Voc di indonesia
LAMBANG VOC

voc di indonesia merupakan sebuah badan badang yang di buat oleh para pedagang belanda yang berdagang di pulau nusantara. Usaha pembentukan VOC di indonesia karena adanya persaingan dagang antara sesama pedagan belanda dan pedagan dari negara eropa lainnya di indonesia.

Latar belakang terbentuknya voc

Para pedagang belanda datang ke indonesia di bawah cornelis de houtman pada bulan april 1595 M. Ia mendarat di banten  dan di sambut baik oleh penguasa banten waktu itu yaitu  maulana muhamad. Maulana muhamad  memerintah banten dari tahun 1980- 1605 M. Namun  karena sikap tidak bersahabat dari para pedagang belanda menyebabkan mereka di rusir dari banten. Kemudian belanda mengirim lagi delapan kapal dagangnya ke nusantara dan mendarat lagi di banten.

Rombongan para pedagang belanda ini di pimpin oleh Jacob van Neck dan Van Waerwyck. Rombongan kedua ini mendarat di banten pada bulan novenber 1598 M. Kedatangan kedua ini juga di sambut baik oleh penguasa banten karena kepandaian dalam bersikap dan manpu  mengambil hati para penguasa banten waktu itu. Sehingga tiga dari delapan mereka penuh dengan rempah-renpah dan kembali ke belanda dan lima kapal lainnya melanjutkan perjalanan ke timur indonesia yaitu maluku.

Keberhasilan para pedagang ini dalam mencari rempah rempah yang berharga tinggi di eropa mendorong perlombaan para pedagan belanda untuk berdagang di indonesia. Hal ini tentu tidak baik. Karena banyaknya persaingan maka harga  rempah- rempah semakin tinggi dan untung yang di dapatkan semakin rendah. Di tambah persaingan dengan bangsa eropa Lain seperti spanyol,portugis dan inggris.

Melihat fenomena ini  Olden Barneveld mengusulkan di bentuknya persekutuan dagang sesama pedagang belanda. Dengan harapan tidak terjadi persaingan yang tidak sehat dan memperkuat daya saing dengan para pedagang dari negara lain.Maka di bentuklah VOC (Vereenigde Oost Indiesche Compagnie) pada tahun 1602 M. Dan menbuka kantor dagangnya di banten.

VOC Di indonesia

voc di indonesia   Pada awalnya voc di pimpin oleh dewan komisaris yang berada di belanda. Mengingat tidak efektinya dewan ini maka di bentuklah gubenur jendral yang bertugas mengatur voc dan berada di indonesia. Mereka mengankat petert booth sebagai gubenur jendral 1605 M yang berkedudukan di ambon. Ambon di pilih sebagai kantor pusat waktu itu karena pertimbang efektifitas dan efesiensi dari persekutuan dagang.

Walaupun VOC merupakan sebuah badan dagang.Namun memiliki hak- hak yang mirip dengan sebuah negara (maka muncul istilah negara dalam negara). Berikut hak- hak VOC di indonesia:

  •  Hak monopoli perdagangan.
  • Hak untuk memiliki tentara
  • Hak untuk melakukan peperangan, membuat perdamaian, dan mengadakan perjanjian raja atau negara lain
  • Hak untuk mencetak dan megedarkan uang
  • Hak untuk melakukan ekspansi kenegara lain

Mirip dengan negara bukan?

Dalam perkembangannya VOC menilai bahwa ambon yang menjadi pusat kegiatan mereka tidak relevan lagi. Maka Voc  memindahkan pusat kegiatan mereka ke Jayakarta.  (kemudian merubahnya menjadi batavia dan sekarang bernama jakarta). Perpindahan ini terjadi pada masa gubenur Jenderal Jan Pieterzoon Coen 1619 M. Nama batavia sendiri di ambil dari nama Salah satu suku penghuni Jayakarta.

Selama Voc berdiri banyak Melakukan Monopoli perdagangan sehingga banyak menimbulkan perlawanan dari rakyat dan raja-raja penguasa indonesia.(kita bahas di sesi lain) , Voc juga berhasil mendominasi perdagangan rempah- rempah di indonesia dan menggusur portugis dan ingris dari indonesia baik melalui perang maupun dominasi perdagangan.

Berahirnya VOC di indonesia

Akhirnya kedikdayaan voc berahir juga pada tanggal 31 Desember 1799 M. Ada banyak faktor yang jadi penyebab di bubarkannya voc antara lain. Kebangrutan yang di alami voc di sebabkan korupsi para pegawai,harga rempah-rempah yang menurun dan besarnya biaya perang yang di keluarkan untuk melawan para pejuang indonesia.Setelah voc di bubarkan di ganti dengan perwakilan langsung pemerintahan kolonial belanda pada tanggal 31 januari 1800 M.

Demikianlah artikel singkat saya,semoga bermanfaat>>

 

 

 

https://i2.wp.com/www.sejarah-indonesia.com/wp-content/uploads/2017/02/voc-di-indonesia.jpg?fit=91%2C126https://i2.wp.com/www.sejarah-indonesia.com/wp-content/uploads/2017/02/voc-di-indonesia.jpg?resize=91%2C126almuksiINDONESIAKOLONIALISME & IMPREALISMEbadan dagan hindia belanda,Hak istimewa VOC,Hak-hak Voc,Penjajahan belanda di indonesia,Penyebab Voc di bubarkan,perdagangan VOC,proses terbentuknya VOC,voc,voc di indonesia  voc di indonesia merupakan sebuah badan badang yang di buat oleh para pedagang belanda yang berdagang di pulau nusantara. Usaha pembentukan VOC di indonesia karena adanya persaingan dagang antara sesama pedagan belanda dan pedagan dari negara eropa lainnya di indonesia. Latar belakang terbentuknya voc Para pedagang belanda datang ke indonesia di...situs sejarah terlengkap di indonesia