trik dan soal cpns 2017pada tahun ini banyak di buka lowongan cpns di berbagai kementrian dan lembaga negara. ini merupakan kesempatan yang baik bagi adik,saudara yang belum punya pekerjaan atau punya cita-cita menjadi pegawai negri sipil. sebaiknya sebelum ikut mengambil formasi cpns tahun 2017 harus di pertimbangkan beberapa hal.

  •  instansi yang di pilih karena instansi sangat menentukan penempatan lokasi kerja dan tunjangan yang di dapat seorang pegawai negeri sipil,walau gaji pokoknya tetap sama di semua instansi.
  • kesesuaian ijazah dengan formasi yang di lamar karena ada beberapa pengalaman teman-teman yang gagal di administrasi karena kurang teliti dalam memilih formasi yang di lamar. contohnya seorang sarjana pendidikan olah raga dan seorang sarjana pendidikan olah raga PGSD itu berbeda, pengalaman yang di butuhkan sarjana pendidikan olah raga PGSD namun dia mendaftar dengan ijazah sarjana pendidikan olah raga saja  maka dia gagal dalam tahap administrasi. contoh lain pendidikan ekonomi dan pendidikan ekonomi akutansi itu berbeda terkecuali panitia mengizinkannya.
  • persiapan bukan hanya persiapan administrasi seperti ijazah,mendaftar online dan sebagainya. tapi ada yang tidak akalah penting menyiapkan diri dengan kemunkinan soal yang akan keluar dalam cpns minimal tidak stress ketika mengikuti tes karena tidak pernah menemukan soal seperti itu sebelumnya jika itu terjadi kemunkinan gagal akan sangat besar. ilustrasinya begini kalau seseorang tahu bahwa dirinya akan di pukul maka tubuhnya akan menyesuaikan diri dengan pukulan yang akan menghantam tubuhnya maka rasa sakit kena pukulan dalam keadaan siap dan menahan nafas akan berbeda ketika kita di pukul dalam keadaan tidak siap..ha.ha.ha
  • saya menperhatikan soal soal yang keluar dalam cpns beberapa tahun terahir tidak jauh berbeda dalam artian polanya hampir sama, walaupun yang tahun 2014 lebih rumit dari sebelumnya.  Pola soal yang sama yang maksud adalah soalnya munkin berbeda dengan tahun  sebelumnya tapi polanya sama.. contoh soal yana dan yani adalah  dua bersaudara umur yana dua kali lipa umur yani, yani berumur berumur 20 tahun berapakah umur yana pada saat yani berumur 30 tahun? munkin ilustrasi soalnya akan berbeda nanti namum polanya akan lebih kurang sama.
  • Dalam ujian bidang psikologi nilainya adalah rentang 1-5 artinya tidak ada jawaban salah yang ada adalah jawaban dengan nilai kecil dan besar. teknik menjawab soal psikologi adalah menyesuaikan jawaban dengan permintaan penanya atau jawaban idealnya. jadi jangan menjawab sesuai dengan kepribadian kita saja tapi harus menpertimbangkan keinginan jawaban penanya. contoh soal  bagaimana  sikap anda jika di beri tugas berat oleh kepala kantor sementara teman lainya di beri tugas ringan? jawaban yang di inginkan penanya adalah saya akan merasa tertantang untuk mengerjakan dan bersungguh mengerjakannya (nilai jawaban ini adalah 5). munkin jika menyesuaikan dengan sikap anda sehari-hari anda akan menjawab saya akan protes kenapa saya selalu di beri tugas berat sedangkan yang tidak,,ha,,ha,  maka jawaban anda adalah benar namun poin nilainya adalah 1.
  • ada 100 soal dalam tes CPNS yang di bagi kedalam tiga kategori TWK,TIU dan Psikologi setiap kategori soal itu menpunyai pasinggred nilai tertentu misalnya jawabanya harus benar 50 % konsekwensinya jika nilai yang anda dapatkan di bawah standar pasingred maka otomatis gagal. atau anda hanya berfokus pada satu atau dua bidang saja maka anda akan gagal contohnya walaupun nilai TWK Dan TIU anda 100% benar namun nilai psikologi anda 10 % yang benar anda tetap gagal walaupun anda mendapatkan nilai yang tinggi. jadi anda harus menguasai kesumua bidang tersebut jika ingin lulus. munkin ada yang berpendapat begini, saya tidak paham sama sekali dalam psikologi maka saya akan mengusahakan tinggi dalam TWK dan TIU sehingga manpu menutupi kekurangan nilai dalam psikologi. Ini cara berfikir yang salah dan telah banyak orang gagal dengan paham seperti ini.
  • dalam mengerjakan tes melalui CAT anda harus rileks dan jangan terlalu banyak menghabiskan waktu untuk satu soal yang sulit di jawab sehingga waktu terpakai 10 menit untuk satu soal yang sulit misalnya. jadi kerjakan saja yang sudah tahu jawabannya terlebih dahulu karena waktu yang di sediakan sangat terbatas hannya 120 menit untuk 100 soal jadi biasakan berfikir cepat dan tepat.
  • hindari mencontek,minta bantuan teman dan sejenisnya karena hal itu akan menggangu kosentrasi anda dalam mengerjakan soal dan memakan waktu yang banyak. jadi percaya diri saja dan tentunya belajar yang rajin.
  • hindari belajar sampai larut malam pada H- 1 sebelum ujian seperti siswa saya karena ini banyak terjadi menurut pengalaman saya. kenapa??  alasannya sederhana banyaknya informasi yang di terima dalam waktu yang relatif singkat malah menumpuk informasi penting yang sudah di ketahui sebelumnya dan jika belajar samapi larut malam maka pada saat ujian kosentrasi akan berkurang karena kurang tidur  jadi belajarlah jauh hari sebelumnya dan tidur lah lebih awal menjelang H- 1 ujian  biar ujian dalam keadaan fress dan manpu mengeluarkan kemanpuan dengan maksimal.
  • demikian wejangan singkat saya semoga bermanfaat””

 

oh iya saya lupa ini ada beberapa contoh soal cpns yang bisa anda dwoload di link berikut:

soal cpns 1

soal cpns 2

soal cpns 3

soal cpns 4

soal cpns 5

 

untuk contoh soal lainnya silahkan menghubungi ke email saya insaallah gratis dan ingat hannya untuk pribadi  ,,he,he,,

https://i1.wp.com/www.sejarah-indonesia.com/wp-content/uploads/2017/08/aammmas.jpg?fit=277%2C182https://i1.wp.com/www.sejarah-indonesia.com/wp-content/uploads/2017/08/aammmas.jpg?resize=150%2C150almuksiSOALUMUMpada tahun ini banyak di buka lowongan cpns di berbagai kementrian dan lembaga negara. ini merupakan kesempatan yang baik bagi adik,saudara yang belum punya pekerjaan atau punya cita-cita menjadi pegawai negri sipil. sebaiknya sebelum ikut mengambil formasi cpns tahun 2017 harus di pertimbangkan beberapa hal.  instansi...situs sejarah terlengkap di indonesia