Sejarah usia bumi

sejarah usia bumi
Gambar:teori big bang

Sejarah usia bumi

Proses terciptanya bumi menurut para ahli yaitu adanya ledakan besar (big bang) . Big bang yaitu teori penciptaan  bumi  berasal dari ledakan besar, bumi awalnya merupakan   bola gas yang sangat panas yang terus berputar. Perputaran ini menyebabkan bola gas tersebut menjadi padat dan terjadilah kulit bumi. Teori ini berkeyakinan alam semesta tidak berawal dan berahir. Para ahli geologi berupaya mengunkap umur bumi yang kita huni sekarang. Dalam ilmu geologi umur bumi di perkirakan 2,5 miliar tahun yang lalu. Dalam pembelajaran sejarah kita mengenal periodesasi (pembabakan waktu) yang bertujuan untuk menperjelas batas suatu masa  (waktu atau zaman) tertentu , maka  umur bumi  dapat di kelompokkan kedalam 4 periode besar yaitu:

pembagian geologi
gambar;pembagian geologi
  1. Arkhaikum (zaman tertua ), zaman ini di perkirakan sekitar 2.500 juta tahun yang lalu. Dimana pada zaman ini bumi masih sangat panas sehingga belum ada kehidupan di permukaan bumi. Hal ini di sebabkan suhu bumi yang sangat panas belum memunkinkan adanya kehidupan.
  2. Palaezoikum (zaman kehidupan awal) zaman ini di perkirakan 340-140 juta tahun yang lalu. Di masa ini sudah mulai adanya kehidupan berupa tumbunan bersel satu ,ikan,hewan tampa tulang belakang. Namun keberadaanya masih sangat terbatas.
  3. Mesozoikum (zaman hiwan betubuh besar) zaman ini di perkirakan 140-60 tahun juta tahun yang lalu. Pada masa ini hewan reptil (hewan bertulang belakang) berkembang dengan pesat dan mencapai ukuran yang sangat besar seperti dino saurus dan lain-lain. Para ahli menemukanfosil hewan-hewan ini di temukan hampir seluruh dunia.
  4. Zaman neozoikum (zaman kehidupan baru). Zaman ini berlangsung antara 60 juta tahun yang lalu.masa ini di bagi menjadi dua kelompok besar yaitu:

pengelompokan zaman neolitikum

  •                 Zaman kuarter di perkirakan berlangsung sekitar 600 ribu tahun lalu.zaman ini dikelompokkan lagi                     menjadi dua yaitu:
  •                            Zaman diluvium (zaman es) karena zaman ini es hampir menutupi seluru bumi temasuk bumi                                belahan eropa. Hal ini beraakibat pada ketidak stabilan suhu bumi. Sehingga mempengaruhi                                  kehidupan di muka bumi. hewan yang manpu beradaptasi dengan alam bertahan hidup dan                                 melanjutkan keturunannya namun yang tidak bisa ber adap tasi musnah.
  •                          Zaman aluvium sekitar 20.000 tahun yang lalu. Zamn ini berlangsung hingga saat saya mengetik                          tulisan ini,,he,,he,(sekarang).pada zaman ini manusia berkembang dengan baik hingga sudah                                sudah depan milia penduduk bumi sekarang.
  •                  Zaman tersier (zaman ketiga). Pada tahap ini hewan mamalia berkembang dengan baik sedangkan                       hewan reptil raksasa mulai lenyap dari muka bumi. Pada zaman ini di perkirakan nenek moyang                           manusia sudah ada sejenis kera,
  • zaman berburu
    gambar: ilustrasi manusia prasejarah

Dari rinkasan di atas dapat kita pahami bahwa manusia sudah mulai ada pada zaman ketiga (permulaan zamam diluvium). Sejarah umur bumi di atas berpatokan pada ilmu geologi dan teori evolusi. Apakah memang begitu ada nya may be (bisa jadi). Bisa jadi iya bisa tidak. Jika berpatokan pada adam sebagai manusia pertama maka manusia pertama di dunia sekitar 20.000 tahun lalu.

Demikian urayan singkat saya tentang sejarah umur bumi versi geologi dan terori evolusi di kesempatan lain akan saya bahas tentang umur bumi bedasarkan alqu’an dan berpataokan adam manusia pertama di bumi.terima kasih

sejarah usia bumi

 

https://i1.wp.com/www.sejarah-indonesia.com/wp-content/uploads/2017/03/teori-big-bag.jpg?fit=228%2C221https://i1.wp.com/www.sejarah-indonesia.com/wp-content/uploads/2017/03/teori-big-bag.jpg?resize=150%2C150almuksiPRA SEJARAHmanusia prasejarah,manusia purba,sejarah umur umi,sejarah usia bumiSejarah usia bumi Sejarah usia bumi Proses terciptanya bumi menurut para ahli yaitu adanya ledakan besar (big bang) . Big bang yaitu teori penciptaan  bumi  berasal dari ledakan besar, bumi awalnya merupakan   bola gas yang sangat panas yang terus berputar. Perputaran ini menyebabkan bola gas tersebut menjadi padat dan terjadilah kulit...situs sejarah terlengkap di indonesia