soekarno

soekarno Siapa yang tidak kenal dengan nama soekarno? Nama yang begitu fenomenal di indonesia semenjak zaman pergerakan nasional sampai saat ini. Soekarno Merupakan bapak proklamator indonesia merdeka. Dalam perjalanan kehidupannya  soekarno banyak mengalami pasang surut dalam kehidupannya. Berikut saya uraikankan riwayat hidup soekarno

Frofile soekarno

bung karno merupakan seorang anak pribumi hindia belanda yang di lahir di surabaya. Ia di lahirkan dari seorang ibu bernama Ida Ayu Nyoman Rai padaa tanggal 6 juni 1901. Ayah soekano yaitu  Raden Soekemi Sosrodihardjo.Ia tumbuh sebagai anak kecil pada umumnya. Namun dia lebih beruntung dari anak- anak pada masanya karena bisa sekolah di sekolah belanda dan melanjutkan sekolahnya hingga perguruan tinggi.

Berikut daftar riwayat sekolahbung karno:

  • Pendidikan sekolah dasar (SD)di Eerste Inlandse School, Mojokerto
  • Pendidikan sekolah dasar di Europeesche Lagere School (ELS)(Setingkat SLTP), Mojokerto pada tahun 1911
  • Hoogere Burger School  (HBS) “setingkat SLTA”Mojokerto pada tahun1911-1915
  • Technische Hoge School, Bandung pada tahun 1920. Sekarang namanya intistitud teknologi Bandun.

Nama soekarno

Beliau di kenal dengan banyak nama dan panggilan diantaranya kusno,soekarno,sukarno ,ahkmed soekarnodan bung karno. Banyaknya nama dan panggilan soekarno menpunyai latar belang tersendiri. Kusno adalah nama kecil soekarno permberian orang tua beliau, Namun karena sering sakit-sakitan kemudian di ganti menjadi soekarno.Soekarno adalah nama beliau yang tercamtum dalam naskah prolamasi kemerdekaan indonesia dan yang tercantum dalam organisasi pergerakan nasional sebelum kemerdekaan .Setelah kemerdekaan beliau merubah ejaan dalam nama soekarno menjadi sukarno karena ejaan soe dalam nama soekarno merupakan ejaan wasisan penjajah belanda. Kata su dalam bahsa jawa berarti baik.Namundalam surat resmi kenegaraan beliau masih memakai nama soekarno.

Nama ahkmed soekarno di dapatkan beliau ketika melaksanakan ibdah haji. Dlam versi lain nama ahkmed soekarno sengaja di tambahkan para diplomat indonesia di timur tengah. Hal ini di lakukan dalam upaya mencari dukungan negara-negara arab terhadap kemerdekaan indonesia. Karena menurut kebiasaan orang arab nama terdiri dari dua suku kata dan kata terahir merujuk kepada nama bapaknya. Sedangkan Panggilan “bung Karno” adalah nama panggilan para pejuang kemerdekaan indonesia. Seperti halnya juga bung syahril,bung hatta dll.

Keluarga Soekarno

Dalam perjalanan hidupnya beliau tercatat menikah sebanyak Sembilan kali. Hal ini menjadikan soekarno salah satu presiden indonesia dengan istri terbanyak di indonesia. Faktor penyebab banyaknya istri bung karno tidak dapat di ketahui dengan pasti. Banyak pendapat yang mengasumsikan penyebabnya, Salah satunya kekurang harmonisan rumah tangga, dan lain-lain.

Dari sekian banyak istri Ir soekarno ibu sukmawati yang paling banyak menberikan kerturunan kepada beliau, Diantaranya ada Megawati  poetri,Sukmawati ,Guntur dan lain lain- lain.Beriku daftar singkat istri dan anak Ir soekarno yang penulis hinpun dari berbagai Sumber:

  1. Pada tahun1921 bun karno menikah dengan ibu oetari. Namu memutuskan untuk bercerai pada tahun 1923.
  2. Pada tahun 1923 menikah dengan Inggit garnasih, bung karno cukup lama menjalani pernikahan dengan ibu Inggit sekitar 20 tahun . Baru kemudian menikah lagi dengan ibu sukmawati pada tahun 1943
  3. Pada tahun 1943 menikah dengan ibuk Sukmawati. Dari pernikahan ini beliau menghasilkan beberapa orang anak. Diantaranya:
    1. Guntur  yang lahir  pada tahun 1944.
    2. Megawati (Mantan presiden indonesia ke 5) yang lahir 1947
    3. Rahmawati yang lahir tahun1950
    4. Sukmawati lahir pada tahun 1952
    5. Guruh soekarno yang lahir 1953
  4. Pada tahun 1952 Ir Sokarno menikah lagi dengan Hartini dan menpunyai dua orang anak yaitu:
    1. Taufan lahir pada tahun 1951
    2. Bayu lahir pada tahun 1958
  5. Pada tahun 1962 beliaumenikahi Ratna dan menpunyai seorang anak yang bernama kartika. Kartika lahir pada tahun 1967
  6. Pada tahun 1963 bung karno menikahi haryati dan mendapatkan seorang putri yang bernama ayu.
  7. Istri ke 7 bung karno yaitu yurike yang di nikah beliau pada tahun 1964. Namun tidak ada keterangan soal adanya anak beliau dari pasangan ini.
  8. Kartini monopo menjadi istri kedelapan beliau. Beliau di nikahi beliau pada tahun 1965. Hasil dari pernikahan ini menghasilkan seorang anak yang bernama Totok yang lahir tahun 1967
  9. Istri ke sembilan bung karno  Heldy Djafar yang di nikahi pada tahun 1966.

 

Demikianlah kesembilah bung karno. Sejauh ini hannya sembilan yang bisa di himpun oleh penulis, Mungkin ada lagi istri beliau yang lain. Namun dari sekian banyak istri beliau yang paling terkenal sampai sekarang adalah ibu Sukmawati. Hal ini di akibatkan oleh beberapa faktor diantaranya ibu sukmawati merupakan penjahit bendera pusaka dan menemani belai pada saat proklamasi. Kemudian Anak –anak dari pernikahan beliau dengan sukmawati menjadi politisi yang berpengaruh di indonesia.dan bahkan menjabat sebagai presiden republik indonesia ke 5.

Kiprah politik soekarno

Kiprah politik Ir soekarno sangat panjang mulai sejak zaman penjahan belanda,penjahan jepang dan indonesia merdeka. Berikut saya uraikan :

  • Zaman penjahan belanda

Benih jiwa politik suekarno sudah tumbuh sejak muda. Pada zaman belanda soekarno sudah mulai ikut dalam organisasi pergerakan. Beliu masuk organisasi “Jong Java”. Jong java merupakan sebia organisasi pergerakan pemuda yang terfiri dari pemuda dan pemudi  jawa. Namun dalam perkembangannya oragnisasi ini tidak hannya terbatas pada orang jawa saja.

Ir soekarno mulai di kenal setelah menjadi ketua cabang Jong Java untuk jabang Surabaya pada tahun 1915.Dalam organisasi ini beliau aktif enberikan masukan dan kritikan terhadap Jong Java diantaranya mengusulkan penerbitan surat kabar jong Java dalam bahsa melayu bukan bahasa jawa ataupun belanda.

Selain aktif di organisasi jong java soekarnomuda juga mendirikan sebuah studi klub yang bernama Algemeeme Studie Club (ASC). kemudian studi klub ini menjadi awal berdirinya partai nasional indonesia (PNI). Partai nasional indonesia merupakan partai non kooperatif artinya partai yang tidak mau bekerjasama dengan belanda. Ir soekarno menjadi ketua partai ini dengan enam orang pimpinan lainnya. PNI bercita- cita menbawa indonesia merdeka. Karena PNI di anggap partai pembangkang dan mengancam kedudukan belanda di indonesia. Partai ini akhirnya di bubarkan oleh belanda dan para peminpinya di tangkap kemudian di asingkan. Ir soekarno di tangkap 29 desember 1929 di kota yokyakarta dan di tahan di penjara Sukamiskin Bandung.  Setelah hampir satu tahun di tangkap dan sidangkan pengadilan belanda. Pada tanggal 18 desember 1930 beliau menbacakan pledoi (pembelaan terdakwa). Pledoinya berjdul  “Indonesia Menggugat” yang sangat fenomenal dan di kenang sampai sekarang.

Keputusan pengadilan menbebaskan soekarno pada tanggal 31 desember 1931. Setelah bebas soekarna tidak berhenti berjuang dan bergabung ke dalam partai indonesia (Partindo). Karena partindo juga di anggap belanda sebagai partai pembangkang dan pengancam kedudukan belanda di indonesia. Maka Soekarno dan pimpinan lain partindo kembali di tangkap. Soekarno di asingkan ke flores 1933 dan kemudian di pindahkan ke Bengkulu tahun 1938. Di bengkulu kisah cinta soekarno dan sukmawati terjalin.

Di pengasingan soekarna selalu memikirkan bangsa indonesia. Cara mewujudkan indonesia merdeka. Hal itu bisa di lihat dari tulisan surat beliau yang di kirimkan kepada Ahmad hasan seorang guru persatuan islam.dan kepada tokoh pergerakan nasional lainnya.

 

  • Zaman penjajahan jepang

Kedatangan jepang 1942 mendatangkan berkah bagi bung karno, karena beliau di bebaskan dari hukuman pengasingan belanda.Dalam waktu singkat Jepang berhasil menbuat belanda menyerah kepada jepang pada tahun 1942. Keberhasilan jepang mengusir belanda di sambut baik oleh masyarakat indonesia. Jepang di anggap kakak yang telah lam hilang dan datang untuk menyelamatkan adiknya. Jepang datang dengan misi besar yaitu mewujud asia timur raya dan jepang sebagai peminpinya.

Dalam upaya mewujudkan cita-cita jepang menciptakan asia timur raya. Jepang memanfaatkan para tokoh pergerakan nasional indonesia salah satunya soekarno. Bung karno menyambut hangat kedatangan jepang,karena berhasil mengusir belanda yang sudah menjajah indonesia selam 3,5 abad. Jepang memanfaatkan sambutan baik rakyat indonesia dengan menbetuk pasukan militer dan semi militer seperti peta,heiho dan lain-lain.dengan harapan menbantu jepang dalam perang asia pasifik.

Hubungan baik soekarno dengan jepang sudah muali terlihat semenjak awal kedatanga belanda. Kemudian soekarno di angkat menjadi salah satu anggota BPUPKI (badan penyelidik usaha kemerdekaan indonesia) pada tanggal 1 maret 1945 yang di ketuai oleh harjiman widiodiningrat.Salah satu peran soekarno di dalam BPUPKI adalah menjadi salah satu pengusul dasar negara indonesia merdeka yaitu pancasila versi soekarno

          Pancasila usulan bung karno 1 juni 1945

Kebangsaan indonesia

Internasional atau peri kemanusiaan

Mufakat atau demokrasi

Kesejarhteraan sosial

Ketuhanan yang maha esa

Pada tanggal 7 agustus 1945 bung karno di daulat menjadi ketua PPKI (panitia persiapan kemerdekaan indonesia). PPKI di bentuk  di Dalat vietnam selatan oleh jendral Terauci. Sekemblinya dari Vietnam tnggal 9 agustus 1945 soekarno mulai melakukan koodinasi dengan nagota PPKI yang lain. Tanggal 14 agustus 1945 Jepang menyerah kalah kepada sekutu. Imformasi kekalahan sekutu di terima oleh tokoh-tokoh pemuda indonesia seperti Khairul saleh, Sutan Shahril dan lain-lain.

Para pemuda menemui soekarno untuk mendesak beliau segera memproklamerkan kemerdekaan indonesia. Namun bung karno menolak dengan alasan harus berkoodinasi dulu dengan jepang dan anggota PPKI yang lain. Namun para pemuda terus mendesak beliau dan menbawa bung karno dan muhamad hatta kerengas dengklok 16 Agustus 1945. Peristiwa ini di kemudian hari kenal dengan “peristiwa rengas dengklok” .Setelah terjadi perdebatan panjang dan melibatkan banyak tokoh pemuda dan tokoh tua akhirnya soekarno Mau untuk segera menpromerkan kemerdekaan.

Setelah di capai kesepakatan bung karno  kembali ke jakarta dan menyusun teks proklamasi di rumah Laksamana Maeda .Tanggal 17 agustus sekitar pukul sepuluh pagi kemerdekaan indonesia di prolamerkan oleh soekarno dan hatta di iringi kenaikan bendera merah putih. Acara ini di laksanakan di depan rumah beliau  di jalan pegangsaan timur no 51 jakarta.

 

  • Zaman indonesia merdeka

Setelah kemerdekaan indonesia PPKI langsung mengadakan rapat tanggal 18 agustus 1945. Pada rapat tersebut di putuskan mengankat bung karno dan  bung hatta sebagai presiden dan wakil presiden. Bung karno sebagai presiden sebuah negara yang baru merdeka. Soekarno menghadapi tantangan yang berat selama pemerintahannya. Tantangan itu datang dari dalam dan luar negri.  Beriku raiannya:

  • Masa pemerintahan 1945 -1959

Pada masa ini pemerintahan di jalankan oleh perdana mentri sebagai kepala pemerintahan dan presiden hannya berperan sebagai kepala negara. Pembentukan pemerintahan parlementer bagian dari upaya presiden dalam rangka memudahkan urusan luar negri terutama dengan negara-negara sekutu. Karena negara-negara sekutu termasuk belanda mengangap bung karno merupakan antek Jepang. Untuk mengatassi persoalan tersebut di bentuklah pemerintahan parlementer pertama dengan sultan syahril sebagai perdana mentrinya.

Dalam masa pemerintahan parlementer ada 6 perdana mentri yang  menjalankan pemerintahan. Tantangan yang di hadapi Ir soekarno pada masa ini datang dari dalam negri dan luar negri. Diantaranya:

1.dari luar negri yaitu keinginan belanda yang ingin menguasai kembali indonesia. Sehingga mendapat perlawan dari masyarakat indonesia seperti perang surabaya,bandung lautan api, dan lain-lain di tamabah dengan agresi militer belanda yang pertama dan kedua.Untuk menyelesaikan  masalah ini soekarno menjalankan dua opsi yaitu melalui diplomasi dan senjata. Melalui diplomasi contohnya komferensi linggar jati,perundingan renville dan lain-lain. Sedangkan melalui senjata yaitu perang gerilya yang di jalankan oleh tentara keamanan rakyat.

            Perjuangan bung karno menghadapi tantangan luar negri pada masa ini berhasil. Hal ini di buktikan dengan di akuinya negara indonesia secara di fakto dn dejure oleh belanda Dan masuknya indonesia ke dalam PBB.

2.dari dalam negri tantangan pemerintahan bung karno yaitu pemberontakan yang terjadi di berbagai daerah dan keinginan untuk memisahkan diri dari NKRI (negara kesatuan republik indonesia). Contohnya gerakan rakyat maluku selatan, DII dan TII di jawa barat,aceh,makasar dan daerah lain di indonesia.Kesemua pemberotakan tersebut dapa di padamkan oleh permerintahan soekarno melalui peperangan.

  • Masa demokrasi liberal 1950-1959

Demokrasi liberal di tandai dengan berlakunya undang-undang sementara republik indonesia.pada masa ini soekarno sebagai presiden di bantu oleh perdana mentri. Ada enam perdana mentri yang memerintah pada masa ini di antaranya muhamd natshir,sukiman,wilopo,ali satro amijoyo,burhanudin haharap dan kabinet karya.

Pada masa ini bung karno melaksanakan pemerintahan yang sudah mulai stabil.walaupun masih ada pemberontakan di berbagai daerah. Pada masa ini dia adakan pemilu paling demokratis di indonesia pada tahun 1955 dan pembatalan perjanjian KMB Serta berdirinya negara republik indonesia.

  • Masa demokrasi terpinpin 1959-1965

Kegagalan dewan kontituante merumuskan kontitusi baru, maka presiden Soekarno mengeluarkan dekrit presiden 5 juli 1959 yang berisi diantara:

Pembubaran dewan kontituante

Berlakunya kembali UUD 1945

Tidak berlakunya UUDS 1950

Pembentukan MPRS dan DPAS

Tumbuh kembangnya PKI menjadi akhir dari pemerintahan Ir soekarno, Peristiwa pemberontakan pki 30 september 1965 . Kegagalan pemberontakan PKI ini berimbas kepada kedudukan presiden soekarno. Keadaan keamanan yang tidak stabil menyebab kan presiden  memgelurkan surat perintah 11 maret 1965 . pemberian surat perintah itu menjadi salah satu penyebab berahirnya pemerintahan Ir soekarno 20 februari1967.

            Masa orde baru

Kesehatan bung karno mulai menurun semenjak 1965 yang jadikan salah satu alasan terjadi gerakan 30 september 1965. Penyaki yang bilau derita yaitu ginjal.Yang lebih di dengan istilah  G30SPKI. Tiga tahun berselang setelah penyerahan kekuasaan kepada presiden soeharto Ir soekarno meninggal dunia. Beliau meninggal di rumah sakit pusat angkatan darat (RSPAD) pada hari Minggu Tanggal 21 Juni 1970.

bung karno di makamkan di Blitar . Upacara peakaman beliau di pinpin oleh panglima abri Jendral M pangabean. Sebagai penghormatatan atas jasa besar beliau terhadap indonesia. Maka pemerintah menetapkan masa berkabung selama Seminggu.

Demikianlah riwayat singkat hidup sang prolamator republik indonesia. Tentu tulisa pendek ini jauh dari kesempunaan,   bagi yang ingin versi PDF silahkan dwoaload DISINI

https://i1.wp.com/www.sejarah-indonesia.com/wp-content/uploads/2017/04/download-2-1.jpg?fit=299%2C168https://i1.wp.com/www.sejarah-indonesia.com/wp-content/uploads/2017/04/download-2-1.jpg?resize=150%2C150almuksiINDONESIAakhmed soekarno,bapak proklamator,bung karno,presiden indonesia,sejarah indonesia,soekarno,sukarnosoekarno Siapa yang tidak kenal dengan nama soekarno? Nama yang begitu fenomenal di indonesia semenjak zaman pergerakan nasional sampai saat ini. Soekarno Merupakan bapak proklamator indonesia merdeka. Dalam perjalanan kehidupannya  soekarno banyak mengalami pasang surut dalam kehidupannya. Berikut saya uraikankan riwayat hidup soekarno Frofile soekarno bung karno merupakan seorang anak pribumi hindia...situs sejarah terlengkap di indonesia