pergerakan nasional indonesia
Gambar: Ilustrasi Pergerakan pemuda dalam pencetusan sumpah pemuda

sejarah Pergerakan nasional indonesia  sudah dimulai sejak awal abad 20. Dengan berdirinya budi utomo 1908 ,dilanjutkan dengan menjamurnya organisasi pergerakan nasional.Baiklah sebelum kita masuk kepokok bahasan tentang pergerakan nasional kita mencari tahu dulu apa itu pergeran, nasionalisme dan indonesia.berikut keterangannya:

A.Pergerakan

Maksud dari “pergerakan” di sini meliputi segala macam aksi dengan mengggunakan “organisasi modern” untuk menentang penjajahan dan mencapai kemerdekaan. Dengan organisasi ini menunjuk bahwa aksi tersebut disusun secara teratur dalam arti ada pemimpinnya, anggota, dasar dan, tujuan yang ingin dicapai. Penggunaan organisasi modern ini menun- jukkan adanya perbedaan dengan upaya melawan penjajah sebelum tahun 1908.

B.Nasional

Istilah “nasional” menunjuk sifat dari pergerakan, yakni semua aksi dengan organisasi modern yang mencakup semua aspek kehidupan, seperti ekonomi, sosial, politik, budaya dan kultural dengan tujuan yang sama, yakni melawan penjajahan untuk digantikan dengan kekuasaan yang dipegang oleh bangsa Indonesia sendiri. Istilah ”nasional” dalam hal ini oleh Sartono Kartodirdjo (1990) diartikan sebagai kata sifat dari suatu “nation” yang menunjukkan kumpulan individu-individu yang disatukan oleh ikatan politik, bahasa, kultural, dan sebagainya.

c.Indonesia

sejarah pergerakan nasional indonesia       Nama “Indonesia” yang digunakan berfungsi sebagai simbolis di dalam sejarah pergerakan nasional dan dengan makin majunya pergerakan nasional, maka sebutan “Indonesia” merupakan keharusan. Berdasarkan keterangan tersebut dapat dimengerti bahwa sejarah pergerakan nasional adalah bagian dari sejarah Indonesia yang meliputi periode sekitar 40 tahun yang dimulai sejak lahirnya Budi Utomo ( BU) sebagai organisasi nasional yang pertama sampai dengan terbentuknya bangsa Indonesia 1945 yang ditandai oleh Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Tidak dapat dipungkiri bahwa sejarah pergerakan nasional sebagai fenomena historis adalah hasil dari perkembangan faktor ekonomi, sosial, politik, kultural, dan religius dan di antara faktor-faktor itu saling terjadi interelasi. Sejarah pergerakan nasional yang dimulai dari berdirinya Budi Utomo (BU) sampai dengan tercapainya kemerdekaan 1945 dapat dibagi menjadi beberapa masa, seperti berikut.

Masa Awal Perkembangan, yang ditandai dengan berdirinya oraginisasi seperti Budi Utomo (BU), Sarekat Islam (SI), dan Indische Partij (IP).Partai Komunis Indonesia(PKI), Partai Nasional Indonesia (PNI) dan Perhimpunan Indonesia (IP),Fraksi Nasional, Petisi Sutardjo, dan Gabungan Politik Indonesia (GAPI). Semua organisasi dan partai tersebut bertujuan untuk menbebaskakan indonesia dari penjajahan belanda,baik melalui kooperatif (mau bekerja sama) dengan belanda dan non kooperatif (tidak mau bekerja sama) dengan belanda

Latar Belakang

Lahirnya organisasi pegerakan pasional Indonesia tidak terlepas dari peristiwa-peristiwa yang terjadi di Benua Asia saat itu. Pergerakan nasional Indonesia  tidak lahir begitu saja melainkan sebuah perjalanan panjang dan bercermin dari kegagalan para pejuang pendahulu dalam melawan belanda yang masih bersifat kedaerahan dan tidak terorganisir dengan baik. Ada beberapa faktor penyebab pergerakan nasional sebagai berikut:

 Faktor Intern (dalam Negri)

Faktor intren adalah penyebab munculnya pergerakan nasional berasal dari indonesia itu sendiri.ada banyak penyebab munculnya pergerakan dari dalam negri antara lain:

1. Adanya penjajahan yang mengakibatkan penderitaan dan kesengsaraan sehingga menimbulkan tekad untuk menentangnya.
2. Adanya kenangan akan kejayaan masa lampau, seperti zaman Sriwijaya dan Majapahit.
3. Munculnya kaum intelektual yang kemudian menjadi pemimpin pergerakan nasional.

 Faktor Ekstern (dari luar)

Kemunculan pergerakan nasional di indonesia tidak terlepas dari keberhasilan pergerakan di negara-negara asia dan afrika. Secara umum faktor penyebab pergerakan nasional dari luar negeri antara lain:

1) Adanya All Indian National Congress 1885 dan Gandhiisme di India.
Yaitu gerakan kebangsaan di india dengan tujuan untuk melepaskan diri dari penjajahan inggris.baca selengkapnya disini

2) Adanya Gerakan Turki Muda 1908 di Turki.

            Gerakan turki muda adalah sebuah gerakan untuk mengubah kontitusi turki dari kekailafan ottoman menjadi menjadi republik turki,di bawah pinpinan kamal attatur,baca selengkapnya tentang munculnya nasionalisme turki

3) Adanya kemenangan Jepang atas Rusia (1905) menyadarkan dan membangkitkan bangsa-bangsa Asia untuk melawan bangsa-bangsa Barat. baca selengkapnya disini

4) Munculnya paham-paham baru di Eropa dan Amerika yang masuk keIndonesia, seperti liberalisme, demokrasi, dan nasionalisme mempercepat timbulnya nasionalisme Indonesia.baca selengkapnya disini

Bentuk dan Strategi Organisasi Pergerakan Nasional

Ada banyak organisasi pergerakan yang berperan dalam pergerakan nasional indonesia. Mulai dari organisasi kecil yang bersifat kedaerahan sampai partai politik dan orgaqnisasi yang bersifat nasional. Walaupun berbeda dalam organisasi namun tujuan yang sama. yaitu memerdekakan indonesia,namun dalam perjuangannya menempuh jalan yang berbeda. Berikut organisasi pergerakan nasional diantaranya

1.Budi Utomo (BU)

sejarah pergerakan nasional indonesia   oraganisi pergerakan nasional indonesia yang pertama yaitu boedi utomo.    Budi utomo adalah sebuah organisasi pelajar dengan tujuaan memajukan pendidikan bagi kalangan pribumi indonesia. Budi utomo didirikan 20 Mei 1908 M oleh  R.T. Notokusumo

2.Indische Partij (IP)

Indische Partij  merupakan sebuah partai politik yang didirikan oleh Tiga Serangkai, yakni Douwes Dekker (Setyabudi Danudirjo), dr. Cipto Mangunkusumo, dan Suwardi Suryaningrat (Ki Hajar Dewantara). Tujuan akhir dari partai ini yaitu memerdekakan indonesia.

3.Muhammadiyah

Muhammadiyah merupakan sebuah organisasi pergerakan nasional indonesia yang bergerak di bidang keagaman. Muhmmadiah di dirikan  Kiai Haji Ahmad Dahlan di Yogyakarta pada tanggal 18 November 1912.  Organisasi ini bergerak bidang pendidikan,sosial dan budaya. Muhamadiyah tidak bergerakan dalam bidang politik.

4.Gerakan Pemuda

Banyak organisasi pergerakan pemuda di indonesia. Salah satunya adalah jong java. Tujuan organisasi ini menyadarkan para pemuda untuk menpererat persatuan, menambah ilmu dan meninkatkan kecintaan kepada budaya sendiri. Namun organisasi ini hannya bersifat kedaerahan.

5.Taman Siswa

Taman siswa didirikan oleh Suwardi Suryaningrat Pada tanggal 3 Juli 1922 M. Dengan  Tujuan untuk meningkatkan derajat bangsa Melalui pendidikan. Dengan cara menbangun sekolah- sekolah untuk kaum pribumi. tokoh pergerakan ini yaitu kihajar dewantara.

                Baca: Ulasan selengkapnya tentang organisasi pergerakan nasional.

                      Bisa di baca di sini

6.Partai Komunis Indonesia (PKI)

partai komunis indonesia didirikan oleh Semaun dan kawan kawan. Partai  ini dirikan  23 Mei 1923 M. Tujuan partai ini berdiri yaitu untuk menperjuangkan kemerdekaan indonesia. Namun selain menperjuang kemerdekaan juga menanamkan pemikiran komunis di indonesia.

7.Partai Nasional Indonesia (PNI)

partai ini dirikan oleh dr. Cipto Mangunkusumo, Ir.Anwari, Mr. Sartono, Mr. Iskak, Mr. Sunaryo, Mr. Budiarto, Dr. Samsi, dan Ir. Soekarno sebagai ketuanya. Didirikan di Bandung pada tanggal 4 Juli 1927 .Tujuannya memerdekaan indonesia.

7.Gerakan Wanita

Gerakan dirintis oleh R.A. Kartini yang kemudian dikenal sebagai pelopor pergerakan wanita Indonesia.kemudian terus berkembang di seluruh indonesia hal itu di tandai dengan banyaknya berdiri organisasi wanita diseluru penjuru tanah air.

8.Perhimpunan Indonesia (PI)

Perhimpunan Indonesia didirikan tahun 1925. PI akan berjuang untuk memperoleh suatu pemerintahan untuk Indonesia yang hanya bertanggung jawab kepada rakyat Indonesia.Kemerdekaan penuh bagi Indonesia akan dicapai dengan aksi bersama dan serentak oleh rakyat Indonesia.
Membandingkan dan Mengambil Pelajaran dari Gagasan Persatuan dan Kesatuan Bangsa serta Aktivitas Organisasi- Organisasi Pergerakan Untuk menambah kekuatan organisasasi pergerakan maka muncul upaya meleburkan dan menyatukan gerak organisasi yang segari dalam bentuk organisasi baru yang lebih besar.berikut:

1.Permufakatan Perhimpunan-Perhimpunan Politik Kebangsaan Indonesia (PPPKI)

PPPKI merupakan federasi (gabungan) dari berbagai macam organisasi. Organisasi yang tergabung dalam PPPKI, antara lain PNI, SI, BU, Pasundan, Sumatramen Bond, Kaum Betawi, Indonesische Studie Club, dan Algemene Studie Club.

2.Kongres Pemuda

Kongres Pemuda I dilaksanakan di Batavia pada tanggal 30 April–2 Mei 1926

Atas inisiatif PPPI maka diadakan Kongres Pemuda II di Jakarta yang dihadiri oleh utusan organisasi-organisasi pemuda dan berhasil diikrarkan sumpah yang dikenal dengan nama Sumpah Pemuda. Kongres Pemuda II diselenggarakan pada tanggal 27–28 Oktober 1928.

 

3.Partai Indonesia Raya (Parindra)

Usaha penyatuan antarperhimpunan pergerakan nasional indonesia terwujud dengan berdirinya Partai Indonesia Raya (Parindra). Parindra merupakan hasil fusi dari Budi Utomo (BU) dengan Persatuan Bangsa Indonesia (PBI) dalam

5.Petisi Sutardjo

Gagasan dari petisi ini dicetuskan oleh Sutardjo Kartohadikusumo, Ketua Persatuan Pegawai Bestuur (pamong praja) Bumiputera (PPBB). Usulan ini didasarkan pada pasal 1 UUD Kerajaan Belanda yang berbunyi bahwa Kerajaan Nederland (Belanda) meliputi wilayah Nederland, Hindia Belanda, Suriname Curasao. Menurut pendapat Sutardjo keempat.

wilayah itu di dalam kerajaan Nederland mempunyai derajat yang sama. Usulan ini mendapat dukungan oleh Sam Ratulangi (Sulawesi/Kristen), Datuk Tumenggung (Sumatra/Islam), Alatas (Arab/Islam), I.J. Kasimo (Jawa/Katolik), dan Ko Kwat Tiong (Cina/Budha). Dukungan ini menurut Sutardjo mencerminkan keinginannya bahwa usul petisi ini didukung oleh berbagai golongan dan agama yang ada di Indonesia.Usul yang kemudian dikenal dengan nama Petisi Sutardjo diajukan pada tanggal 15 Juli 1936 kepada pemerintah Belanda. Isi petisi ialah permohonan supaya diselenggarakan suatu musyawarah antara wakil-wakil Indonesia dan Belanda di mana anggota-anggotanya mempunyai hak yang sama.

Tujuannya ialah untuk menyusun suatu rencana yang isinya adalah pemberian kepada Indonesia suatu pemerintahan yang berdiri sendiri dalam batas Pasal 1 UUD Kerajaan Belanda. Berdasarkan keputusan Kerajaan Belanda No. 40 tanggal 16 Nopember 1938, Petisi Sutardjo yang diajukan atas nama Volksraad ditolak oleh Ratu Belanda. Alasan penolakannya “bahwa Indonesia belum matang untuk memikul tanggung jawab memerintah diri sendiri “. Penolakan ini sangat mengecewakan para pemimpin pergerakan nasional.

Di bawah penjajahan jepang organisasi pergerakan nasional indonesia  lebih banyak bergerak di bawah tanah.mucul organisasi baru seperti PETA,keibodan dll yang dilatih oleh jepang dengan tujuan untuk menbantu perang jepang melawan sekutu. Demikianlah sejarah pergerakan nasional indonesia.untuk mengetahui organisasi pergeraakan lebih lengkap baca disini.semoga bermanfaat

 

sejarah pergerakan nasional indonesia

https://i1.wp.com/www.sejarah-indonesia.com/wp-content/uploads/2017/02/tokoh-perhimpunan-indonesia.jpg?fit=322%2C157https://i1.wp.com/www.sejarah-indonesia.com/wp-content/uploads/2017/02/tokoh-perhimpunan-indonesia.jpg?resize=150%2C150almuksiINDONESIASEBELUM KEMERDEKAANgerakan pemuda,gerakan pemudi,indische party,indonesia,muhammadiayah,Nasional,partai komunis indonesia,partai nasional indonesia,pergerakan nasional indonesia,Pergerakan Wanita,perinra,petisi sutarjo,PKI,PNI,Tamn Siswasejarah Pergerakan nasional indonesia  sudah dimulai sejak awal abad 20. Dengan berdirinya budi utomo 1908 ,dilanjutkan dengan menjamurnya organisasi pergerakan nasional.Baiklah sebelum kita masuk kepokok bahasan tentang pergerakan nasional kita mencari tahu dulu apa itu pergeran, nasionalisme dan indonesia.berikut keterangannya: A.Pergerakan Maksud dari 'pergerakan' di sini meliputi segala macam aksi dengan...situs sejarah terlengkap di indonesia