Sejarah Perang Banten Melawan Voc

ilustrasi perang banten
gambar :ilustrasi perang banten

Sejarah Perang Banten Melawan Voc

Banten merupakan salah satu daerah di pulau jawa. Banten terletak berbatasan dengan jakarta.pada abad ke 16 banten merupakan salah satu bandar perdagangan di indonesia. Setelah di kuasainya malaka pada tahun 1511 M. Pelabuhan banten semakin ramai di kunjunjugi para pedagang dari barat dan timur. Kedatangan bangsa portugis di malaka di ikuti negara eropa lainnya yaitu belanda yang mendarat di banten 1596 m. Kedatangan para pedagang belanda di banten yang dipinpin Cornelis Dehoutman awalnya di terima baik oleh penguasa banten waktu itu. Namun karena sikap kurang bersahabat dan keinginan memonopoli perdagangan.  Sehingga mendapatkan perlawanan dari banten sehingga rombongan pertama belanda ini berhasil di usir dari banten.

Karena pengusiran oleh banten belanda mengirimkan epedisi kedua ke indonesia.

Dalam ekpedisi ini terdiri dari 8 kapal dan mendarat di banten.rombongan kedua ini di teima baik oleh banten karena beberapa sebab. Antara lain:

  • Banten sedang berperang bermusuhan dengan portugis di malaka
  • Sikap bersahabat dari para pedangan belanda
  • Kepandaian dalam mengambil hati raja banten

Dengan di terima baiknya pedagang belanda di banten sehingga 3 dari 8 kapal belanda penuh dengan rempah-rempah pulang kembali ke belanda dan 5 kapa meneruskan perjaanan ke pulau maluku.Pada tahun 1602 M berdiri persekutuan dagang beanda (VOC) untuk menperkuat posisi pedagang belanda di indonesia.pedagang belanda menbangun perwakilan dagangya yang pertama di banten.

Karena letak banten yang strategi sebagai bandar perdagangan internasional memunculkan keinginan dari voc untuk menguasai banten dan menopoli perdagangan. Namun niat voc tersebut selalu mengalami kegagalan karena di tentang oleh kerajaan dan rakyat banten. Untuk menyaingi banten maka belanda menbangun kota pelabuhan di sunda kelapa (jaya karta). Kemudian di namakan batavia oleh belanda pada tahun 1619 M. Maka terjadilah perebutan posisi sebagai bandar perdagangan internasional antara banten dengan voc. Sejak itu rakyat Banten sering melakukan serangan-serangan

terhadap VOC.

perlawanan sultan ageng tirtayasa
sultan ageng tirtayasa
Gambar: ilustrasi sultan ageng tirtayasa

Pada saat pangeran surya naik tahta 1651 M. Nama lain sultan surya yaitu sultan ageng tirtayasa.Sultan ageng tirta yasa berusaha  memulihkan posisi Banten sebagai

Bandar perdagangan internasional dan sekaligus menandingi perkembangan voc

di Batavia. Ada beberapa usaha yang di lakukan banten untuk menbendung voc di batavia.antara lain:

  1. Mengundang para pedagang ingris,prancis,denmark dan portugis untuk berdagang di banten
  2. Mengembangkan hubungan dagang dengan cina,india dan persia
  3. Mengirimkan armada penggangu kapal dagang voc
  4. Menbangu saluran irigasi untuk tranfortasi suplai perang

 

Untuk menghadapi  banten voc menbangun beberapa benteng di daerah batavia diantaranya benteng norwijk dan lain-lain. Di harapkan dapat membendung serangan dari luar baik dari darat dan laut. Di tahun 1671 Sultan Ageng Tirtayasa menjadikan putra mahkota Abdulnazar Abdulkahar menjadi raja atau yang lebih di kenal dengan nama Sultan Haji. Sultan haji mendapat mandat mengurusi urusan dalam negri dan sultan

Ageng Tirtayasa bertanggung jawab urusan luar negeri yang di bantu oleh putranya yang  lain yaitu  Pangeran Arya Purbaya. Inilah yang nanti jadi bumerang oleh sultan ageng tirtayasa karena belanda voc mengetahui pembagian kekuasaan ini. Dengan adanya pembagian kekuasaan menjadi pitu masuk bagi voc untuk menpengaruhi penguasa banten.

 

Perwakilan Voc di banten yaitu W.caeft ia mulai mendekati dan merayu sultan haji agar banten di bawah satu komando. Dia menghasut sultan banten bahwa pewaris tahta kerajaan nantinya setelah ayahnya meninggal akan di berikan kepada arya purbaya. Dan sultan ahji akan di singkirkan dari kekuasaan. Kemudian voc menarwankan bantuan untuk mengambil alih kekuasaan banten secara utuh dan di berikan kepada sultan haji. Karena adanya adu domba tersebut sultan haji mulai kawatir dia tidak akan di nobatkan sebagai raja banten. Kemudian dia juga mencurigai ayah dan saudaranya akan mengambil tampuk kekuasaan dan di berikan kepada arya pengangsang.

 

Akhirnya sultan haji dan voc menbuat persekongkolan untuk mengambila alih banten dari ayah dan saudaranya. Vo c menawarkan bantuan bukan tampa pamrih.Voc menawarkan empat sarat yaitu :

  1. Banten harus menyerahkan cirebon kepada voc
  2. Hak monopoli lada di banten di kuasai oleh voc
  3. Banten harus menbayar 600.000 ringgit apablia mengingkari janjinya
  4. Pasukan banten yang di pesisir dan yang menguasai periangan di tarik ke banten

 

Sultan haji menyetujui perjanjian tersebut. Akhirnya Pasukan voc dengan bantuan pasukan sultan haji mulai melakukan penyerangan terhadap posisi pasukan sultan ageng di suroawan pada tahun 1681 M. Berkat bantuan voc soroawan bisa di kuasai. Sultan agen tirtayasa menyingkir  ke tirta yasa dan menbangun pusat pemerintahan di sana.Sultan ageng dengan bantuan putranya arya ppurbaya berusaha mengambil alih kembali kembali banten. Pada tahun 1682 sultan ageng berhasil mengepung istana banten di suroasam. Dengan di kepungya istan menbuat posisi sultan haji terdesak.

Akhir perang melawan voc

Karena terdesak sultan haji minta bantuan dari voc. Voc mengirimkan pasukan di bawah pimpinan francois tack. Pasukan voc berhasil mematahkan pengepungan istana banten dan mendesak pasukan ageng tirtayasa hingga ke benteng tirtayasa.

Kekalahan sultan ageng tirta yasa waktu itu. Disebakan karena persenjatan yang lebih kuno dari pada yang di pakai voc di tambah pasukan sultan haji.karena terdesak di tirta yas sultan dan anaknya sultan arya purbaya berhasil meloloskan diri kehutan lebak dan melanjutkan perjuangan secara gerilya.

Kemudian tentara voc terus menburu sultan agen dan anaknya. Namu karena kelicikan voc sultan ageng tirtayas berhasil di tangkap pada tahun1683M .lebih kurang setelah satu tahun tirtayasa berhasil di rebut voc. Sultan agen dan anaknya di tawan di batavia  sampai meninggal tahun 1692 M.

Setelah meninggalnya sultan agen tirtayasa perlawanan rakyat banten terus terjadi walau dalam skala kecil. Perlawana ini selalu menjadi inpirasi bagi rakyat banten dalam melawan penjajah. Misalnya tahun 1750 timbul lah=gi perlawanan di banten di bawah kyai tapa dan ratu bagus.

Demikianlah deskripsi singkat saya tentang perang banten melawan VOC semoga bermanfaat>>

Sejarah Perang Banten Melawan Voc

https://i1.wp.com/www.sejarah-indonesia.com/wp-content/uploads/2017/03/ilustrasi-perang-banten.jpg?fit=302%2C167https://i1.wp.com/www.sejarah-indonesia.com/wp-content/uploads/2017/03/ilustrasi-perang-banten.jpg?resize=150%2C150almuksiISLAMSEBELUM KEMERDEKAANSejarah Perang Banten Melawan Voc Sejarah Perang Banten Melawan Voc Banten merupakan salah satu daerah di pulau jawa. Banten terletak berbatasan dengan jakarta.pada abad ke 16 banten merupakan salah satu bandar perdagangan di indonesia. Setelah di kuasainya malaka pada tahun 1511 M. Pelabuhan banten semakin ramai di kunjunjugi para pedagang dari...situs sejarah terlengkap di indonesia