Zaman berburu dan mengumpulkan makanan tinkat lanjut

masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut
Gamabr: ilustrasi kehidupan pada masa berburu dan mengumpulkan makanan tk lanjut

Zaman berburu dan mengumpulkan makanan tinkat lanjut

       Pada masa ini usaha utama dalam memenuhi kebutuhan hidup masih berburu dan mengumpulan makan. Hal ini tergambar dari alat yang di gunakan  di buat dari batu,tulang dan kulit kerang.Namun sudah ada upaya untuk berlindung di gua alam hal ini bertujuan untuk melindungi diri mereka dari binatang buas.

Ada juga kelompok yang bertempat tinggal di tepi pantai.Hal ini di sebabkan kebutuhan hidup mereka sangat bergantung pada laut.Makana utama mereka adalah Kerang dan siput. Asumsi ini berdasarkan di temukannya fosil sampah kerang dan siput dalam jumlah besar di daerah di temukannya manusia purba.

Seiring berkembangnya tingkat kecerdasan manusia pada masa ini. Keterampilan dalam mengolah makanan. Pengunaan alat-alat dari batu juga mengalami  perkembanga dalam bentuk dan variasi. Dalam hal tempat tinggal mereka sudah mulai menetap di gua  dan pinggir laut. Dengan pola hidup menetap memungkinkan  untu menciptakan hasil karya (kebudayaan). Misalnya berternak.

Penemuan api pada masa plestosen berperan sebagai penghadap mereka di dalam gua dan penghalau hewan buas di malam hari. Penyedikan arkeologi menbuktikan bahwa mereka sudah mengenal tentang penguburan dan menggunakan bahan warna mineral tertentu  untuk di taburkan pada mayat. Adanya pola lukisan cap tangan dan gambar hewan pada dinding Goa. Seperti yang di temukan di sula wesi.

Alat-alat kebudayaan

Teknik pembuatan alat pada masa ini melanjutkan tekik pembuatan pada masa sebelumnya. Namu dalah hal bentuk yang lebih maju dalam berbagai corak untuk beragam kegunaan.Ada beberapa jenis alat baru dan modifikasi alat yang di gunakan pada masa sebelumnya.Pada masa berburu dan mengumpulkan tingkat lanjut ini . di antaranya :

A.serpih billah

Serpih bilah merupakan  batu yang terlepas dari batu induknya dalam bentuk pecahan yang lebih kecil. Pecahan tersebut di modifikasi sesuai dengan kegunaan  dengan cara di asah  alat inilah yang di sebut serpi billah. Di indonesia serpih bilah di temukan di gua-gua daerah sulawesi selatan.

alat serpih
gambar: alat serpih

Jenis serpih billah yang di temukan di indonesia diantaranya:

  1. Serut di cirikan dengan keberadaan retus bersambung yang menutupi seluruh atau sebagian sisi alat.
  2. Serpih tampa retus .alat ini mirip dengan serpih yang menbedakannya tidak adanya serut pada sisinya sehingga merupakan serpih yang lepas dari batu intinya dan tidak di pakai
  3. Serpih dengan dengan retus pemakaian. Secara morfologi mirip dengan serpih tampa retus
  4. Bilah dengan retus bentuknya memanjang bila di bandingkan dengan alat sebelumnya dan sisi literalnya sejajar.

B.kapak Genggam

Kapak genggam merupakan alat yang di gunakan untuk memukul hewan buruan,Alat ini aslinya berasal dari hoabin (daerah di vietnam) Kemudian di bawa oleh iigrasi masarakat dataran asia ke daerah sumatra dan jawa. Hal ini di asumsikan berdasarkan temuan arkeologi yang terdapat di sumatra dan jawa.

kpak genggam
gambar: kapak genggam

 

Kehidupan ekonomi,sosial dan budaya

Pola hidup pada masa ini di pengaruhi masa sebelumnya. Di mana faktor alam dan  ketersediaan sumber daya alam sangat berpengaruh pada kehidupan mereka.pada tahap ini pola kehdupan ekonomi mereka sudah mulai ada upaya untuk beternak seiring dengan kehidupan mereka di dalam gua.Pemilihan goa juga menpertimbangkan kedekatan dengan air.

Dalam kehidupan sosial mereka di pinpin ole ketua kelompok yang di tentukan oleh kekuatan,umur dan kemanpuan dalam berburu.  Dalam pemabagian tugas pada masa ini sudah di tentukan di mana laki-laki untuk berburu dan perempuan untuk  meramu,menjaga api dan mengurus anak-anak.

Dalam kehidupan religi  belum banyak bukti bahwa mereka sudah memeluk agama atau kepercayaan. Namun adanya lukisan yang terdapat pada dinding –dinding gua mengindikasikan merka sudah menpercayai adanya kekuatan  besar di luar diri mereka. Demikianlah  artikel pendek saya semoga bermanfaat>>

     masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut

 

 

 

 

https://i0.wp.com/www.sejarah-indonesia.com/wp-content/uploads/2017/03/masa-berburu-dan-mengumpulkan-makanan-tingkat-lanjut.jpg?fit=254%2C192https://i0.wp.com/www.sejarah-indonesia.com/wp-content/uploads/2017/03/masa-berburu-dan-mengumpulkan-makanan-tingkat-lanjut.jpg?resize=150%2C150almuksiINDONESIAZaman berburu dan mengumpulkan makanan tinkat lanjut Zaman berburu dan mengumpulkan makanan tinkat lanjut        Pada masa ini usaha utama dalam memenuhi kebutuhan hidup masih berburu dan mengumpulan makan. Hal ini tergambar dari alat yang di gunakan  di buat dari batu,tulang dan kulit kerang.Namun sudah ada upaya untuk berlindung di gua...situs sejarah terlengkap di indonesia