Agency Networ)....situs sejarah terlengkap di indonesia