serikat islam
gambar:Lambang serikat islam

SERIKAT ISLAM

Sarikat islam merupakan perkumpulan kedua  sesudah Budi Utomo didirikan pada tahun 1908. Sebagai perkumpulan sosial yang pertama, Sarekat islam didirikan pada tahun 1911,di kota Solo oleh seorang pengusaha pedagang batik yang besar di kampung  Laweyan Solo. Beliau ialah Haji Samanhudi “Sarekat Dagang Islam”. Nama serikat islam pada awalnya adalah serikat dagang islam.Serikat dagang islam menjadi wadah bagi pedagang muslim indonesia dalam melawan dominasi dagang cina dan belanda di indonesia.

Haji Saman Hudi Secara Ideologi serikat islam yang sebelumnya bernama serikat dagang islam adalah Agama Islam. Serikat dagang islam pada awalnya adalah motif ekonomi. Hal ini di lihat dari usaha dar H. Samahudi dan kawan dalam melawan leveransil bahan yang di perlukan untuk pembuatan batik.

Namun dalam perkembangannya serikat dagang islam merubah namanya menjadi serikat islam. Perubahan ini atas usul umar said tjokroaminoto.Usulan ini bertujuan untuk menperluas Cakupan angota dan kegiatan organisasi. Akhirnya kata  “dagang” di hapus pada nama organisasi.

Tujuan

Di dalam Akte Notaris   tertanggal 10 Semtember 1912 ditulikan Tujuan pembentukan serikat islam.  Antara lain:

a.Memajukan perdagangan ,

b.Memberikan pertolongan kepada  angota-anggota yang mengalami kesulitan.

Pada tahun 1917 diadakan  Kongres Sarikat Islam yang kedua di Jakarta. Pada kongres kedua ini sudah mulai terasa pengaruh aliran kiri dalam tubuh organisasi sarikat islam. aliran kiri yaitu komunisme dan sosialisme. Salah satu tokohnya yaitu semaun ketua cabang serikat islam di semarang.(semaun merupakan tokoh komunis indonesia).Dalam kongres ini di sebutkan bahwa tujuang akhir organisasi adalah kemerdekaan.

C . Berakhirnya Sarikat Islam

Kemudian riwayat Serikat islam ini  ada perubahan. 1929 nama Partai Sarikat Islam diganti lagi dengan ditambah suatu kata “Indonesia”. Jadi nama Partai Sarikat Islam Indonesia Dengan memilih islam sebagai identitasnya.  Sarekat Islam memastikan diri menjadi sarana yang ampuh  untuk menarik  sebanyak mungkin orang indonesia  dari  berbagai kepulauan. Dan mengingat dia di sini pada tingkat yang cukup tinggi  juga berhasil,  dapatlah kita menganggap Sarekat Islam sebagai gerakan  yang telah memberiak sumbangan penting bagi penyatuan indonesia. baca juga tentang organisasi pergerakan nasional indonesia

almuksiSEBELUM KEMERDEKAANorganisasi islam,organisasi pergerakan nasional,Ormas islam,sebelum Kemerdekaan,sejarah indonesia,serikat dagang islam,serikat islamSERIKAT ISLAM Sarikat islam merupakan perkumpulan kedua  sesudah Budi Utomo didirikan pada tahun 1908. Sebagai perkumpulan sosial yang pertama, Sarekat islam didirikan pada tahun 1911,di kota Solo oleh seorang pengusaha pedagang batik yang besar di kampung  Laweyan Solo. Beliau ialah Haji Samanhudi “Sarekat Dagang Islam”. Nama serikat islam pada awalnya...situs sejarah terlengkap di indonesia